Minggu, 01 Februari 2015

SILABUS BAHASA INDONESIA MAN MODEL KELAS X SEMESTER I DAN II



SILABUS
KELAS X SEMESTER 1
Nama Sekolah               :  MAN Model
Mata Pelajaran              :  Bahasa Indonesia
Kelas                            :  X
Semester                      :  1
Standar Kompetensi      : Mendengarkan
                                         1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat

1.1      Menanggapi siaran atau informasi dari media  elektronik (berita dan nonberita).





Siaran (langsung)  dari radio/ televisi,  teks yang dibacakan, atau rekaman berita/ nonberita.
·   Pokok-pokok isi berita.
·   Penangapan isi berita.


·      Mendengarkan berita tentang bencana alam (misal: Gunung Merapi Yogyakarta, gempa dan tsunami Aceh)*
·      Menuliskan isi berita dalam beberapa kalimat.
·      Menyampaikan secara lisan isi berita.
·      Mendiskusikan isi berita.


·   Menuliskan isi siaran radio/ televisi da­lam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
·   Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis  secara runtut dan jelas.
·   Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat).


Jenis Tagihan:
·      tugas individu
·      tugas kelompok
·      ulangan

Bentuk Instrumen:
·      unjuk kerja
·      format pengamatan
·      uraian bebas
·      pilihan ganda
·      isian singkat


4













radio/ tape/
televisi/
kaset/ rekaman




1.2  Mengidentifi       kasi unsur        sastra (intrinsik, ekstrinsik)       cerita secara  langsung/ melalui     rekam­an.

Rekaman cerita, tuturan langsung unsur intrinsik (tema, alur, konflik, penokohan, sudut pandang, amanat)
·  unsur ekstrinsik (agama, politik, sejarah, budaya)

·  Mendengarkan cerita daerah tertentu (misalnya: Si Kabayan, Roro Jonggrang, Malin Kundang)*
·  Mengidentifikasi unsur intrinsik dan ekstrinsik.
·  Menyampaikan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik.
·  Diskusi dan tanya jawab.

·   Menyampaikan unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, konflik, amanat, dll)
·   Menyampaikan unsur-unsur ekstrinsik (nilai moral, kebudayaan, agama, dll)
Menanggapi unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman.

Jenis Tagihan:
·      tugas individu
·      ulangan

Bentuk Instrumen:
·    uraian bebas
·    pilihan ganda
·    isian singkat

4

kaset rekaman cerita

buku cerita

SILABUS
Nama Sekolah               :  MAN Model
Mata Pelajaran              :  Bahasa Indonesia
Kelas                            :  X
Semester                      :  1
Standar Kompetensi      : Berbicara
2.  Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat

2.1       Memperkenal-kan diri dan orang lain di da­lam forum resmi dengan intonasi yang tepat.




Contoh kalimat untuk memperkenalkan diri dan orang lain di dalam forum resmi.
·  penggunaan sapaan
·  penggunaan diksi
·  penggunaan struktur kalimat






·   Mengamati moderator atau pembawa acara  dalam diskusi atau suatu kegiatan langsung atau tak langsung langsung (dilakukan di rumah, di kelas, atau di luar kelas).
·   Berperan sebagai moderator atau pembawa acara untuk memperkenalkan diri sendiri dan pembicara dalam diskusi.
·   Menanggapi kekurangan pada pengucapan kalimat perkenalan.


·   Mengucapkan kalimat perkenalan (misalnya, sebagai moderator atau pembawa acara) dengan lancar dan intonasi yang tidak monoton.
·   Menggunakan diksi (pilihan kata) yang tepat.
·   Menanggapi kekurangan yang terdapat pada pengucapan kalimat perkenalan oleh teman.
·   Memperbaiki pengucapan kalimat yang kurang sesuai.


Jenis Tagihan:
·      tugas individu

Bentuk Instrumen:
·      unjuk kerja
·      format pengamatan

4








buku teks yang terkait

media cetak/ elektronik

tuturan langsung



2.2   Mendisku-sikan masalah (yang ditemukan dari berbagai berita, artikel, atau buku) 


Teks berita, artikel, buku yang berisi informasi aktual (misalnya: AIDS/HIV, SARS, dll)
·   penentuan masalah dalam berita
·   daftar kata sulit dan maknanya

·      Mencari artikel, atau buku yang berhubungan dengan  lingkungan daerah masing-masing  (misalnya: polio, SARS, atau bencana alam di  daerah setempat)*
·      Membaca berita,  artikel atau buku
·   Mengidentifikasi masalah dalam artikel
·   Mendiskusikan masalah
·   Melaporkan hasil diskusi


·   Mencatat masalah dari berbagai sumber
·   Menanggapi masalah dalam berita, artikel, dan buku
·   Mengajukan saran dan pemecahan terhadap masalah yang disampaikan
·   Mendaftar kata-kata sulit dalam teks bacaan
·    membahas maknanya

Jenis Tagihan:
·       praktik
·       tugas kelompok

Bentuk Instrumen:
·      unjuk kerja
·      format pengamatan

4

media massa/ koran/ majalah/ internet

2.3  Menceritakan 
       berbagai  
       pengalaman  
       dengan pilihan
       kata dan
       ekspresi yang
     tepat

