Minggu, 01 Februari 2015

SILABUS BAHASA INDONESIA MAN MODEL KELAS XI SEMESTER I DAN II



SILABUS

Nama Sekolah                       :  MAN Model
Mata Pelajaran                       :  Bahasa Indonesia
Kelas/Program                      :  XI/Bahasa
Semester                                :  1
Standar Kompetensi            : Mendengarkan
                                                  1.  Memahami berita dan laporan

Kompetensi
 Dasar
Materi
Pembelajaran
Pengalaman
Belajar
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/
Alat
1.1     Membedakan fakta dan opini  yang terdapat di dalam berita dari berbagai sumber
Rekaman  berita
·         pokok-pokok isi berita
·         isi berita
·         cara merangkum isi berita
·         Mendengarkan berita/ rekaman berita (seputar lingkungan/wilayah setempat atau berita terkini)
·         Mencatat pokok-pokok isi berita
·         Memilah pokok-pokok menjadi dua kelompok:  yang berupa fakta dan  yang berupa pendapat/opini
·         Membahas isi berita berdasarkan hasil pemilahan tersebut
·         Merangkum isi berita ke dalam beberapa kalimat
·         Membacakan rangkuman
·         Menanggapi rangkuman yang dibacakan
·         Menentukan fakta dalam berita
·         Menentukan isi berita
·         Menentukan opini dalam berita
·         Penentukan pokok-pokok berita
·         Merangkum isi berita dalam beberapa kalimat sesuai langkah-langkah merangkum

Jenis
Tagihan:
·    tugas  individu
·    kelompok

Bentuk
Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
·   produk

4
·   buku teks yang terkait
·   internet
·   surat kabar
·   majalah
·   buku pelengkap
1.2     Mengevaluasi isi laporan
Rekaman laporan
·         pokok-pokok isi laporan
·         cara memilah fakta dan pendapat/opini
·         perangkuman isi
·         penggunaan bahasa laporan
·         Mendengarkan pembacaan laporan
·         Mencatat pokok-pokok isi laporan
·         Merangkum isi berita ke dalam beberapa kalimat
·         Mendiskusikan:
-           isi laporan
-           penggunaan bahasa laporan

·         Menentukan pokok-pokok isi
        laporan
·         Merangkum isi berita ke dalam beberapa kalimat
·         Menilai kelengkapan isi laporan
·         Menilai penggunaan bahasa laporan
Jenis
Tagihan:
·    tugas  individu
·    kelompok

Bentuk
Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
4
·   buku teks yang terkait
·   internet
·   surat kabar
·   majalah
·   buku pelengkap

SILABUS

Nama Sekolah                       :  MAN Model
Mata Pelajaran                       :  Bahasa Indonesia
Kelas/Program                      :  XI/Bahasa
Semester                                :  1
Standar Kompetensi            :  Berbicara
                                                   2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi  dalam kegiatan diskusi, presentasi bacaan 

Kompetensi
 Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/
Alat
2.1       Menilai isi  pembicaraan dalam diskusi (dalam hal baik–buruk , bermutu–tidak bermutu, dan sebagainya)
Pelaksanaan diskusi
·   cara menentuka  pokok yang dibicarakan dengan rumus 5 w + 1 h
·   cara bertanya, memberikan kritikan atau sanggahan
·   terhadap pendapat atau gagasan orang lain dalam diskusi
·   cara menilai isi pembicaraan dalam hal baik buruk, bermutu tidaknya, dan sebagainya
·      Melaksanakan diskusi
·      Mencatat siapa yang berbicara dan apa pokok yang dibicarakan kemudian menyampaikannya secara lisan
·      Mengajukan pertanyaan atau tanggapan terhadap salah satu pokok pembicaraan dengan menggunakan ungkapan dan konjungsi  antarkalimat yang sesuai dan tepat
·      Mengemukakan persetujuan atau penolakan terhadap salah satu pendapat yang muncul dalam diskusi
·      Mengajukan argumentasi yang dapat mendukung atau menentang pendapat pembicara
·      Menilai isi pembicaraan dalam hal baik buruk, bermutu tidaknya, dan sebagainya
·      Memberikan kritikan  atau sanggahan terhadap pendapat atau gagasan orang lain yang disampaikan dalam diskusi


·         Menyampaikan secara lisan pokok-pokok yang dibicarakan
·         Mengajukan pertanyaan atau tanggapan terhadap salah satu pokok pembicaraan dengan menggunakan ungkapan dan konjungsi  antarkalimat yang sesuai dan tepat
·         Mengemukakan persetujuan atau penolakan terhadap salah satu pendapat yang muncul dalam diskusi
·         Menjelaskan argumentasi yang dapat mendukung atau menentang pendapat pembicara
·         Menilai isi pembicaraan dalam hal baik-buruk, bermutu tidaknya, dan sebagainya
·         Memberikan kritikan atau sanggahan terhadap pendapat atau gagasan orang lain yang disampaikan dalam diskusi





