Jumat, 31 Mei 2013

RPP Menemukan ide pokok berbagai teks bacaan nonsastra dengan teknik membaca cepat 250 kata/menit



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

A.      Identitas
Nama Sekolah             : SMA Negeri 2 Palangkaraya
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester           : X/1
Pertemuan ke              : 12
Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit
B.       Standar Kompetensi
Membaca
3. Memahami berbagai teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca

C.      Kompetensi Dasar

3.1. Menemukan ide pokok berbagai teks nonsastra dengan teknik membaca cepat (250    kata/menit)

D.      Indikator Pencapaian Kompetensi
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
1.
Menemukan ide pokok paragraf dalam teks nonsastra

Kepemimpinan





E.       Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
1.      Menemukan ide pokok paragraf teks nonsastra

F.        Materi Pembelajaran
A.      Pengertian Teks Nonsastra
Teks nonsastra adalah karangan ilmiah dan bertujuan menambah wawasan dan pengetahuan pembaca. Hal ini berbeda dengan teks sastra yang bertujuan memberikan hiburan atau kepuasan batin. Teks nonsastra mengutamakan kelogisan dalam pengungkapannya. Contoh teks nonsastra, antara lain artikel, berita, dan karya ilmiah.

B.       Ide Pokok Paragraf
Ide pokok paragraf adalah ide atau gagasan yang menjiwai suatu paragraf. Setiap paragraf harus memiliki satu ide pokok. Istilah lain dari ide pokok paragraf adalah gagasan utama.  Dalam paragraf, ide pokok terdapat dalam kalimat utama yang biasanya terdapat di awal atau di akhir paragraf.
Contoh ide pokok paragraf:
Data Badan Pusat Statistik Kabupaten Bone menunjukkan pengurangan luas tambak sepanjang tahun 2000–2001. Kalau tahun 2000 luas tambak kepiting masih 2.850 hektar, tahun 2001 berkurang menjadi 2.189 hektar. Bahkan jumlah ini pun diyakini petambak terus berkurang hingga kini.
Sungai Bila, Walanae, dan Sa’dan adalah tiga sungai besar di Sulsel yang berada di posisi hulu dan ketinggian. Persoalannya, lingkungan hulu sungai besar ini umumnya sudah rusak. Hutan-hutan di sepanjang bantaran sungai, sebagian besar sudah gundul. Bahkan, sisi-sisi sungai tidak ada lagi tanaman berakar kuat untuk menahan erosi. Sebagian bantaran sungai berubah menjadi permukiman, kebun sayur, sawah, dan lainnya. Ini ditambah lagi perlakuan masyarakat di sepanjang hulu sungai yang ikut menjadi penyumbang terbesar rusaknya sungai.
Sebenarnya, untuk masalah lingkungan ini, warga di Desa Pallima dan sekitarnya sudah melakukan berbagai upaya, di antaranya menggalakkan penanaman pohon bakau di sepanjang sisi-sisi tambak. Sementara terhadap pohon-pohon bakau dan nipah yang sudah ada, para petambak tetap menjaganya dan bahkan melarang untuk ditebang. Ini masih pula ditambah aturan lain, seperti tidak mengotori sungai dan perbuatan lain yang dianggap dapat mencemari sungai.
G.      Metode Pembelajaran
Pendekatan                 :
Metode                        :
Model                          : Talking Stick (Tongkat Bicara)

H.      Langkah-Langkah Pembelajaran
No
Kegiatan Pembelajaran
Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
1
a)    Kegiatan awal (10 menit)
1)   Mengucapkan salam
2)   Mengecek daftar hadir
3)   Apersepsi (untuk memotivasi)
4)   Menyampaikan SK dan KD

Komunikatif
Religius
Komunikatif
2
b)   Kegiatan Inti (60 menit)
Eksplorasi
a.    Guru menyiapkan tongkat
Elaborasi
a.       Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari, kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca dan mempelajari materi.
b.      Setelah selesai membaca materi/buku pelajaran dan mempelajarinya, siswa menutup bukunya.
c.       Guru mengambil tongkat dan memberikan pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya, demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa mendapat bagian untuk menjawab satiap pertanyaan dari guru.
Konfirmasi
a.       Guru menanyakan hal yang belum jelas
b.      Guru dan siswa memberikan kesimpulan




Komunikatif



Tekun

Percaya Diri

Tanggung Jawab


Jujur
Komunikatif
3
c)    Kegiatan Akhir (20 menit)
a.    Guru memberikan evalusi dengan membagikan soal
b.    Guru mengakhiri kegiatan dengan salam penutup