Cerita peng­alam­an (yang lucu, menggembirakan, mengharukan, dsb)
·  penggunaan diksi
   (pilihan kata)
·  penggunaan
   intonasi, jeda, dan
   ekspresi




·      Secara bergiliran siswa bercerita pengalaman pribadi (yang lucu, menyenangkan, atau mengharukan)*  dengan menggunakan:
-     pilihan kata dan ekspresi secara tepat.
-     Menggunakan kosakata sesuai dengan situasi dan konteks.
·   Membahas pengalaman yang diceritakan


·   Menyampaikan secara lisan pengalaman pribadi (yang lucu, menyenangkan, mengharukan, dsb) dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat
·   Menanggapi pengalaman pribadi yang disampaikan


Jenis Tagihan:
·      praktik
·      tugas individu

Bentuk Instrumen:
·      unjuk kerja
·      format pengamatan

4

buku cerita lucu/ kaset cerita

pengalam=an lang-sung







SILABUS

Nama Sekolah               :  MAN Model
Mata Pelajaran              :  Bahasa Indonesia
Kelas                            :  X
Semester                      :  1
Standar Kompetensi      :  Membaca
  3. Memahami berbagai teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat

3.1       Menemukan ide pokok berbagai teks  nonsastra dengan teknik membaca cepat  (250 kata/menit)


Membaca cepat
·   teks nonsastra
·   teknik  membaca cepat 
·   rumus membaca cepat
·   fungsi membaca cepat

·   Membaca cepat teks tentang kesenian daerah (lenong, wayang golek, ketoprak, dll)
·   Menemukan ide pokok paragraf dalam teks
·   Membuat ringkasan isi  teks dalam beberapa kalimat.
·   Membahas ide pokok dan ringkasan isi


·   Membaca cepat teks dengan kecepatan 250 kata/menit
·   Menemukan ide pokok
    paragraf dalam teks
·   Membuat ringkasan  isi teks  dalam beberapa kalimat yang runtut

Jenis Tagihan:
·      tugas individu
·      ulangan
·      praktik 

Bentuk Tagihan:
·      uraian bebas
·      pilihan ganda


4








media massa/ koran/ majalah/ internet

buku yang berkaitan dengan budaya setempat


3.2       Mengidentifi-kasi ide pokok teks nonsastra dari berbagai  sumber melalui  teknik  membaca ekstensif  

Teks nonsastra dari berbagai   sumber
·  ide pokok tiap paragraf
·  ide pokok dari berbagai sumber
·  fakta dan opini
·  ringkasan isi

·    Membaca teks berita/ artikel (lenong, wayang golek, ketoprak, randai, dll)*
·    Mengidentifikasi ide pokok tiap paragraf
·    Menuliskan kembali isi bacaan secara ringkas
·    Mendiskusikan ide pokok dan ringkasan isi


·   Mengidentifikasi ide     
    pokok tiap paragraf
·   Menuliskan kembali isi bacaan  secara ringkas dalam beberapa kalimat
·   Mengidentifikasi  fakta dan pendapat 



Jenis Tagihan:
·      tugas kelompok
·       tugas individu
·      ulangan

Bentuk Instrumen:
·      uraian bebas
·      pilihan ganda

4

media massa/ koran/ majalah/ internet



SILABUS

Nama Sekolah               : MAN Model
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas                            : X
Semester                      : 1
Standar Kompetensi      : Menulis
                                         4. Mengungkapkan informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif, ekspositif)

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat

4.1  Menulis gagasan dengan menggunakan pola urutan waktu dan tempat dalam bentuk paragraf naratif 




Paragraf naratif
·  contoh paragraf naratif
·  pola pengembangan paragraf naratif (urutan waktu, tempat)
·  ciri/ karakteristik paragraf naratif
·  kerangka paragraf naratif
·  penggunaan kata ulang dalam paragraf naratif


·     Membaca paragraf naratif. 
·     Mengidentifikasi struktur paragraf  naratif
·      Menulis paragraf naratif
·      Menggunakan kata ulang dalam paragraf naratif
·      Menyunting paragraf naratif yang ditulis  teman
·     Mendiskusikan paragraf naratif


·   Mendaftar topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf naratif
·   Menyusun kerangka paragraf naratif berdasarkan kronologi waktu dan peristiwa
·   Mengembangkan kerangka yang telah dibuat menjadi paragraf naratif
·   Menyunting paragraf naratif yang ditulis  teman berdasarkan kronologi, waktu, peristiwa, dan EYD
·   Menggunakan kata ulang dalam paragraf naratif


Jenis Tagihan:
·      tugas Individu
·      praktik
·      ulangan

Bentuk Instrumen:
·      uraian bebas
·      pilihan ganda

4













buku teks yang terkait dengan naratif

buku EyD




4.2  Menulis hasil observasi dalam bentuk  paragraf deskriptif  


Paragraf deskriptif
·   contoh paragraf deskriptif
·   pola pengembang-an paragraf deskriptif
·   ciri/ karakteristik
·   paragraf deskriptif
·   kerangka paragraf deskriptif
·   contoh pengguna-an frasa ajektif dalam paragraf deskriptif


·      Membaca paragraf deskriptif
·      Mengidentifikasi karakteristik paragraf deskriptif
·      Menulis paragraf deskriptif
·      Menggunakan frasa ajektif dalam paragraf deskriptif
·      Menyunting paragraf deskriptif yang ditulis teman
·      Mendiskusikan paragraf deskriptif


·   Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi  paragraf deskriptif berdasarkan hasil pengamatan
·   Menyusun kerangka paragraf deskriptif
·   Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf deskriptif  
·   Menggunakan frasa ajektif dalam paragraf deskriptif
·   Menyunting paragraf deskriptif yang ditulis  teman


Jenis Tagihan:
·      tugas individu
·      praktik
·      ulangan

Bentuk Instrumen:
·      uraian bebas
·      pilihan ganda

4


buku yang terkait dengan deskripsi

buku EyD

4.3  Menulis gagasan secara logis dan sistematis dalam bentuk ragam paragraf  ekspositif 

Paragraf ekspositif
·   contoh paragraf ekspositif
·   pola pengembangan paragraf ekspositif
·   contoh penggunaan kata berimbuhan dalam paragraf ekspositif
·   penggunaan kata penghubung dalam paragraf



·      Membaca paragraf ekspositif
·      Mengidentifikasi  karekteristik paragraf ekspositif
·      Menulis paragraf ekspositif dengan kata penghubung yang tepat
·      Mengidentifikasi kata berimbuhan dalam paragraf ekspositif
·   Menyunting paragraf ekspositif  teman
·      Mendiskusikan paragraf eksposistif

·   Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf ekspositif
·   Menyusun kerangka paragraf ekspositif
·   Mengembangkan kerangka yang telah disusun dengan kata penghubung yang tepat
·   Mengidentifikasi kata berimbuhan dalam paragraf ekspositif
·   Menyunting paragraf ekspositif teman


Jenis Tagihan:
·      tugas individu
·      praktik
·      ulangan

Bentuk Instrumen:
·      uraian bebas
·      pilihan ganda

4

buku yang terkait dengan eksposisi


buku EYD

SILABUS

Nama Sekolah               : MAN Model
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas                            : X
Semester                      : 1
Standar Kompetensi      : Mendengarkan
5. Memahami puisi yang disampaikan secara langsung/ tidak langsung

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat

5.1   Mengidentifikasi unsur-unsur bentuk suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman  


Rekaman  puisi atau pembacaan langsung
·  majas,
·  irama
·   kata-kata konotasi
·  Kata-kata bermakna  
   lambang





·     Mendengarkan puisi
·     Mendiskusikan unsur-unsur bentuk puisi tersebut
·     Melaporkan hasil diskusi


·     Mengidentifikasi (majas, rima, kata-kata berkonotasi dan bermakna lambang)
·     Menanggapi unsur-unsur puisi yang ditemukan
·     Mengartikan kata-kata berkonotasi dan makna lambang



Jenis Tagihan:
·     praktik
·     tugas kelompok
·     tugas individu
·     laporan
·     ulangan

Bentuk instrumen:
·     uraian bebas
·     pilihan ganda

4






rekaman puisi/ tape

puisi yang dibacakan


5.2   Mengungkap-
        kan isi suatu       puisi yang disampaikan  secara langsung ataupun melalui rekaman 

Rekaman puisi yang berjenis tertentu atau yang dibacakan
·       jenis puisi
·       isi puisi
·       tema
·       maksud puisi


·     Mendengarkan puisi
·     Mengidentifikasi jenis puisi
·     Mendiskusikan isi puisi
·     Melaporkan hasil diskusi

·      Menyebutkan tema puisi yang didengar
·      Menyebutkan jenis puisi yang didengar (balada, elegi, roman, ode, himne, satire, dll.)
·      Menjelaskan maksud puisi
·      Mengungkapkan isi puisi dengan kata-kata sendiri

Jenis Tagihan:
·     praktik
·     tugas Kelompok
·     laporan
·     ulangan

Bentuk instrumen:
·     uraian bebas
·     pilihan ganda


4


rekaman puisi/ tape

puisi yang dibacakan
SILABUS
Nama Sekolah               : MAN Model
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas                            : X
Semester                      : 1
Standar Kompetensi      : Berbicara
6. Membahas cerita pendek melalui kegiatan diskusi                                      
Kompetensi
Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat

6.1       Mengemuka-
       kan hal-hal yang menarik atau mengesankan dari cerita pendek  melalui kegiatan  diskusi 


Naskah cerita pendek
·  isi cerpen
·  hal yang menarik
·  unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, alur, sudut pandang, latar, amanat)
·  penggunaan kalimat langsung/ tidak langsung



·      Membaca cerita pendek
·      Menceritakan kembali isi cerita pendek yang dibaca dengan kata-kata sendiri
·      Mengungkapkan hal-hal yang menarik atau mengesankan dari karya tersebut
·      Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, alur, sudut pandang, latar , amanat) cerita pendek yang dibaca
·      Melaporkan hasil diskusi
·      Mengidentifikasi kalimat langsung dan tidak langsung

·      Menceritakan kembali isi cerita pendek yang dibaca dengan kata-kata sendiri
·      Mengungkapkan hal-hal yang menarik atau mengesankan
·      Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, alur, sudut pandang, latar, amanat) cerita pendek yang dibaca.
·      Mengidentifikasi kalimat langsung dan tidak langsung dalam cerpen


Jenis Tagihan:
·      praktik
·      tugas individu
·      tugas kelompok

Bentuk instrumen:
·      unjuk kerja
·      format pengamatan
·      uraian bebas

4












buku kumpulan cerpen/

media massa/ internet



6.2      Menemukan  nilai-nilai  cerita pendek melalui kegiatan  diskusi 

Naskah cerita pendek
·  nilai budaya
·  nilai moral
·  nilai agama
·  nilai politik

·      Membaca cerita pendek
·      Mendiskusikan nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen
·      Melaporkan hasil diskusi

·      Menemukan nilai-nilai dalam cerpen
·      Membandingkan nilai-nilai yang terdapat dalam cerita pendek dengan kehidupan sehari-hari
·      Mendiskusikan nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen

Jenis Tagihan:
·      tugas Kelompok
·      laporan
·      praktik


Bentuk instrumen:
·      unjuk kerja
·      uraian bebas

4

buku kumpulan cerpen/

media massa/ internet
SILABUS

Nama Sekolah               : MAN Model
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas                            : X
Semester                      : 1
Standar Kompetensi      : Membaca
 7. Memahami  wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan  cerpen
                                                                                     
Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat

7.1      Membacakan puisi  dengan lafal, nada, tekanan, dan intonasi yang tepat


Puisi
·   lafal
·   tekanan
·   intonasi
·   jeda
·   pemenggalan kata, frasa




·      Membacakan  puisi dengan memerhatikan lafal, tekanan, dan intonasi yang sesuai dengan isi puisi
·      Membahas pembacaan puisi berdasarkan lafal, tekanan, dan intonasi
·      Memberi saran perbaikan pembacaan puisi yang kurang tepat
 

·      Membaca  puisi dengan memerhatikan lafal, tekanan, dan intonasi yang sesuai dengan isi puisi
·      Membahas pembacaan puisi berdasarkan lafal, tekanan, dan intonasi
·      Memberi saran perbaikan pembacaan puisi yang kurang tepat
 

Jenis Tagihan:
·      praktik
·      tugas individu
·      tugas kelompok


Bentuk Instrumen:
·      unjuk kerja
·       format pengamatan

4






buku kumpulan puisi/ internet/

media massa

7.2      Menganalisis keterkaitan unsur intrinsik suatu cerpen dengan kehidupan sehari-hari

Naskah cerpen
·  unsur intrinsik (tema, penokohan, dan amanat)


·      Membaca cerpen
·      Mengidentifikasi unsur-unsur (tema, penokohan, dan amanat)  cerita pendek yang telah dibaca
·      Mengaitkan unsur intrinsik (tema, penokohan, dan amanat) dengan kehidupan sehari-hari


·      Mengidentifikasi unsur-unsur (tema, penokohan, dan amanat)  cerita pendek yang telah dibaca
·      Mengaitkan unsur intrinsik (tema, penokohan, dan amanat) dengan kehidupan sehari-hari


Jenis Tagihan:
·      tugas Individu
·      tugas kelompok
·       ulangan

Bentuk Instrumen:
·      uraian bebas
·      pilihan ganda
·      jawaban singkat

4

buku kumpulan cerpen/

media massa/ internet

SILABUS

Nama Sekolah               : MAN Model
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas                            : X
Semester                      : 1
Standar Kompetensi      : Menulis
                                         8. Mengungkapkan pikiran, dan perasaan melalui kegiatan menulis puisi     
                                                                                
Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat

8.1 Menulis puisi lama dengan memerhatikan bait, irama, dan rima




Contoh puisi lama
(pantun, syair)
·  bait
·  irama
·  rima
·  perbedaan pantun dengan syair






·      Membaca puisi lama (pantun, syair)
·      Mengidentifikasi puisi lama (pantun, syair) berdasarkan bait, irama, dan rima
·      Menulis pantun/ syair dengan memerhatikan bait, irama, dan rima
·      Menyunting puisi lama (pantun/ syair) yang dibuat teman


·      Mengidentifikasi puisi lama (pantun, syair) berdasarkan bait, irama, dan rima
·      Membedakan bentuk pantun dan syair
·      Menulis pantun/ syair dengan memerhatikan bait, irama, dan rima
·      Menyunting puisi lama (pantun/syair) yang dibuat teman


Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   produk

Bentuk Instrumen:
·      uraian bebas

4











buku kumpulan puisi lama

Internet/ media massa

8.2  Menulis puisi baru dengan memerhatikan bait, irama, dan rima

Contoh puisi baru
·  ciri-ciri puisi baru
·  bait
·  rima
·  irama

·      Membaca puisi baru
·      Mengidentifikasi puisi baru  berdasarkan bait, irama, dan rima
·      Menulis puisi baru dengan memerhatikan bait, irama, dan rima
·      Menyunting puisi baru  yang dibuat teman


·      Mengidentifikasi puisi baru berdasarkan bait, irama, dan rima
·      Menulis puisi baru dengan memerhatikan bait, irama, dan rima
·      Menyunting puisi baru yang dibuat teman


Jenis Tagihan:
·      tugas individu
·      produk

Bentuk Instrumen:
·      uraian bebas
·      pilihan ganda

4

buku kumpulan puisi/
internet/ media massa
SILABUS

KELAS X SEMESTER 2

Nama Sekolah               :  MAN Model
Mata Pelajaran              :  Bahasa Indonesia
Kelas                            :  X
Semester                      :  2
Standar Kompetensi      :  Mendengarkan
9. Memahami informasi melalui tuturan
                                                                                                                                        
Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat

9.1. Menyimpulkan isi  informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung 



Informasi dari tuturan langsung tentang topik tertentu
·  pokok-pokok isi informasi








·      Mendengarkan informasi tuturan langsung (misalnya tentang transportasi : andong, delman, bajaj, dll.)*
·   Menyimpulkan isi informasi dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami. 
·   Menyampaikan secara lisan isi informasi yang telah ditulis 
·   Mendiskusikan isi informasi


·   Mencatat pokok-pokok isi  informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung
·   Menyimpulkan  isi informasi dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
·   Menyampaikan secara lisan isi informasi yang telah ditulis  secara runtut dan jelas


Jenis Tagihan:
·      pertanyaan lisan
·      tugas individu

Bentuk Instrumen:
·      jawaban singkat
·      unjuk kerja
·      format pengamatan

2













narasumber/
televisi/ radio/

9.2. Menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui tuturan tidak langsung (rekaman atau teks yang dibacakan)  

Rekaman Informasi atau teks yang dibacakan
·      pokok-pokok isi informasi
·      simpulan informasi


·      Mendengarkan informasi rekaman atau teks yang dibacakan *
·      Menyimpulkan isi informasi dengan runtut dan mudah dipahami
·      Menyampaikan secara lisan isi informasi

·     Mencatat pokok isi  informasi rekaman atau teks yang dibacakan
·   Menyampaikan secara lisan isi informasi   secara runtut dan jelas
·     Menyimpulkan isi informasi yang didengar

Jenis Tagihan :
·      pertanyaan lisan
·      bentuk intrumen
·      jawaban singkat

2

rekaman informasi/ teks yang dibacakan
SILABUS

Nama Sekolah               :  MAN Model
Mata Pelajaran              :  Bahasa Indonesia
Kelas                            :  X
Semester                      :  2
Standar Kompetensi      :  Berbicara
10.Mengungkapkan komentar terhadap informasi dari berbagai sumber  

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat

10.1  Memberikan kritik terhadap informasi dari media cetak dan atau elektronik 



·   Artikel dalam media cetak atau internet yang menjadi bahan perdebatan umum (misalnya: kenaikan harga BBM atau berita terorisme)
·   Kata kunci (saya kurang sependapat  karena..., ) untuk menyampaikan kritik atau dukungan terhadap  suatu pendapat atau gagasan


·      Membaca artikel
·      Mendiskusikan persoalan yang menjadi perdebatan umum di masyarakat (apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakang, dsb.)
·      Memberikan  kritik  dengan disertai alasan



·  Mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya
·  Merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dsb)
·  Memberikan  kritik  dengan disertai alasan


Jenis Tagihan:
·      praktik
·      tugas kelompok

Bentuk Instrumen:
·      unjuk kerja
·      format pengamatan

4

artikel dari media cetak/ internet







10.2  Memberikan persetujuan/ dukungan terhadap artikel yang terdapat dalam media cetak dan atau elektronik    


·   Artikel dalam media cetak atau internet yang menjadi bahan perdebatan umum (misalnya: kenaikan harga BBM atau berita terorisme)
·   Kata kunci (saya sependapat karena...) untuk menyampaikan dukungan terhadap  suatu pendapat atau gagasan


·      Membaca artikel
·      Mendiskusikan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dsb)
·      Memberikan persetujuan/ dukungan dengan bukti pendukung (disertai dengan alasan)



·  Mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya
·  Merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dsb)
·  Memberikan persetujuan/ dukungan dengan bukti pendukung (disertai dengan alasan)


Jenis Tagihan:
·      praktik
·       tugas kelompok

Bentuk Instrumen:
·      unjuk kerja
·      format pengamatan

4

artikel dari media cetak/ internet





SILABUS

Nama Sekolah               :  MAN Model
Mata Pelajaran              :  Bahasa Indonesia
Kelas                            :  X
Semester                      :  2
Standar Kompetensi      :  Membaca
                                   11.  Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai
Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat

11.1  Merangkum seluruh isi informasi  teks buku ke dalam beberapa kalimat dengan  membaca memindai   





Buku yang memuat daftar isi
·  pokok isi informasi
·  rangkuman isi buku
·  klausa











·   Membaca daftar isi buku
·   Menentukan salah satu bab dalam daftar isi  buku yang merujuk ke halaman
·   Membaca informasi yang terdapat pada halaman tertentu sesuai dengan yang dirujuk pada daftar isi
·   Merangkum seluruh isi informasi (yang diperoleh dari halaman bab tertentu) ke dalam beberapa kalimat
·   Mendiskusikan rangkuman isi
·   Mengidentifikasi klausa dalam teks buku


·      Mencatat pokok-pokok isi informasi pada halaman bab tertentu  yang dirujuk
·      Merangkum seluruh isi informasi (yang diperoleh dari  halaman bab tertentu) ke dalam beberapa kalimat
·      Membahas rangkuman yang telah dibuat
·      Mengidentifikasi klausa dalam teks buku

Jenis Tagihan:
·      tugas individu
·      laporan


Bentuk Instrumen:
·      uraian bebas


4



buku yang memuat daftar isi

buku yang terkait dengan tata bahasa

11.2 Merangkum seluruh isi informasi dari suatu tabel dan atau grafik ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai   

·   teks / bacaan yang berisi tabel atau grafik
·   isi tabel/ grafik
·   merangkum tabel/ grafik


·   Membaca teks yang berisi tabel atau grafik
·   Mengungkapkan (secara lisan atau tertulis) isi tabel/ grafik yang terdapat dalam bacaan ke dalam beberapa kalimat 
·   Menyimpulkan isi tabel/ grafik

·      Mengungkapkan (secara lisan atau tertulis) isi tabel/ grafik yang terdapat dalam bacaan ke dalam beberapa kalimat
·      Merangkum isi informasi  dari suatu tabel/ grafik

Jenis Tagihan:
·   ulangan
·   tugas kelompok

Bentuk Instrumen:
·      uraian bebas
·      pilihan ganda

2


media cetak/ internet

SILABUS

Nama Sekolah               :  MAN Model
Mata Pelajaran              :  Bahasa Indonesia
Kelas                            :  X
Semester                      :  2
Standar Kompetensi      :  Menulis   
                                          12. Mengungkapkan informasi melalui penulisan paragraf dan teks pidato 
                                      
Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat

12.1  Menulis gagasan untuk mendukung suatu pendapat dalam bentuk paragraf argumentatif


Contoh paragraf argumentatif
·  ciri-ciri paragraf argumentatif
·  topik paragraf argumentatif
·  kerangka paragraf argumentatif
·  penggunaan kata penghubung dalam paragraf argumentatif


·      Membaca paragraf argumentatif
·      Mengidentifikasi  karekteristik
     paragraf argumentatif
·      Menulis paragraf argumentatif
·      Menggunakan kata penghubung antarkalimat (oleh karena itu dengan demikian, oleh sebab itu, dll) dalam paragraf argumentatif
·      Menyunting paragraf argumentatif yang ditulis  teman



·      Mendaftar topik-topik pendapat yang dapat dikembangkan menjadi  paragraf argumentatif
·      Menyusun kerangka paragraf argumentatif
·      Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi  paragraf argumentatif  
·      Menggunakan kata penghubung antarkalimat (oleh karena itu dengan demikian, oleh sebab itu, dll) dalam paragraf argumentatif
·      Menyunting paragraf argumentatif yang ditulis  teman



Jenis Tagihan:
·      tugas Individu
·      praktik

Bentuk Instrumen:
·      uraian bebas
·      pilihan ganda

4

buku yang berkaitan dengan argumentasi

buku yang terkait denga tata bahasa

12.2  Menulis gagasan untuk meyakinkan atau mengajak pembaca bersikap atau melakukan sesuatu dalam bentuk paragraf  persuasif

Contoh paragraf persuasif
·  ciri-ciri paragraf persuasif
·  topik-topik  paragraf persuasif
·  kerangka paragraf persuasif
·  penggunaan kata penghubung antarklausa dalam paragraf persuasif

·      Membaca paragraf persuasif
·      Mengidentifikasi  karekteristik paragraf persuasif
·      Menulis paragraf persuasif
·      Menggunakan kata penghubung antarkalimat (oleh karena itu, dengan demikian, oleh sebab itu, dll)dalam paragraf persuasif
·      Menyunting paragraf argumentatif yang ditulis  teman

·   Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi  paragraf argumentatif berdasarkan hasil penelitian
·   Menyusun kerangka paragraf persuasif
·   Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi  paragraf persuasif  
·   Menggunakan kata penghubung antarklausa (karena, jika, kalau, seperti, dll.)dalam paragraf persuasif
·   Menyunting paragraf persuasif yang ditulis  teman


Jenis Tagihan:
·   tugas individu

Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·    pilihan ganda

4

buku yang berkaitan dengan argumen-tasi

buku yang terkait dengan tata bahasa


12.3 Menulis hasil  wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan menggunakan ejaan yang tepat

Informasi dari narasumber
·   topik wawancara
·   daftar pertanyaan
·   pokok-pokok isi wawancara
·   penggunaan ejaan dan tanda baca


·   Memilih narasumber untuk diwawancarai*
·   Menyusun daftar pertanyaan dengan memerhatikan kelengkapan isi (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana)
·   Melakukan wawancara dengan narasumber
·   Mencatat pokok-pokok informasi yang diperoleh dari wawancara
·   Menuliskan hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan ejaan dan tanda baca yang benar


·   Menentukan topik
·   Menyusun daftar pertanyaan dengan memerhatikan kelengkapan isi (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana)
·   Mencatat pokok-pokok informasi yang diperoleh dari wawancara
·   Menuliskan hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan ejaan dan tanda baca yang benar


Jenis Tagihan:
·      tugas kelompok
·      laporan

Bentuk Instrumen:
·       uraian bebas
·       pilihan ganda

4

buku pedoman wawancara

12.4 Menyusun  teks pidato 

Kalimat pembuka, isi, penutup
·   syarat-syarat topik
·   sumber topik
·   kerangka teks pidato
·   penggunaan bahasa dalam teks pidato


·      Menentukan topik dan tujuan
·      Menyusun kerangka pidato
·      Menyusun teks pidato berdasarkan kerangka dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami
·      Menyunting teks pidato tulisan teman


·   Menyusun teks pidato berdasarkan kerangka dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami
·   Menyunting teks pidato tulisan teman


Jenis Tagihan:
·      tugas individu

Bentuk Instrumen:
·      uraian bebas

4

buku yang berkaitan dengan pidato

buku EyD

 

SILABUS

Nama Sekolah               :  MAN Model
Mata Pelajaran              :  Bahasa Indonesia
Kelas                            :  X
Semester                      :  2
Standar Kompetensi      :  Mendengarkan
                                          13. Memahami cerita rakyat yang dituturkan
                                     
Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat

13.1  Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau melalui rekaman


Rekaman cerita rakyat atau yang disampaikan secara langsung
·  ciri-ciri cerita rakyat
·  unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, latar, alur, sudut pandang)
·  nilai-nilai (budaya, moral, agama)
·  cara membuat sinopsis
·  hal-hal yang menarik tentang tokoh



·   Mendengarkan rekaman cerita rakyat (penuturan cerita sesuai dengan daerah setempat)*
·   Mengidentifikasi karakteristik cerita rakyat yang didengarkan
·   Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat
·   Mengutarakan secara lisan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan memerhatikan pelafalan kata, dan kalimat  yang tepat
·   Membandingkan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan kalimat yang efektif.
·   Mengungkapkan kembali cerita rakyat dalam bentuk sinopsis


·   Mengidentifikasi karakteristik cerita rakyat yang didengarkan
·   Menentukan isi dan atau amanat yang terdapat di dalam cerita rakyat
·   Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat
·   Membandingkan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan kalimat yang efektif
·   Mengungkapkan kembali cerita rakyat dalam bentuk sinopsis


Jenis Tagihan:
·   tugas individu

Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda

4

rekaman cerita rakyat, tuturan cerita rakyat

buku cerita rakyat

13.2  Menjelaskan hal-hal yang menarik tentang latar cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau  melalui rekaman 

Rekaman cerita rakyat atau yang disampaikan secara langsung
·  ciri-ciri cerita rakyat
·  unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, latar, alur, sudut pandang)
·  nilai-nilai (budaya, moral, agama)
·  cara membuat sinopsis
·  hal-hal yang menarik tentang latar


·   Mendengarkan cerita rakyat yang disampaikan secara langsung*
·   Mengidentifikasi karakteristik cerita rakyat yang didengarkan
·   Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat
·   Membandingkan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan kalimat yang efektif.
·   Mengungkapkan cerita rakyat dalam bentuk sinopsis


·   Mengidentifikasi karakteristik cerita rakyat yang didengarkan
·   Menentukan isi dan atau amanat yang terdapat di dalam cerita rakyat
·   Menemukan hal-hal yang menarik tentang latar cerita rakyat
·   Membandingkan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan kalimat yang efektif
·   Mengungkapkan kembali cerita rakyat dalam bentuk sinopsis


Jenis Tagihan:
·   tugas individu

Bentuk Instrumen:
·    uraian bebas
·    pilihan ganda

4

buku cerita rakyat, tuturan cerita rakyat


SILABUS

Nama Sekolah               : MAN Model
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas                            : X
Semester                      : 2
Standar Kompetensi      : Berbicara
                                         14. Mengungkapkan pendapat terhadap puisi melalui diskusi
                                                                                 
Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat

14.1  Membahas isi puisi berkenaan dengan gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi melalui  diskusi


Puisi
·  gambaran penginderaan
·  gambaran perasaan
·  gambaran pikiran
·  penggambaran imajinasi
·  maksud puisi


·      Membaca puisi
·      Mendiskusikan isi puisi (gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi)
·      Melaporkan hasil diskusi
·      Menanggapi isi laporan diskusi


·   Mendiskusikan isi puisi (gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi)
·   Mendiskusikan  maksud/ makna puisi


Jenis Tagihan:
·      tugas kelompok
·      tugas individu

Bentuk Instrumen:
·      unjuk kerja
·      format pengamatan
·      uraian bebas

4


buku kumpulan puisi

buku panduan yang terkait

14.2  Menghubungkan isi puisi dengan realitas alam, sosial budaya, dan masyarakat melalui  diskusi 

Puisi
·  hubungan isi dengan realitas alam
·  hubungan isi puisi dengan sosial budaya
·  hubungan isi puisi dengan masyarakat


·      Membaca puisi
·      Mendiskusikan (hubungan isi puisi dengan realitas alam, hubungan isi puisi dengan sosial budaya, hubungan isi puisi dengan masyarakat)
·      Melaporkan hasil diskusi
·      Menanggapi isi laporan diskusi



·   Mendiskusikan (hubungan isi puisi dengan realitas alam, hubungan isi puisi dengan sosial budaya, hubungan isi puisi dengan masyarakat)



Jenis Tagihan:
·      tugas kelompok
·      tugas individu

Bentuk Instrumen:
·      unjuk kerja
·      format pengamatan
·      uraian bebas

4


buku kumpulan puisi

buku panduan yang terkait


SILABUS

Nama Sekolah               : MAN Model
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas                            : X
Semester                      : 2
Standar Kompetensi      : Membaca
                                         15. Memahami sastra Melayu klasik 

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat

15.1      Mengidentifikasi karakteristik dan   struktur unsur intrinsik sastra Melayu klasik

Karya sastra Melayu klasik
·  ciri-ciri karya sastra Melayu klasik
·  unsur-unsur karya sastra Melayu klasik (tema, alur, latar, penokohan, amanat)
·  ringkasan isi karya sastra Melayu klasik


·      Membaca naskah sastra Melayu klasik *
·      Mengidentifikasi karakteristik karya sastra  Melayu Klasik
·      Mendiskusikan struktur (unsur) karya sastra Melayu Klasik
·      Menuliskan secara ringkas isi karya sastra Melayu klasik dengan bahasa sendiri ke dalam beberapa paragraf


·   Mengidentifikasi karakteristik karya sastra  Melayu klasik
·   Menentukan struktur (unsur) karya sastra Melayu klasik
·   Menuliskan secara ringkas isi karya sastra Melayu klasik dengan bahasa sendiri ke dalam beberapa paragraf


Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   tugas kelompok
·   laporan

Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda

4


karya sastra Melayu klasik

15.2  Menemukan  nilai-nilai yang terkandung di dalam sastra Melayu klasik

Naskah sastra Melayu klasik
·  nilai-nilai (budaya, moral, agama)


·      Mendiskusikan nilai-nilai dalam karya sastra Melayu Klasik *
·      Membandingkan nilai-nilai dalam sastra Melayu Klasik dengan nilai-nilai masa kini


·   Menemukan nilai-nilai dalam karya sastra Melayu Klasik
·   Membandingkan nilai-nilai dalam sastra Melayu Klasik dengan nilai-nilai masa kini
·   Mengartikan kata-kata sulit

Jenis Tagihan:
·      tugas individu
·      tugas kelompok

Bentuk Instrumen:
·      uraian bebas
·      pilihan ganda

2

karya satra Melayu klasik
SILABUS

Nama Sekolah               : MAN Model
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas                            : X
Semester                      : 2
Standar Kompetensi      : Menulis
                                         16. Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan orang lain ke dalam cerpen

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat

16.1  Menulis karangan berdasarkan  kehidupan diri sendiri dalam   cerpen (pelaku, peristiwa, latar)


Contoh cerpen
·     ciri-ciri cerita pendek
·     syarat topik cerpen
·     Kerangka cerita pendek
·     unsur-unsur cerpen (pelaku, peristiwa, latar, konflik)


·   Menulis cerpen
·   Membahas cerpen yang ditulis teman


·      Menentukan topik yang berhubungan dengan kehidupan diri sendiri untuk menulis  cerita pendek
·      Menulis kerangka cerita pendek dengan memerhatikan kronologi waktu dan peristiwa
·      Mengembangkan kerangka yang telah dibuat  dalam bentuk cerpen (pelaku, peristiwa, latar, konflik) dengan memerhatikan pilihan kata, tanda baca, dan ejaan.


JenisTagihan:
·      tugas individu

Bentuk Instrumen:
·      uraian bebas

4

buku kumpulan cerpen

16.2  Menulis karangan berdasarkan  pengalaman orang lain dalam   cerpen (pelaku, peristiwa, latar)

Contoh cerpen
·     ciri-ciri cerita pendek
·     syarat topik cerpen
·     kerangka cerita pendek
·     unsur-unsur cerpen (pelaku, peristiwa, latar, konflik)


·   Menulis cerpen
·   Membahas cerpen yang ditulis teman


·      Menentukan topik yang berhubungan dengan pengalaman orang lain untuk menulis  cerita pendek
·      Menulis kerangka cerita pendek dengan memerhatikan  pelaku, peristiwa, latar
·      Mengembangkan kerangka yang telah dibuat  dalam bentuk cerpen (pelaku, peristiwa, latar) dengan memerhatikan pilihan kata, tanda baca, dan ejaan.


Jenis Tagihan:
·      tugas individu

Bentuk Instrumen:
·      uraian bebas

4

buku kumpulan cerpen


                                                                                                                                                



Tidak ada komentar:

Posting Komentar