Kamis, 22 Januari 2015

RPP, Kompetensi Dasar 1.3 Membaca cepat untuk memahami informasi lisan dalam konteks masyarakat.



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

A.  Identitas Sekolah
Sekolah                            : SMK-YPSEI PALANGKARAYA
Mata Pelajaran                 : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                 : X/I
Pertemuan Ke                  : 5 (Lima)
Alokasi Waktu                 : 2 x 45 menit

B.  Standar Kompetensi
Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat semenjana

C.  Kompetensi Dasar
1.3 Membaca cepat untuk memahami informasi lisan dalam konteks masyarakat.

D.  Indikator
No.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
1.       
Mendefinisikan teknik membaca skimming.
Dapat dipercaya
Rasa Hormat dan Perhatian (Respect), Tekun (Diligence), Tanggung Jawab (Responsibility)
Kepemimpinan
2.       
Mendefiniskan teknik membaca scanning.

E.  Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
1.      Mendefinisikan teknik membaca skimming.
2.      Mendefiniskan teknik membaca scanning.




F.    Materi Pembelajaran
A.      Pengertian Membaca Cepat
Membaca cepat adalah kecakapan membaca dan memahami teks dalam tingkatan tinggi. Rata-rata orang dengan pendidikan setingkat sekolah tinggi membaca sekitar 300 kata per menit, berarti bahan itu tidaklah bersifat teknis. Di sisi lain, pembaca cepat dapat membaca lebih dari 1000 kata per menit.
Pengukuran membaca cepat baru sangat berarti bila digabungkan dengan informasi seberapa tinggi pemahaman teks itu oleh pembacanya. Diketahui bahwa orang dengan kemampuan membaca cepat yang lebih tinggi juga memiliki pemahaman yang lebih tinggi. Malahan yang mengejutkan, seseorang biasanya memperbaiki pemahamannya seiring dengan kemampuan membaca cepatnya.
Ada beberapa faktor yang menghambat membaca cepat:
  1. Kosakata yang kurang
  2. Regresi - membaca kembali bahan yang sama secara berulang
  3. Subvokalisasi - melafalkan kata di pikiran ketika membacanya
  4. Persepsi yang salah - bisa karena gerakan mata yang salah atau masa persepsi yang lambat
Kebanyakan pembaca sambil lalu dapat meningkatkan keterampilan membacanya 2-3 kali dengan mempraktekkan membaca cepat.
Teknik membaca cepat Skimming dan Scanning memiliki banyak manfaat, baik itu menghemat waktu, efektifitas, dan meningkatkan kecerdasan otak. Banyak yang kurang memahami seperti apa teknik membaca Skimming maupun Scanning. Berikut ini akan dibahas mengenai kedua teknik tersebut serta penerapannya.
Ada dua teknik membaca cepat, yaitu:
1.      Pelayapan (skimming) adalah upaya mengambil intisari suatu bacaan berupa idepokok/detail penting. Ide pokok atau detail penting tersebut dapat berada di awal, tengah, atau di akhir.
2.      Pemindaian (scanning) adalah teknik membaca cepat untuk memperoleh informasi tanpa membaca yang lain, langsung ke masalah yang dicari berupa fakta khusus atau informasi tertentu, seperti mencari nomor telepon, mencari kata pada kamus, indeks, acara TV, dan sejenisnya.
Teknik membaca jenis Skimming adalah teknik membaca dengan tujuan menemukan isi umum dari bacaan dengan cepat  (Farida Rahim, 2005). Teknik membaca jenis ini membutuhkan keahlian dalam memahami sudut pandang si penulis buku dalam memahami sesuatu. Inti dari membaca dengan teknik skimming yaitu membaca sekilas dengan cepat untuk mendapatkan gambaran umum dari bacaan tersebut.
Membaca skimming dilakukan dengan cara membaca melompat-lompat hanya pada ide pokok pikiran bacaan serta memahami temanya.Selanjutnya dalam mencari ide-ide pokok tersebut pembaca berusaha menemukan apa yang dicarinya. Kemudian mementukan penilaian, apakah buku tersebut memenuhi kebutuhan pembaca atau tidak. Membaca teknik ini memiki kecepatan 3-4 kali lipat lebih cepat dari teknik membaca biasa.
Langkah-langkah:
  • Bisa dimulai dengan membaca judul, kemudian sub judul, dan subheading guna menentukan inti yang akan dibahas.
  • Membaca awal dan akhir setiap paragraf dengan cepat. 
  • Menggali informasi dari media ilustrasi dari gambar atau foto mengenai topik tersebut
  • Tidak membaca perkata, gunakan mata untuk menganalisis kata-kata tertentu yang berhubungan dengan topik.
  • Menyimpulkan makna dan pemahaman dari teks tersebut.
Membaca Scanning juga bisa dipaham sebagai teknik membaca tatap (scan) sangat cepat. Membaca cepat dengan teknik ini akan melewatkan banyak kata, seperti pendapat Mikulecky & Jeffries (dalam Farida Rahim, 2005), membaca dengan teknik menatap atau memindai ini ternyata sangat bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan membaca seseorang.
Membaca dengan teknik ini lebih berfokus pada penemuan informasi spesifik secara cepat dan akurat. Dalam penerapannya, mata memiliki peranan penting, cara dengan mengerakan mata secara cepat (scan) pada setiap halam bacaan untuk menemukan kata dan frasa tertentu. Ketika menjumpai kata atau frase yang dicari gerakan mata dihentikan. Intinya adalah mata bergerak cepat, berpindah-pindah tanpa melihat kata demi kata.
Langkah-langkah:
1.      Melihat daftar isi dan kata pengantar secara sekilas,
2.      Menelaah secara singkat latar belakang penulisan buku,
3.      Membaca bagian pendahulu secara singkat,
4.       Mencari dalam daftar isi bab-bab penting yang memuat informasi yang dibutuhkan,
5.      Mencari kalimat-kalimat penting di halaman bab-bab yang penting tersebut,
6.      Mambaca bagian kesimpulan (bila ada), dan
7.      Mengecek keberadaan daftar pustaka, daftar indeks, secara sekilas.
Demikan dua teknik membaca cepat yang banyak digunakan dan memiliki banyak manfaat baik untuk meningkatkan kecerdasan otak maupun efisiensi waktu. 


G. Metode Pembelajaran     
Pendekatan     : Kontekstual
Metode            : Tanya Jawab
Model               : Tongkat Berbicara (Talking Stick)

H.  Langkah-langkah Pembelajaran
No.
Langkah-langkah Pembelajaran
Alokasi Waktu
Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
1.     
Kegiatan Awal
a.     Guru mengucapkan salam
b.     Guru mengecek daftar hadir
c.     Guru menyampaikan SK, KD, dan tujuan Pembelajaran.
d.    Guru menyampaikan Apersepsi (untuk memotivasi)
15 menit
Bersahabat/ komunikatif
2.     
Kegiatan Inti
I.  Eksplorasi
a. Guru menyiapkan tongkat
II. Elaborasi
a.    Guru menyampakan materi yang akan di pelajari, kemudian memberikan kesempatan kepada  siswa untuk membaca dan mempelajari materi.
b.    Setelah selesai membaca materi/buku pelajaran dan mempelajari, siswa menutup bukunya.
c.    Guru mengambil tongkat dan memberikan pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya, demikian seterusnya sampai sebagian siswa dapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru.

III. Konfirmasi
a.     Guru dan murid melakukan tanya jawab
b.     Guru dan siswa memberikan kesimpulan
60 menit



Komunikatif

Tanggung  jawab


percaya diri

Bersahabat

jujur

3.     
Kegiatan Akhir
a.     Guru memberikan evaluasi
b.     Guru mengakhiri kegiatan dengan menutup salam
15 menit

Mandiri
Tanggung Jawab
Religius

I.     Sumber Alat dan Bahan Belajar
Sumber Belajar    : Buku Sekolah Elektronik Bahasa Indonesia untuk SMK Kelas X
Alat dan Bahan    : Laptop, LCD, Tongkat, Kertas materi yang dibagikan.