Jenis
Tagihan:
·    tugas  individu
·    kelompok

Bentuk
Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
·   lisan
·   unjuk kerja
4
·   buku teks yang terkait
·   internet
·   surat kabar
·   majalah
·   buku pelengkap
·   rekaman
·   VCD
Kompetensi
 Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/
Alat
2.2       Mendeskripsikan hal-hal menarik dan mengagumkan yang terdapat dalam buku biografi

Buku biografi tokoh
·   hal-hal yang menarik
·   hal  yang mengagumkan dalam kehidupan tokoh
·   Membaca buku biografi tokoh*)
·   Menyampaikan hal-hal yang menarik atau yang mengagumkan tentang tokoh tersebut kepada teman dengan kalimat sendiri secara lugas
·   Memberikan komentar terhadap isi penyampaian teman (tepat atau tidak, logis atau tidak, dan sebagainya)
·   Mencatat dari buku yang dibaca hal-hal yang menarik atau yang mengagumkan tentang kehidupan tokoh
·   Mendeskripsikan dengan kalimat sendiri secara lugas kepada teman hal-hal yang menarik atau yang mengagumkan tentang tokoh tersebut
·   Memberikan komentar tentang tokoh yang dibaca
Jenis
Tagihan:
·    tugas  individu
·    kelompok

Bentuk
Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
·   lisan
·   unjuk kerja
6
·   buku teks yang terkait
·   internet
·   surat kabar
·   majalah
·   buku pelengkap
·   rekaman
·   VCD

2.3       Menguraikan topik cerita   yang didengar atau dibaca 

Teks cerita
·   cara/langkah-langkah menyimpulkan apa yang didengar
·   Mendengarkan cerita atau membaca cerita **)
·   Menemukan topik cerita
·   Menentukan pokok-pokok isi cerita
·   Membahas temuan
·   Membuat kerangka cerita yang berdasarkan temuan
·   Mengembangkan kerangka cerita
·   Menentukan topik cerita yang dibaca/didengar
·   Menyusun kerangka cerita berdasarkan topik yang ada (ditemukan)
·   Membuat kerangka cerita
·   Mengembangkan cerita dengan bahasa sendiri
Jenis
Tagihan:
·    tugas  individu
·    kelompok

Bentuk
Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
·   lisan
·   paktik
4
·   buku teks yang terkait
·   internet
·   surat kabar
·   majalah
·   buku pelengkap
·   rekaman
·   VCD

  *) tokoh setempat
**)  cerita yang ada di lingkungan/daerah setempat



SILABUS

Nama Sekolah                       :  MAN Model
Mata Pelajaran                       :  Bahasa Indonesia
Kelas/Program                      :  XI/Bahasa
Semester                                :  1
Standar Kompetensi            :   Membaca
                                                     3. Memahami ragam wacana tulis dengan  membaca intensif berbagai paragraf dan artikel

Kompetensi
 Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/
Alat
3.1    Mengidentifikasi pola pengembangan paragraf  dengan kegiatan membaca intensif
Teks bacaan/ artikel yang menggunakan pola pengembangan deduksi dan induksi
·         pengertian deduktif dan induktif
·         ciri-ciri paragraf induktif dan deduktif
·         contoh paragraf induktif dan deduktif
·         hal-hal yang berkaitan dengan penggunaan alasan, rincian, atau contoh pada teks deduktif
·         Membaca teks/paragraf yang berpola deduktif dan induktif
·         Mengidentifikasi ciri-ciri berbagai teks deduktif dan induktif
·         Membedakan jenis paragraf deduktif dan induktif
·         Menemukan paragraf yang berpola umum-khusus (deduktif)
·         Menemukan isi berbagai teks yang menggunakan alasan, rincian, atau contoh
·         Mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan penggunaan alasan, rincian, atau contoh pada teks deduktif
·      Mendeskripsikan ciri-ciri berbagai teks deduktif dan induktif
·      Menjelas perbedaan paragraf induktif dan deduktif
·      Menyimpulkan isi teks tersebut berdasarkan hal-hal (generalisasi, analogi, sebab-akibat) yang disajikan dalam tulisan/artikel
·      Menganalisis paragraf yang berpola umum-khusus (deduktif)
·      Menentukan isi berbagai teks yang menggunakan alasan, rincian, atau contoh
Jenis
Tagihan:
·    tugas  individu
·    kelompok

Bentuk
Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda

6
·   buku teks yang terkait
·   internet
·   surat kabar
·   majalah
·   buku pelengkap
3.2   Menilai gagasan dan  pikiran penulis dalamsuatu artikel
Ciri-ciri artikel ilmiah
Hal-hal yang dinilai dalam artikel ilmiah:
·   isi
·   penggunaan bahasa
·   gagasan/pendapat penulis
·   struktur artikel

·          Membaca teks artikel 
·          Mengungkapkan ciri-ciri  artikel ilmiah
·          Mengungkapkan ide/pendapat penulis artikel ilmiah
·          Mengungkapkan penggunaan bahasa dalam artikel ilmiah
·          Menyimpulkan isi artikel ilmiah
·          Menilai isi artikel (tepat atau tidak, aktual atau tidak, dan sebagainya)


·      Menentukan ciri-ciri artikel ilmiah
·      Menuliskan ide/pendapat penulisan artikel ilmiah
·      Menilai penggunaan bahasa dalam artikel ilmiah
·      Menilai isi artikel ilmiah
·      Menilai srtuktur artikel
·      Menilai isi artikel (tepat atau tidak, aktual atau tidak, dan sebagainya)


Jenis
Tagihan:
·    tugas  individu
·    kelompok

Bentuk
Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda

4
·   buku teks yang terkait
·   internet
·   surat kabar
·   majalah
·   buku pelengkap








SILABUS

Nama Sekolah                       :  MAN Model
Mata Pelajaran                       :  Bahasa Indonesia
Kelas/Program                      :  XI/Bahasa
Semester                                :  1
Standar Kompetensi            : Menulis
                                                 4. Mengungkapkanninformasi dalam bentuk surat lamaran, laporan, paragraf  persuasi dan argumentatif

Kompetensi
 Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/
Alat
4.1      Menulis surat lamaran pekerjaan berdasarkan struktur bahasa dan ejaan
Penulisan surat lamaran pekerjaan
·         struktur surat lamaran pekerjaan
·         bahasa dan diksi dalam surat lamaran pekerjaan
·         EyD dan tanda baca dalam surat lamaran pekerjaan
·         Membaca contoh surat lamaran  pekerjaan
·         Mengidentifiksi struktur surat lamaran pekerjaan
·         Menyusun surat lamaran  pekerjaan berdasarkan iklan dengan memperhatikan struktur, bahasa, diksi, dan EyD
·         Menentukan kesalahan struktur, diksi, dan ejaan dalam surat lamaran
·         Menyempurnakan kekurangan surat
lamaran dari segi struktur, diksi, bahasa, dan
        EyD

·         Mengenali dan menentukan struktur surat lamaran pekerjaan       
·         Menyempurnakan surat lamaran  pekerjaan berdasarkan iklan dengan memperhatikan struktur, bahasa, diksi, dan EyD
·         Menyempurnakan kekurangan surat lamaran dari segi struktur, diksi, bahasa, dan EyD


Jenis
Tagihan:
·    tugas  individu
·    kelompok

Bentuk
Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
·   produk
4
·   buku teks yang terkait
·   internet
·   surat kabar
·   majalah
·   buku pelengkap
·   EyD
·   KBBI
·   Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia
4.2      Menyusun laporan  diskusi/ seminar
Contoh laporan diskusi
·   struktur laporan hasil diskusi/seminar
·   pelengkap laporan
·   diskusi/seminar (makalah pembicara, notulen, dan daftar hadir peserta)
·   cara menyimpulkan hasil laporan diskusi
·         Membaca contoh laporan diskusi/seminar
·         Mengidentifikasi struktur laporan hasil diskusi/seminar
·         Menyusun laporan hasil seminar/diskusi panel sesuai dengan jalannya seminar yang dilakukan dengan memperhatikan struktur dan penggunaan bahasa sesuai dengan konteks
·         Melengkapi laporan dengan melampirkan  (makalah, notulen, dan daftar hadir peserta)
·         Menyimpulkan hasil laporan diskusi/seminar
·   Menyusun laporan hasil seminar/diskusi panel sesuai dengan jalannya seminar dengan memperhatikan struktur
·   dan penggunaan bahasa sesuai dengan konteks
·   Melengkapi laporan dengan lampiran (makalah pembicara, notulen, dan daftar hadir peserta)
·   Menyimpulkan hasil laporan diskusi
Jenis
Tagihan:
·    tugas  individu
·    kelompok

Bentuk
Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
·   lisan
·   produk
6
·   buku teks yang terkait
·   internet
·   surat kabar
·   majalah
·   buku pelengkap
·   EyD
·   Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia
Kompetensi
 Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/
Alat
4.3      Menyusun paragraf   persuasi sesuai dengan tujuan dan keperluan
Contoh Paragraf persuasi
·   pengertian paragraf persuasif
·   ciri-ciri paragraf persuasif
·   topik yang sesuai untuk paragraf persuasif
·         Membaca contoh paragraf persuasif
·         Mengidentifikasi ciri paragraf persuasif
·         Menentukan topik yang terdapat dalam paragraf persuasif
·         Menyusun kerangka paragraf persuasi
·         Menyusun paragraf persuasif sesuai dengan tujuan/keperluan
·         Menyunting paragraf yang disusun teman
·   Mengidentifikasi ciri-ciri paragraf persuasif
·   Menentukan topik yang terdapat dalam paragraf persuasif
·   Menyusun kerangka paragraf persuasif
·   Mengembangkan kerangka menjadi paragraf persuasif sesuai dengan tujuan/keperluan
·   Menyunting paragraf yang disusun teman
Jenis
Tagihan:
·    tugas  individu
·    kelompok

Bentuk
Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
·   lisan
6
·   buku teks yang terkait
·   internet
·   surat kabar
·   majalah
·   buku pelengkap
·   EyD
·   Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia
4.4      Meyusun paragraf   argumentatif untuk berbagai  keperluan
Contoh paragraf argumentasi
·         pengertian paragraf argumentatif
·         ciri-ciri paragraf argumentatif
·         topik yang sesuai untuk paragraf  argumentatif
·         Membaca contoh paragraf argumentatif
·         Mengidentifikasi ciri paragraf argumentatif
·         Menentukan topik yang terdapat dalam paragraf  argumentatif
·         Menyusun kerangka paragraf argumentatif
·         Menyusun paragraf  argumentatif sesuai dengan tujuan/keperluan
·         Menyunting paragraf yang disusun teman
·   Menentukan ciri-ciri paragraf argumentatif
·   Menentukan topik yang terdapat dalam paragraf  argumentatif
·   Menyusun kerangka paragraf argumentatif
·   Menyusun paragraf  argumentatif sesuai dengan tujuan/keperluan
Jenis
Tagihan:
·    tugas  individu
·    kelompok

Bentuk
Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
·   lisan
6
·   buku teks yang terkait
·   internet
·   surat kabar
·   majalah
·   buku pelengkap
·   EyD
·   Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia

SILABUS

Nama Sekolah                       :  MAN Model
Mata Pelajaran                       :  Bahasa Indonesia
Kelas/Program                      :  XI/Bahasa
Semester                                :  1
Standar Kompetensi            : Kebahasaan
                                                   5. Menguasai berbagai komponen kebahasaan   dalam berbahasa, baik lisan maupun tulis

Kompetensi
 Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/
Alat
5.1      Mengidentifikasi makna konotatif dan denotatif, gramatikal dan leksikal, kias dan lugas, umum dan khusus

Hubungan makna
·   makna konotatif dan denotatif dan contoh
·   makna gramatikal dan leksikal dan contoh
·   makna kias dan lugas disertai contohnya
·   pengertian makna umum dan khusus disertai contohnya

·   Membaca teks
·   Mengidentifikasi kata bermakna konotatif dan denotatif, gramatikal dan leksikal, kias dan lugas, umum dan khusus
·   Membedakan makna konotatif dengan denotatif dalam teks, makna gramatikal dengan leksikal, makna gramatikal dengan leksikal, dan makna kias dengan lugas, makna umum dengan khusus, makna gramatikal dan leksikal.
·   Menggunakan kata dengan berbagai makna
·   Mendiskusikan
·   Menyimpulkan hasil diskusi


·   Menentukan kata bermakna konotatif dan denotatif, gramatikal dan leksikal, kias dan lugas, umum dan khusus
·      Membedakan makna konotatif dengan denotatif
·      Membedakan makna gramatikal dengan leksikal
·      Membedakan makna kias dengan lugas
·      Membedakan makna umum dengan khusus
·      Menggunakan kata-kata bermakna gramatikal dan leksikal dalam konteks kalimat atau yang lebih tinggi
·      Menggunakan kata-kata bermakna kias dan lugas dalam konteks kalimat yang lebih tinggi
·      Menggunakan kata-kata bermakna umum dan khusus dalam konteks kalimat atau yang lebih tinggi





Jenis
Tagihan:
·    tugas  individu
·    kelompok

Bentuk
Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
·   lisan
6
·   buku teks yang terkait
·   internet
·   surat kabar
·   majalah
·   buku pelengkap
·   EyD
·   KBBI
·   Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia
Kompetensi
 Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/
Alat
5.2      Mengaplikasikan aspek  kohesi dan koherensi pada tingkat paragraf
Contoh paragraf yang koheren
·         pengertian kekohesian dan kekoherenan
·         Membaca paragraf
·         Menentukan tingkat kekohesian(keruntutan) dan kekoherenan (kepaduan) suatu paragraf
·        Menentukan pemarkah-pemarkah kohesi dan
·      Menentukan tingkat kekohesian (keruntutan) dan kekoherenan (kepaduan) suatu   paragraf
·      Menentukan pemarkah- pemarkah kohesi dan koherensi
Jenis
Tagihan:
·    tugas  individu
·    kelompok 

·   buku teks yang terkait
·   internet
·   surat kabar
·   majalah

        paragraf
·         Pemarkah- pemarkah kohesi dan koherensi dalam paragraf

         koherensi dalam paragraf
·         Menyusun paragraf yang kohesi dan koheren
·         Menyunting paragraf yang ditulis teman (secara silang)
     dalam paragraf
·      Menyusun paragraf yang kohesi dan koheren
·      Menyunting paragraf dari segi kohesif dan koheren
Bentuk
Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
·   lisan

·   buku teks yang terkait
·   internet
·   surat kabar
·   majalah
·   EyD
·   KBBI
·   Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia
5.3      Mengklasifikasi jenis paragraf berdasarkan letak kalimat topik, dan isi
Contoh paragraf
·         jenis paragraf berdasarkan letak kalimat topik
·         jenis paragraf berdasarkan isi
·         kalimat penjelas
·         pengembangan kalimat topik menjadi paragraf
·         Membaca paragraf
·         Mengidentifikasi paragraf berdasarkan letak kalimat topik
·         Mengidentifikasi kalimat penjelas
·         Menganalisis isi paragraf untuk menentukan jenis paragraf
·         Mengembangkan kalimat topik menjadi paragraf
·         Menyunting paragraf tulisan teman (secara silang)

·         Menentukan jenis paragraf berdasarkan letak kalimat topik
·         Menentukan kalimat penjelas
·         Menyimpulkan isi paragraf
·         Mengembangkan kalimat topik menjadi paragraf
Jenis
Tagihan:
·    tugas  individu
·    kelompok

Bentuk
Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
·   lisan

·   buku teks yang terkait
·   internet
·   surat kabar
·   majalah
·   buku pelengkap
·   KBBI
·   EyD
·   Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia


SILABUS

Nama Sekolah                       :  MAN Model
Mata Pelajaran                       :  Bahasa Indonesia
Kelas/ Program                     :  XI / Bahasa
Semester                                :  2
Standar Kompetensi            : Mendengarkan
                                                  6. Memahami presentasi laporan kegiatan

Kompetensi
 Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/
Alat
6.1   Menganalisis laporan pelaksanaan kegiatan  yang disampaikan
Sruktur laporan pelaksanaan kegiatan
·         Isi laporan pelaksanaan kegiatan
·         bahasa laporan
·         Mendengarkan laporan pelaksanaan kegiatan
·         Mengajukan pertanyaan tentang isi laporan pelaksanaan kegiatan yang belum jelas
·         Mengidentifikasi laporan kegiatan yang disampaikan berupa struktur, isi, dan bahasa
·         Memberikan tanggapan  atas informasi yang didengar sebagai bahan  perbaikan laporan pelasanaan kegiatan
·         Menyimpulkan isi laporan kegiatan yang disampaikan
·            Membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi laporan pelaksanaan kegiatan
·            Membuat ulasan mengenai struktur , isi, dan penggunaan bahasa laporan pelaksanaan kegiatan
·            Menanggapi informasi yang didengar dari laporan pelaksanaan kegiatan
Jenis
Tagihan:
·    tugas  individu
·    kelompok

Bentuk
Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
·   lisan
4
·   buku teks yang terkait
·   internet
·   surat kabar
·   majalah
·   buku pelengkap
·   EyD
·   KBBI
6.2     Menilai laporan pelaksanaan program yang disampaikan 

Penilaian laporan
·     cara menentukan pokok-pokok isi laporan kegiatan program sekolah
·     cara menilai informasi yang didengar tentang baik buruknya atau jujur tidaknya suatu laporan kegiatan program sekolah.
·         Mendengarkan laporan kegiatan program sekolah
·         Mencatat pokok-pokok isi laporan kegiatan program sekolah
·         Menilai informasi yang didengar tentang baik buruknya atau jujur tidaknya suatu laporan kegiatan program sekolah.
·         Memberikan saran (perbaikan dan tambahan)
·            Mencatat pokok-pokok isi laporan kegiatan program sekolah
·            Menilai informasi yang didengar tentang baik buruknya atau jujur tidaknya suatu laporan kegiatan program sekolah.
·            Memberikan saran (perbaikan dan tambahan)
Jenis
Tagihan:
·    tugas  individu
·    kelompok

Bentuk
Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
·   lisan
4
·   buku teks yang terkait
·   internet
·   surat kabar
·   majalah
·   buku pelengkap
·   EyD
·   KBBI


SILABUS

Nama Sekolah                       :  MAN Model
Mata Pelajaran                       :  Bahasa Indonesia
Kelas/ Program                     :  XI / Bahasa
Semester                                :  2
Standar Kompetensi            :  Berbicara
                                                   7. Mengungkapkan pikiran dan informasi melalui presentasi program dan pidato tanpa teks

Kompetensi
 Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/
Alat
7.1   Menjelaskan   program kegiatan  secara rinci dan   informasi tambahan
untuk mendukung program
Contoh program kegiatan
·         rancangan program kegiatan dengan runtut dan lengkap
·         keruntutan dan
·         kelengkapan cara mengemukakan program kegiatan
·      Menulis program kegiatan (PR)
·      Mengemukakan program secara rinci untuk mendapatkan tanggapan 
·      Mengemukakan informasi  tambahan yang dapat  mendukung program (hasil penelitian, jurnal, dll) 
·      Mendiskusikan program yang disampaikan
·      Memperbaiki rancangan program berdasarkan berbagai masukan
·      Menyampaikan program kegiatan yang disusun secara rinci untuk mendapatkan tanggapan
·      Menyampaikan informasi  tambahan yang dapat  mendukung program (berupa hasil penelitian, jurnal, dll) 
·      Memperbaiki rancangan program berdasarkan berbagai masukan
Jenis
Tagihan:
·    tugas  individu
·    kelompok

Bentuk
Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
·   lisan
8

·   buku teks yang terkait
·   internet
·   surat kabar
·   majalah
·   buku pelengkap
·   EyD
·   KBBI
7.2     Berpidato tanpa teks dengan  intonasi dan sikap yang tepat

Pidato tanpa teks
Unsur-unsur pidato
·          cara menyampaikan dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat
·          format penilaian penyampaian pidato yang dibawakan orang lain.
·      Membaca teks pidato (tanpa teks)
·      Mengidentifikasi teks pidato untuk mengetahui struktur pidato dan tujuan pidato
·      Memahami isi pidato (tanpa teks)
·      Menyampaikan pidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat  tanpa melihat teks
·      Memperbaiki cara berpidato dan isi pidato berdasarkan masukan teman
·      Menilai pembacaan pidato yang dibawakan teman dengan format penilaian yang ditentukan.
·      Membawakan pidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat, dan lancar
·      Menilai performansi pidato yang dibawakan orang lain.
·      Memberikan saran perbaikan atas penyampaian pidato
Jenis
Tagihan:
·    tugas  individu
·    kelompok

Bentuk
Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
·   lisan
·   unjuk kerja
6

·   buku teks yang terkait
·   internet
·   surat kabar
·   majalah
·   buku pelengkap



SILABUS

Nama Sekolah                       :  MAN Model 
Mata Pelajaran                       :  Bahasa Indonesia
Kelas/ Program                     :  XI / Bahasa
Semester                                :  2
Standar Kompetensi            : Membaca
                                                  8. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca teknik dan membaca cepat

Kompetensi
 Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/
Alat
8.1  Membacakan teks  pidato dengan memperhatikan kejelasan ucapan, intonasi, dan ekspresi wajah, serta penekanan pada kata-kata kunci
Teks pidato
·         teknik/cara  berpidato
·         pembacaaan teks dengan memperhatikan intonasi dan kata kunci
·         Membacakan teks pidato dengan memperhatikan kejelasan ucapan,  intonasi, dan ekspresi wajah
·         Membacakan teks dengan memberikan penekanan  pada kata-kata kunci dan dapat menyajikan dengan berani, percaya diri, dan sikap yang tepat.
·         Memberikan tanggapan
·      Membacakan teks pidato dengan memperhatikan kejelasan ucapan,  intonasi, dan ekspresi wajah
·      Membacakan teks dengan memberikan penekanan  pada kata-kata kunci dan dapat menyajikan dengan berani, percaya diri, dan sikap yang tepat.
·      Memberikan tanggapan atas pembacaan pidato
Jenis
Tagihan:
·    tugas  individu
·    kelompok

Bentuk
Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
·   lisan
6
·   buku teks yang terkait
·   internet
·   surat kabar
·   majalah
·   buku pelengkap
8.2     Menemukan ide pokok suatu teks dengan membaca cepat 300 – 350 kata  per menit 

Kecepatan dan keefektifan membaca
·         teknik membaca cepat
·         gagasan pokok dalam teks bacaan
·         penjawaban 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia
·         pengertian makna tersurat dan tersirat dalam teks
·          Membaca teks dengan membaca cepat 300 – 350 kata  per menit 
·          Menemukan gagasan pokok dalam teks bacaan
·          Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia
·          Menentukan makna tersurat dan tersirat teks bacaan.
·          Menyimpulkan isi teks
·      Menemukan gagasan pokok dalam teks bacaan
·      Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia
·      Menentukan makna tersurat dan tersirat dalam teks/bacaan.
·      Menyimpulkan isi teks isi teks
Jenis
Tagihan:
·    Tugas  Individu
·    Kelompok

Bentuk
Instrumen:
·   Uraian bebas
·   Pilihan ganda
·   Lisan
6
·   Buku teks yang terkait
·   Internet
·   Surat kabar
·   Majalah
·   Buku pelengkap