 Mandiri,
Jujur, Tanggung Jawab


I.         Sumber Belajar
Sumber belajar              : Abdul Somad, dkk. 2007. Aktif dan Kreatif Berbahasa Indonesia. Bandung: Depdiknas.  dan Website internet
Alat                               : Fotokopi Soal, LCD, Tongkat

J.        Penilaian
Jenis Tagihan   :
Tugas Individu
Bentuk Instrumen       :
Uraian Bebas
KKM : 75
K.      Evaluasi
a.        Soal!
Jawablah pertanyaan di bawah ini!
1.    Temukan ide pokok pada masing-masing paragraf di bawah ini!
Olahraga merupakan aktivitas yang sangat penting untuk mempertahankan kebugaran seseorang. Olahraga juga merupakan salah satu metode penting untuk mereduksi stress. Olahraga juga merupakan suatu perilaku aktif yang menggiatkan metabolisme dan mempengaruhi fungsi kelenjar di dalam tubuh untuk memproduksi sistem kekebalan tubuh dalam upaya mempertahankan tubuh dari gangguan penyakit serta stress. Oleh karena itu, sangat dianjurkan kepada setiap orang untuk melakukan kegiatan olahraga secara rutin dan tersetruktur dengan baik.
Aktivitas olahraga tentu ada aspek positif dan negatifnya. Aspek positifnya , yaitu 1) Mampu menggerakkan aktivitas sosial, ekonomi, dan politik: adanya interaksi antar manusia (individu dan kelompok), adanya kegiatan jasa, adanya penyerapan tenaga kerja. 2) Mampu mengangkat harga diri pelaku olahraga/atlet/pelatih/pembina/ organisasi/daerah dan bangsa, kesejahteraan pembina olahraga, dan martabat bangsa di dunia internasional. Sedang aspek negatifnya, antara lain seperti masih adanya kecenderungan dari banyak atlet dalam mengikuti suatu pertandingan menggunakan segala cara dalam upaya memenangkan pertandingan/perlombaan, misalnya tidak fair play, tidak disiplin, memanipulasi, melanggar ketentuan (peraturan pertandingan/perlombaan), dan pemakaian doping
Olahraga adalah sebuah kata dalam bahasa inggris yang berarti olahraga. Sedang sportif yang merupakan kata sifat yang berarti jujur dan ksatria atau gagah. Dan kata sportivitas yang sebagai kata benda mempunyai arti orang yang melakukan olahraga tersebut (harus) memiliki kejujuran dan sikap ksatria dalam bertindak dan berprilaku saat berolahraga, seperti disiplin, mengikuti ketentuan dan peraturan yang telah ditetapkan atau yang telah disepakati bersama, terutama saat mengikuti suatu pertandingan atau perlombaan olahraga.
Makna olahraga menurut ensiklopedia Indonesia adalah gerak badan yang dilakukan oleh satu orang atau lebih yang merupakan regu atau rombongan. Sedangkan dalam Webster’s New Collegiate Dictonary (1980) yaitu ikut serta dalam aktivitas fisik untuk mendapatkan kesenangan, dan aktivitas khusus seperti berburu atau dalam olahraga pertandingan.

b.        Kunci Jawaban
1.        Ide pokok pada paragraf di atas sebagai berikut.
a.       Ide pokok dalam paragraf pertama adalah olahraga merupakan aktivitas yang sangat   penting untuk mempertahankan kebugaran seseorang
b.      Ide pokok dalam paragraf ke dua adalah aktivitas olahraga tentu ada aspek positif dan negatifnya
c.       Ide pokok dalam paragraf ke tiga adalah olahraga adalah sebuah kata dalam bahasa inggris yang berarti olahraga
d.      Ide pokok dalam paragraf ke empat adalah makna olahraga menurut ensiklopedia Indonesia adalah gerak badan yang dilakukan oleh satu orang atau lebih yang merupakan regu atau rombongan
Pedoman Penskoran
No.
Pedoman Penskoran
Skor
1.
Siswa mampu menemukan 4 ide pokok paragraf
100
Siswa mampu menemukan 3 ide pokok paragraf
75
Siswa mampu menemukan 2 ide pokok paragraf
50
Siswa mampu menemukan 1 ide pokok paragraf
25

Siswa tidak mampu menemukan ide pokok paragraf
0


Nilai Akhir
Skor perolehan   X 100 = 1 x 100 = Nilai Akhir
Skor maksimal   100

1 komentar: