Kamis, 22 Januari 2015

RPP SMK, Kompetensi Dasar 1.4 Memahami informasi tertulis dalam berbagai bentuk teks

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

A.  Identitas Sekolah
Sekolah                            : SMK-YPSEI PALANGKARAYA
Mata Pelajaran                 : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                 : X/I
Pertemuan Ke                  : 10 (Sepuluh)
Alokasi Waktu                 : 2 x 45 menit

B.  Standar Kompetensi
Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat semenjana

C.  Kompetensi Dasar
1.4 Memahami informasi tertulis dalam berbagai bentuk teks

D.  Indikator
No.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
1.       
Mendefinisikan jenis-jenis karangan


Dapat dipercaya (Trustworthinos), rasa hormat dan perhatian (Respect), tekun (Diligence), tanggung jawab (Responsibility)
Kepemimpinan
2.       
Membedakan jenis-jenis karangan


E.  Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
1.      Mendefinisikan jenis-jenis karangan
2.      Membedakan jenis-jenis karangan



F.   Materi Pembelajaran

Secara umum, bentuk tulisan atau karangan terbagi menjadi lima jenis, yaitu: narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, dan persuasi.
1.      Karangan narasi adalah tulisan yang berupa rangkaian peristiwa yang berlangsung pada waktu tertentu. Dalam paragraf narasi ada tiga unsur utama; (1) adanya tokoh-tokoh; (2) adanya kejadian; dan (3) adanya latar atau ruang dan waktu.
Contoh:
Malam itu Ayah kelihatan benar-benar marah. Aku sama sekali dilarang berteman dengan Syairul. Bahkan, Ayah mengatakan bahwa aku akan diantar dan dijemput ke sekolah. Itu semua gara-gara Slamet yang telah memperkenal aku dengan Siti.
2.      Karangan deskripsi ialah tulisan yang berisi gambaran suatu objek sebagai hasil pengamatan penulisnya dan dijelaskan secara objektif agar pembaca dapat merasakan objek sebagaimana yang dirasakan oleh penulisnya. Paragraf ini menggambarkan sesuatu hal dengan kata-kata secara jelas dan terperinci. Contoh karangan deskripsi, yaitu deskripsi tempat, deskripsi orang, dan deskripsi suasana.
Contoh:
Pasar Tanah Abang adalah sebuah pasar yang sempurna. Semua barang ada di sana. Di toko yang paling depan, berderet toko sepatu dalam dan luar negeri. Di lantai dasar, terdapat toko kain yang lengkap dan berderetderet. Di samping kanan pasar, terdapat warung-warung kecil penjual sayur dan bahan dapur. Di samping kiri ada pula berjenis-jenis buah-buahan. Pada bagian belakang, kita dapat menemukan berpuluh-puluh pedagang daging.
3.      Karangan eksposisi ialah karangan yang memaparkan serta menjelaskan tentang suatu hal. Tujuannya agar pembaca bertambah wawasan dan pengetahuan. Contoh tulisan eksposisi, yaitu tulisan tentang cara merawat wajah, langkah-langkah membaca efektif, dan lain sebagainya.
Contoh:
Pasar Tanah Abang adalah pasar yang kompleks. Di lantai dasar terdapat sembilan puluh kios penjual kain dasar. Setiap hari rata-rata terjual tiga ratus meter untuk setiap kios. Dari data ini, dapat diperkirakan berapa besarnya uang yang masuk ke kas DKI dari Pasar Tanah Abang.
4.      Karangan argumentasi merupakan karangan berisi alasan-alasan yang kuat untuk membuktikan kebenaran suatu pendapat dengan mengemukakan data dan fakta. Contoh jenis karangan argumentasi ialah tajuk rencana, artikel, karangan ilmiah, dan sebagainya.
Contoh:
Dua tahun terakhir, terhitung sejak Boeing B-737 milik maskapai penerbangan Aloha Airlines celaka, isu pesawat tua mencuat ke permukaan. Ini dapat dimaklumi sebab pesawat yang badannya koyak sepanjang 4 meter itu sudah dioperasikan lebih dari 19 tahun. Oleh karena itu, adalah cukup beralasan jika orang menjadi cemas terbang dengan pesawat berusia tua. Di Indonesia, yang mengagetkan, lebih dari 60 persen pesawat yang beroperasi adalah pesawat tua.
5.       Karangan persuasi ialah tulisan atau karangan yang mengutarakan pendapat disertai bukti-bukti yang kuat dengan tujuan mengajak, membujuk, menghimbau, dan memengaruhi pembaca agar melakukan tindakan sesuai dengan yang diharapkan penulis. Jenis karangan persuasi dapat dilihat pada tulisan yang bersifat propaganda, iklan, dan sebagainya.
Contoh:
Sampah yang setiap harinya dibuang terdiri atas sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik adalah sampah yang berasal dari sisa-sisa makanan dan sampah basah yang dapat membusuk. Sampah anorganik ialah sebaliknya yang tak dapat membusuk seperti plastik, kaca, karet, kulit dan sebagainya. Jika setiap harinya sampah dibuang oleh setiap orang, dapat dibayangkan berapa puluh dan ribu ton akan terkumpul. Tidak semuanya dapat didaur ulang. Oleh sebab itu, kita dapat membantu memilah sampah, untuk mengurangi tumpukan sampah, yaitu dengan cara sampah yang organik dapat dikubur di dalam tanah ukuran 3 x 3 m. Kemudian sampah yang anorganik dapat diberikan kepada pemulung untuk didaur ulang. Dengan demikian, kita telah membantu mengurangi tumpukan sampah setiap harinya di pembuangan sampah akhir.




G.      Metode Pembelajaran   
Pendekatan     : Kontekstual
Metode            : Ceramah dan Diskusi
Model               : Student Teams-Acievement Divisions (STAD)


H.  Langkah-langkah Pembelajaran
No.
Langkah-langkah Pembelajaran
Alokasi Waktu
Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
1.     
Kegiatan Awal
a.     Guru mengucapkan salam
b.     Guru mengecek daftar hadir
c.     Guru menyampaikan SK, KD, dan tujuan Pembelajaran.
d.    Guru menyampaikan Apersepsi (untuk memotivasi)
15 menit
Bersahabat/ komunikatif
2.     
Kegiatan Inti
I.     Eksplorasi
a.    Guru membentuk kelompok yang beranggotakan 4 orang secara heterogen
b.   Guru menjelaskan materi yang menjadi acuan untuk pembelajaran
c.    Guru memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok
II. Elaborasi
a.    Seluruh anggota kelompok mengerjakan tugas yang diberikan
b.   Setiap perwakilan kelompok mempresentasikan atau membacakan hasil diskusinya.
c.    Kelompok lain menanggapi hasil kelompok lain
III. Konfirmasi
a.         Guru dan siswa melakukan tanya jawab
b.        Guru menjelaskan hal-hal yang belum dimengerti
60 menit



Komunikatif

Tanggung  jawab


percaya diri

Bersahabat

jujur

3.     
Kegiatan Akhir
a.     Guru memberikan evaluasi
b.     Guru bersama siswa menyimpulkan meteri pembelajaran
c.     Guru mengakhiri kegiatan dengan menutup salam
15 menit
Mandiri

Tanggung Jawab

Religius


J.    Sumber Alat dan Bahan Belajar
Sumber Belajar    : Buku Sekolah Elektronik Bahasa Indonesia untuk SMK Kelas X
            Irman, Mokhamad dkk. 2008. Bahasa Indonesia 1 untuk SMK/MAK   semua program kejuruan kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan

Alat dan Bahan    : Laptop, LCD

K. Penilaian
Jenis Tagihan                    : Tugas individu
Bentuk Instrumen                        : Pilihan Ganda dan Uraian bebas
KKM                                : 70
L.       Evaluasi
Jawablah pertanyaan di bawah ini!
a.      Soal Pilihan Ganda
1.    “Malam itu Ayah kelihatan benar-benar marah. Aku sama sekali dilarang berteman dengan Syairul. Bahkan, Ayah mengatakan bahwa aku akan diantar dan dijemput ke sekolah. Itu semua gara-gara Slamet yang telah memperkenal aku dengan Siti”.
Termasuk karangan apakah kalimat di atas.....
a.       Eksposisi                                      c. Argumentasi
b.      Narasi                                           d. Deskripsi
2.    Yang termasuk unsur utama paragraf narasi adalah....
a.         Adanya tokoh-tokoh                    c.  Adanya latar atau ruang dan waktu
b.         Adanya kejadian                          d. Jawaban A, B, dan C benar

3.    Karangan yang memaparkan serta menjelaskan tentang suatu hal merupakan karangan....
a.         Eksposisi                                      c. Persuasi
b.         Argumentasi                                 d. Deskripsi

4.    Terdiri dari berapakah bentuk karangan......
a.         3                                                   c. 5
b.         4                                                   d. 6

5.    Tajuk rencana, artikel, dan karangan ilmiah termasuk dalam karangan....
a.         Narasi                                           c. Deskripsi
b.         Argumentasi                                 d. Persuasi


b.Soal Esai
1.    Sebutkan dan jelaskan 5 jenis karangan!
2.    Tentukanlah jenis karangan di bawah ini!


Paragraf 1

Minat baca adalah suatu rasa lebih suka atau rasa keterkaitan pada suatu hal atau aktivitas, tanpa ada yang menyuruh. Minat pada dasarnya adalah penerimaan akan suatu hubungan antara diri sendiri dengan dunia luar diri. Semakin kuat atau dekat hubungan tersebut, semakin besar minat orang itu. Semakin besar minat seseorang terhadap suatu bidang ilmu, semakin banyak waktu yang ia gunakan untuk mengkajinya dan semakin banyak pula buku yang ia baca.


Paragraf 2

Merebus air tidak harus dengan api, namun dapat menggunakan sinar matahari. Caranya, siapkan botol dan cuci hingga bersih. Masukkan air dalam botol, tutup rapat, dan panaskan di bawah matahari. Lama pemanasan adalah 6 jam. Setelah 6 jam, ambil botol, kemudian dinginkan sebentar sekitar kurang lebih 5 menit. Air siap diminum.
Paragraf 3

Jika senang bepergian, Anda tentunya memiliki banyak persiapan dalam menghadapi liburan ini. Persiapan yang terpenting adalah kesehatan fisik. Anda tidak mungkin dapat berlibur jika terserang penyakit. Oleh karena itulah, kami ciptakan sebuah produk multivitamin terbaik. Selain vitamin A, B Kompleks, dan vitamin C, multivitamin ini pun diperkaya oleh vitamin D yang dapat menguatkan tulang, serta vitamin E agar kulit Anda senantiasa sehat. Dengan tubuh yang sehat dan bugar, berbagai aktivitas dapat Anda lakukan dengan bersemangat. Jika Anda ingin senantiasa sehat dan mendapatkan khasiat dari Xavier-C, segera kunjungi apotek terdekat di kota Anda. Dijamin, Anda tidak akan pernah merasa kecewa. (Somad, 2007).
Paragraf 4
Lapangan sekolah kami berada tepat di tengah-tengah gedung sekolah. Di setiap sisi lapangan terdapat taman-taman kecil dengan aneka bunga dan tumbuhan lainnya. Lapangan tersebut berukuran setengah 100 x120 meter. Lumayan luas, bukan? Selain untuk upacara penaikan bendera, kadang kami menggunakan lapangan tersebut untuk bermain basket atau sepak bola. Di sebelah utara, tepatnya di dekat kelas kami, terdapat tiang bendera. Adapun di sebelah timur dan barat terdapat ring basket. Di bagian-bagian tertentu ada lubang yang berguna sebagai pancang tiang untuk net voli atau net sepak takraw. (Somad, 2007).

Paragraf 5

Kemudian mobil meluncur kembali, Nyonya Marta tampak bersandar lesu. Tangannya dibalut dan terikat ke leher. Mobil berhenti di depan rumah. Lalu bawahan suaminya beserta istri-istri mereka keluar rumah menyongsong. Tuan Hasan memapah istrinya yang sakit. Sementara bawahan Tuan Hasan saling berlomba menyambut kedatangan Nyonya Marta.


Kunci Jawaban
a.      Kunci Jawaban Pilihan Ganda
3.    B
4.    D
5.    A
6.    C
7.    B





b.      Kunci Jawaban Esai
1. Jenis-jenis karangan:
a.       Karangan narasi adalah tulisan yang berupa rangkaian peristiwa yang berlangsung pada waktu tertentu. Narasi merupakan teks yang bertujuan untuk menceritakan suatu peristiwa atau kejadian sehingga pembaca seolah-olah mengalami sendiri kejadian itu.
b.      Karangan Deskripsi ialah tulisan yang berisi gambaran suatu objek sebagai hasil pengamatan penulisnya dan dijelaskan secara objektif agar pembaca dapat merasakan objek sebagaimana yang dirasakan oleh penulisnya.
c.       Karangan eksposisi ialah tulisan atau karangan yang memaparkan serta menjelaskan tentang suatu hal. Tujuannya agar pembaca bertambah wawasan dan pengetahuan.
d.      Karangan argumentasi merupakan jenis karangan berisi alasan-alasan yang kuat untuk membuktikan kebenaran suatu pendapat dengan mengemukakan data dan fakta.
e.       Karangan persuasi ialah tulisan atau karangan yang mengutarakan pendapat disertai bukti-bukti yang kuat dengan tujuan mengajak, membujuk, menghimbau, atau memengaruhi pembaca agar melakukan tindakan sesuai dengan yang diharapkan penulis.

2.        Jenis karangan yang ada pada paragraf 1-5 adalah
a.    Paragraf 1 merupakan karangan argumentasi
b.    Paragraf 2 merupakan karangan ekposisi
c.    Paragraf 3 merupakan karangan persuasi
d.   Paragraf 4 merupakan karangan deskripsi
e.    Paragraf 5 merupakan karangan narasi











Pedoman Penskoran
a.      Pedoman Penskoran Pilihan Ganda
No.
Aspek yang dinilai

Skor

1.

a.     Siswa dapat menjawab 5 soal pilihan ganda
b.     Siswa dapat menjawab 4 soal pilihan ganda
c.     Siswa dapat menjawab 3 soal pilihan ganda
d.    Siswa dapat menjawab 2 soal pilihan ganda
e.     Siswa dapat menjawab 1 soal pilihan ganda
f.      Siswa Tidak dapat menjawab seluruh soal pilihan ganda
50
40
30
20
10
0
Jumlah
50


b.      Pedoman Penskoran Esai
No.
Aspek yang dinilai

Skor

1.      
a.     Siswa mampu mendefinisikan 5 jenis karangan
b.     Siswa mampu mendefinisikan 4 jenis karangan
c.     Siswa mampu mendefinisikan 3 jenis karangan
d.    Siswa mampu mendefinisikan 2 jenis karangan
e.     Siswa mampu mendefinisikan 1 jenis karangan
f.      Siswa tidak mampu mendefinisikan jenis karangan
25
20
15
10
5
0
2.      
a.    Siswa dapat menentukan 5 jenis karangan
b.    Siswa dapat menentukan 4 jenis karangan
c.    Siswa dapat menentukan 3 jenis karangan
d.   Siswa dapat menentukan 2 jenis karangan
e.    Siswa dapat menentukan 1 jenis karangan
f.     Siswa tidak dapat menentukan jenis karangan
25
20
15
10
5
0

Jumlah
50

Rentang Skor            : 1-100
Skor Maksimal            : 100
Soal Pilihan Ganda     : 50
Soal Esai                     : 50

                        Skor Perolehan
Nilai Akhir =                                     x 100
                        Skor Maksimal

                                                                  Palangkaraya,    November
                                                                  Praktikan,



                                                                  Edi Susilo
                                                                                             



Tidak ada komentar:

Posting Komentar