SILABUS

Nama Sekolah                       :  MAN Model
Mata Pelajaran                       :  Bahasa Indonesia
Kelas/ Program                     :  XI / Bahasa
Semester                                :  2
Standar Kompetensi            : Menulis
                                                   9. Mengungkapkan pikiran dan informasi melalui kegiatan menulis berbagai jenis paragraf dan makalah

Kompetensi
 Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/
Alat
9.1   Menyusun paragraf  deduktif dan induktif sesuai dengan ciri-ciri paragraf deduktif dan induktif
Paragraf deduktif dan induktif
·      ciri-ciri paragraf deduktif (silogisme dan entimen)
·      contoh paragraf deduktif (silogisme dan entimen)
·      ciri-ciri paragraf induktif
·      contoh paragraf induktif
·         Membaca paragraf  deduktif ( silogisme, dan entimen)
·         Mengidentifikasi ciri-ciri paragraf deduktif (silogisme,  entimen)
·         Mengidentifikasi ciri-ciri paragraf induktif (generalisasi dan analogi)
·         Menyusun contoh paragraf deduktif silogisme dan entimen)
·         Menyunting paragraf yang ditulis teman
·         Mengenal ciri-ciri paragraf deduktif (silogisme dan entimen)
·         Menentukan cir-ciri paragraf deduktif
·         Menentukan ciri-ciri paragraf induktif
·         Menyusun paragraf
        deduktif (silogisme dan   entimen)
·         Menyusun paragraf induktif (generalisai dan analogi)
Jenis
Tagihan:
·    tugas  individu
·    kelompok

Bentuk
Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
6

·   buku teks yang terkait
·   internet
·   surat kabar
·   majalah
·   buku pelengkap
·   EyD
·   KBBI
9.2     Menyusun paragraf  contoh, perbandingan, dan proses sesuai dengan ciri-ciri paragraf tersebut

Paragraf contoh, perbandingan, dan proses
·      ciri-ciri paragraf contoh
·      ciri-ciri i paragraf perbandingan
·      ciri-ciri si paragraf proses
·         Membaca contoh paragraf contoh, perbandingan, dan proses
·         Menentukan paragraf contoh
·         Mengidentifikasi paragraf perbandingan
·         Mengidentifikasi paragraf proses
·         Membuat paragraf contoh, perbandingan, dan proses
·         Menyunting paragraf yang disusun teman

·         Menentukan paragraf contoh
·         Menentukan i paragraf perbandingan
·         Menentukani paragraf proses
·         Membuat paragraf contoh, perbandingan, dan proses
·         Menyunting paragraf yang disusun teman

Jenis
Tagihan:
·    tugas  individu
·    kelompok

Bentuk
Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda




6  (2)
·   buku teks yang terkait
·   internet
·   surat kabar
·   majalah
·   buku pelengkap
·   EyD
·   KBBI
Kompetensi
 Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/
Alat
9.3     Menyusun makalah sesuai dengan struktur dan teknik
Makalah
·      unsusr-unsur dan isi setiap unsur makalah
·        Membaca contoh makalah
·        Mengidentifikasi unsusr-unsur makalah yang dibaca
·      Menentukan unsusr-unsur makalah
·      Menentukan isi setiap unsur
Jenis
Tagihan:
·    tugas  individu
4
·   contoh makalah
·   buku teks yang terkait
·   internet
        penulisan makalah
·      permasalah yang langkah-langkah
       penulisan makalah
·      langkah-langkah menulis makalah
·        Menentukan permasalah yang akan ditulis
·        Mengumpulkan materi yang terkait dengan permasalahan
·        Membuat kerangka makalah
·        Mengembangkan kerangka menjadi sebuah makalah
·        Membacakan makalah yang disusun
·        Menyunting makalah (secara silang)
·      Menyusun kerangka makalah
·      Menulis/mengembangkan kerangka makalah
·      Menyunting makalah yang disusun teman
Jenis
Tagihan:
·    tugas  individu
·    kelompok

Bentuk
Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
·   lisan

·   surat kabar
·   majalah
·   buku pelengkap
·   KBBI
·   EyD


 
SILABUS

Nama Sekolah                       :  MAN Model
Mata Pelajaran                       :  Bahasa Indonesia
Kelas/Program                      :  XI/Bahasa
Semester                                :  2
Standar Kompetensi            : Kebahasaan
                                                  10. Menguasai berbagai  komponen kebahasaan  dalam berbahasa lisan dan tulis

Kompetensi
 Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/
Alat
10.1     Menggunakan berbagai jenis kalimat secara pragmatik 

Jenis kalimat secara pragmatik
·         kalimat yang menyatakan persetujuan/tidak setuju
·         kalimat yang menyatakan penolakan/ sanggahan
·         kalimat yang bertujuan menginformasikan sesuatu
·         kalimat yang digunakan untuk menanyakan sesuatu
·         kalimat agar pihak kedua melakukan sesuatu
·         kalimat yang menyatakan harapan, imbauan, pengandaian 