J.    Penilaian
Jenis Tagihan                    : Tugas individu
Bentuk Instrumen                        : Uraian bebas
KKM                                : 70




K.      Evaluasi
a.      Soal Pilihan Ganda
1.      Yang termasuk langkah-langkah membaca Skimming, yaitu....
a.       Membaca awal dan akhir setiap paragraf dengan cepat
b.      Melihat daftar isi dan kata pengantar secara sekilas
c.       Menelaah secara singkat latar belakang penulisan buku
d.      Membaca bagian pendahulu secara singkat

2.      Yang tidak termasuk langkah-langkah membaca Scanning, yaitu....
a.       Membaca bagian pendahulu secara singkat
b.      Mencari kalimat-kalimat penting di halaman bab-bab yang penting tersebut
c.       Mambaca bagian kesimpulan (bila ada)
d.      Menyimpulkan makna dan pemahaman dari teks tersebut
3.      Faktor yang menghambat membaca cepat, kecuali....
a.       Regresi - membaca kembali bahan yang sama secara berulang
b.      Subvokalisasi - melafalkan kata di pikiran ketika membacanya
c.       Membaca awal dan akhir setiap paragraf dengan cepat. 
d.      Persepsi yang salah - bisa karena gerakan mata yang salah atau masa persepsi yang lambat
4.      Berapa langkah-langkah dalam membaca Skimming?
a.       2                                        c. 6
b.      5                                        d. 7

5.      Berapa langkah-langkah dalam membaca Skimming?
a.       4                                        c. 6
b.      5                                        d. 7
b.      Soal Esai
Jawablah pertanyaan di bawah ini!
1. Sebutkan definisi teknik membaca skimming!
2. Sebutkan definisi teknik membaca scanning!


Kunci Jawaban
a.      Pilihan Ganda
1. A
2. D
3. C
4. B
5. C

b.      Esai
1.      Teknik membaca pelayapan (skimming) adalah upaya mengambil intisari suatu bacaan berupa idepokok/detail penting. Ide pokok atau detail penting tersebut dapat berada di awal, tengah, atau di akhir.
2.      Teknik membaca pemindaian (scanning) adalah teknik membaca cepat untuk memperoleh informasi tanpa membaca yang lain, langsung ke masalah yang dicari berupa fakta khusus atau informasi tertentu, seperti mencari nomor telepon, mencari kata pada kamus, indeks, acara TV, dan sejenisnya.


Pedoman Penskoran
a.      Pedoman Penskoran Pilihan Ganda
No.
Aspek yang dinilai

Skor

1.

a.     Siswa dapat menjawab 5 soal pilihan ganda
b.     Siswa dapat menjawab 4 soal pilihan ganda
c.     Siswa dapat menjawab 3 soal pilihan ganda
d.    Siswa dapat menjawab 2 soal pilihan ganda
e.     Siswa dapat menjawab 1 soal pilihan ganda
f.      Siswa Tidak dapat menjawab seluruh soal pilihan ganda
50
40
30
20
10
0
Jumlah
50



b.      Pedoman Penskoran Esai
No.
Aspek yang dinilai

Skor

1.      
a.     Siswa dapat mendefinisikan teknik membaca skimming dengan tepat
b.     Siswa dapat mendefinisikan teknik membaca skimming kurang tepat
c.     Siswa tidak dapat mendefinisikan teknik membaca skimming
25

15

0
2.      
a.     Siswa dapat mendefinisikan teknik membaca scanning dengan tepat
b.     Siswa dapat mendefinisikan teknik membaca skimming kurang tepat
c.     Siswa tidak dapat mendefinisikan teknik membaca scanning
25

15

0

Jumlah
50

Rentang Skor            : 1-100
Skor Maksimal            : 100
Soal Pilihan Ganda     : 50
Soal Esai                     : 50

                        Skor Perolehan
Nilai Akhir =                                     x 100
                        Skor Maksimal



                                                                            Palangkaraya,    September
                                                                            Praktikan,


                                                                             Edi Susilo, S.Pd.
                                                                                                



Tidak ada komentar:

Posting Komentar