·         Membaca teks
·         Mengidentifikasi berbagai jenis kalimat pragmatis
·         Mengidentifikasi berbagai jenis kalimat pragmatis
·         Menggunakan berbagai jenis kalimat pragmatis dalam konteks wacana
·         Menyunting kalimat yang ditulis teman

·         Menentukan kalimat yang menyatakan persetujuan/tidak setuju
·         Menentukan kalimat yang menyatakan penolakan/ sanggahan
·         Menentukan kalimat yang bertujuan menginformasikan sesuatu
·         Menentukan kalimat yang digunakan untuk menanyakan sesuatu
·         Menentukan  kalimat yang menyakan agar pihak kedua melakukan sesuatu
·         Menentukan kalimat yang menyatakan harapan,
       imbauan, pengandaian dsb
·         Menggunakan berbagai jenis kalimat secara pragmatik dalam konteks wacana
·         Menyunting berbagai kalimat yang digunakan
Jenis
Tagihan:
·    tugas  individu
·    kelompok

Bentuk
Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
·   lisan
6
·   buku teks yang terkait
·   internet
·   surat kabar
·   majalah
·   buku pelengkap
·   Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia
·   EyD
·   KBBI
Kompetensi
 Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/
Alat
10.2    Mengidentifi-kasi perubahan, pergeseran 
Berbagai perubahan makna
·      pengertian
·         Membaca teks
·         Mengidentifikasi berbagai kata yang mengalami perubahan/pergeseran makna
·         Membedakan kata-kata yang bersinonim, berantonim, berhomonim, berhomograf,
Jenis
Tagihan:
·   Tugas 
6
·   Buku teks yang terkait
·   Internet
makna kata,  dan hubungan makna kata
 (menyempit, ameliorasi, peyorsi, sinestesia)
·      makna kata
·      relasi makna
-    pengertian
·      jenis (homonim, sinonim, antonim, hiponim,  polisemi
·      makna kata
·         Mengidentifikasi berbagai kata yang mengalami relasi makna
·         Menggunakan yang mengalami perubahan/pergeseran dan relasi makna dalam teks
·         Menyunting penggunaan kata
        berhomofon, berhiponim, dan berpolisemi
·         Membedakan kata-kata yang mengalami peyorasi dan ameliorasi, perluasan dan penyempitan makna
·         Menggunakan dalam paragraf atau kalimat
·    individu
·    kelompok
Bentuk
Instrumen:
·   Uraian bebas
·   pilihan ganda
lisan

·   surat kabar
·   majalah
·   buku pelengkap
10.3    Menganalisis wacana lengkap, baik lisan maupun tulis

Berbagai jenis wacana
·         Berbagai jenis wacana (jurnalistik, sastra, ilmiah, dan lain-lain)
·         Pengorganisasian wacana
·         Penentuan kekohesian dan kekoherenan dan kelengkapan wacana
·         Membaca berbagai jenis wacana (jurnalistik, sastra, ilmiah, dan lain-lain)
·         Mengidentifikasi berbagai jenis wacana (jurnalistik, sastra, ilmiah, dan lain-lain)
·         Mengorganisasikan wacana
·         Menentukan kekohesian dan kekoherenan wacana secara utuh
·         Menentukan  kelengkapan wacana
·         Menyunting wacana


·         Mengidentifikasi berbagai jenis wacana (jurnalistik, sastra, ilmiah, dan lain-lain)
·         Mengorganisasikan wacana
·         Menentukan kekohesian dan kekoherenan wacana secara utuh
·         Menentukan  kelengkapan wacana
·         Menyunting wacana

Jenis
Tagihan:
·    Tugas  Individu
·    Kelompok
Bentuk
Instrumen:
·   Uraian bebas
·   Pilihan ganda
·   Lisan
4
·   buku teks yang terkait
·   internet
·   surat kabar
·   majalah
·   buku pelengkap
·   Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia
·   EyD
·   KBBI
10.4  Menggu nakan berbagai ragam bahasa sesuai konteks dan situasi 
·      Ragam bahasa
·      Contoh ragam bahasa sesuai konteks
·   Mendengarkan berbagai berbagai ragam bahasa
·   Membedakan berbagai ragam bahasa
·   Menggunakan berbagai  ragam bahasa sesuai dengan konteks dan situasi (pragmatik)
·   Menanggapi penggunaan ragam bahasa
·         Membedakan berbagai ragam bahasa
·         Menggunakan berbagai  ragam bahasa sesuai dengan konteks dan situasi (pragmatik)
Jenis
Tagihan:
·    tugas  individu
·    kelompok
Bentuk
Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
·   lisan
4
·   buku teks yang terkait
·   internet
·   surat kabar
·   majalah
·   buku pelengkap
·   Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia
·   EyD
·   KBBI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar