SILABUS
KELAS X SEMESTER 1
Nama Sekolah :
MAN Model
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas :
X
Semester :
1
Standar Kompetensi :
Mendengarkan
1. Memahami
siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
1.1 Menanggapi siaran atau
informasi dari media elektronik
(berita dan nonberita).
|
Siaran
(langsung) dari radio/ televisi, teks yang dibacakan, atau rekaman berita/
nonberita.
·
Pokok-pokok
isi berita.
·
Penangapan
isi berita.
|
· Mendengarkan berita tentang bencana alam (misal: Gunung Merapi
Yogyakarta, gempa dan tsunami Aceh)*
· Menuliskan isi
berita dalam beberapa kalimat.
· Menyampaikan secara
lisan isi berita.
· Mendiskusikan isi
berita.
|
· Menuliskan isi siaran radio/ televisi dalam beberapa kalimat dengan
urutan yang runtut dan mudah dipahami.
·
Menyampaikan secara
lisan isi berita yang telah ditulis
secara runtut dan jelas.
· Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar
(menyetujui, menolak, menambahkan pendapat).
|
Jenis Tagihan:
·
tugas individu
·
tugas kelompok
·
ulangan
Bentuk Instrumen:
·
unjuk kerja
·
format pengamatan
·
uraian bebas
·
pilihan ganda
·
isian singkat
|
4
|
radio/ tape/
televisi/
kaset/ rekaman
|
1.2 Mengidentifi kasi unsur sastra (intrinsik, ekstrinsik) cerita secara langsung/ melalui rekaman.
|
Rekaman cerita, tuturan langsung unsur intrinsik (tema, alur, konflik, penokohan, sudut pandang, amanat)
·
unsur ekstrinsik
(agama, politik, sejarah, budaya)
|
· Mendengarkan cerita daerah tertentu (misalnya: Si Kabayan, Roro
Jonggrang, Malin Kundang)*
· Mengidentifikasi
unsur intrinsik dan ekstrinsik.
· Menyampaikan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik.
· Diskusi dan tanya
jawab.
|
· Menyampaikan unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, konflik, amanat,
dll)
· Menyampaikan unsur-unsur ekstrinsik (nilai moral, kebudayaan, agama, dll)
Menanggapi
unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman.
|
Jenis Tagihan:
·
tugas individu
·
ulangan
Bentuk Instrumen:
·
uraian bebas
·
pilihan ganda
·
isian singkat
|
4
|
kaset rekaman cerita
buku cerita
|
SILABUS
Nama Sekolah :
MAN Model
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas :
X
Semester :
1
Standar Kompetensi :
Berbicara
2. Mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
2.1 Memperkenal-kan diri dan orang lain di dalam forum resmi dengan intonasi yang tepat.
|
Contoh kalimat
untuk memperkenalkan diri dan orang lain di dalam forum resmi.
· penggunaan sapaan
· penggunaan diksi
· penggunaan struktur
kalimat
|
· Mengamati moderator
atau pembawa acara dalam diskusi atau
suatu kegiatan langsung atau tak langsung langsung (dilakukan di rumah, di
kelas, atau di luar kelas).
·
Berperan sebagai moderator atau pembawa acara untuk memperkenalkan diri
sendiri dan pembicara dalam diskusi.
·
Menanggapi kekurangan pada pengucapan kalimat perkenalan.
|
· Mengucapkan kalimat perkenalan (misalnya, sebagai moderator atau pembawa
acara) dengan lancar dan intonasi yang tidak monoton.
·
Menggunakan diksi
(pilihan kata) yang tepat.
·
Menanggapi kekurangan
yang terdapat pada pengucapan kalimat perkenalan oleh teman.
·
Memperbaiki pengucapan
kalimat yang kurang sesuai.
|
Jenis Tagihan:
·
tugas individu
Bentuk Instrumen:
·
unjuk kerja
·
format pengamatan
|
4
|
buku teks yang terkait
media cetak/ elektronik
tuturan langsung
|
2.2 Mendisku-sikan
masalah (yang ditemukan dari berbagai berita, artikel, atau buku)
|
Teks berita,
artikel, buku yang berisi informasi aktual (misalnya: AIDS/HIV, SARS, dll)
· penentuan masalah
dalam berita
·
daftar kata sulit dan
maknanya
|
· Mencari artikel, atau buku yang berhubungan
dengan lingkungan daerah
masing-masing (misalnya: polio, SARS, atau bencana alam di daerah setempat)*
· Membaca berita, artikel atau buku
·
Mengidentifikasi masalah dalam artikel
·
Mendiskusikan masalah
·
Melaporkan hasil diskusi
|
·
Mencatat masalah dari
berbagai sumber
· Menanggapi masalah dalam berita, artikel, dan buku
· Mengajukan saran dan pemecahan terhadap masalah yang disampaikan
· Mendaftar kata-kata sulit dalam teks bacaan
· membahas maknanya
|
Jenis Tagihan:
·
praktik
·
tugas kelompok
Bentuk Instrumen:
·
unjuk kerja
·
format pengamatan
|
4
|
media massa/ koran/ majalah/ internet
|
2.3 Menceritakan
berbagai
pengalaman
dengan
pilihan
kata
dan
ekspresi yang
tepat
|
Cerita pengalaman (yang lucu, menggembirakan, mengharukan, dsb)
· penggunaan diksi
(pilihan kata)
· penggunaan
intonasi,
jeda, dan
ekspresi
|
· Secara bergiliran siswa bercerita pengalaman pribadi (yang lucu, menyenangkan, atau mengharukan)* dengan
menggunakan:
- pilihan
kata dan ekspresi secara tepat.
- Menggunakan kosakata sesuai
dengan situasi dan konteks.
·
Membahas pengalaman
yang diceritakan
|
·
Menyampaikan secara
lisan pengalaman pribadi (yang lucu, menyenangkan, mengharukan, dsb) dengan
pilihan kata dan ekspresi yang tepat
·
Menanggapi
pengalaman pribadi yang disampaikan
|
Jenis Tagihan:
·
praktik
·
tugas individu
Bentuk Instrumen:
·
unjuk kerja
·
format pengamatan
|
4
|
buku cerita lucu/ kaset cerita
pengalam=an lang-sung
|
SILABUS
Nama Sekolah :
MAN Model
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas :
X
Semester :
1
Standar Kompetensi :
Membaca
3. Memahami berbagai teks bacaan nonsastra dengan
berbagai teknik membaca
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
3.1 Menemukan
ide pokok berbagai teks
nonsastra dengan teknik membaca cepat
(250 kata/menit)
|
Membaca cepat
·
teks
nonsastra
·
teknik membaca cepat
·
rumus
membaca cepat
·
fungsi
membaca cepat
|
· Membaca cepat teks tentang kesenian daerah (lenong, wayang golek,
ketoprak, dll)
· Menemukan ide pokok paragraf dalam teks
· Membuat ringkasan isi teks dalam beberapa kalimat.
· Membahas ide pokok dan ringkasan isi
|
·
Membaca cepat teks
dengan kecepatan 250 kata/menit
·
Menemukan
ide pokok
paragraf dalam teks
·
Membuat ringkasan isi teks
dalam beberapa kalimat yang runtut
|
Jenis Tagihan:
·
tugas individu
·
ulangan
·
praktik
Bentuk Tagihan:
·
uraian bebas
·
pilihan ganda
|
4
|
media massa/ koran/ majalah/ internet
buku yang berkaitan dengan budaya setempat
|
3.2 Mengidentifi-kasi ide pokok teks nonsastra dari berbagai
sumber melalui teknik membaca ekstensif
|
Teks
nonsastra dari berbagai sumber
· ide pokok tiap
paragraf
· ide pokok dari
berbagai sumber
· fakta dan opini
· ringkasan isi
|
·
Membaca teks berita/
artikel (lenong, wayang golek, ketoprak, randai, dll)*
·
Mengidentifikasi ide
pokok tiap paragraf
·
Menuliskan kembali isi
bacaan secara ringkas
·
Mendiskusikan ide
pokok dan ringkasan isi
|
· Mengidentifikasi
ide
pokok tiap paragraf
· Menuliskan kembali isi bacaan
secara ringkas dalam beberapa kalimat
·
Mengidentifikasi fakta dan pendapat
|
Jenis Tagihan:
·
tugas kelompok
·
tugas individu
·
ulangan
Bentuk Instrumen:
·
uraian bebas
·
pilihan ganda
|
4
|
media massa/ koran/ majalah/ internet
|
SILABUS
Nama Sekolah :
MAN Model
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas :
X
Semester :
1
Standar Kompetensi : Menulis
4. Mengungkapkan informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif,
deskriptif, ekspositif)
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
4.1 Menulis gagasan dengan
menggunakan pola urutan waktu dan tempat dalam bentuk paragraf naratif
|
Paragraf naratif
· contoh paragraf naratif
· pola pengembangan paragraf naratif (urutan
waktu, tempat)
· ciri/ karakteristik paragraf naratif
· kerangka paragraf naratif
· penggunaan kata ulang dalam paragraf naratif
|
· Membaca paragraf naratif.
· Mengidentifikasi struktur paragraf naratif
·
Menulis paragraf
naratif
· Menggunakan kata
ulang dalam paragraf naratif
· Menyunting paragraf
naratif yang ditulis teman
·
Mendiskusikan paragraf naratif
|
·
Mendaftar topik-topik
yang dapat dikembangkan menjadi paragraf naratif
·
Menyusun kerangka
paragraf naratif berdasarkan kronologi waktu dan peristiwa
·
Mengembangkan kerangka
yang telah dibuat menjadi paragraf naratif
·
Menyunting paragraf
naratif yang ditulis teman berdasarkan
kronologi, waktu, peristiwa, dan EYD
·
Menggunakan
kata ulang dalam paragraf naratif
|
Jenis Tagihan:
·
tugas Individu
·
praktik
·
ulangan
Bentuk Instrumen:
·
uraian bebas
·
pilihan ganda
|
4
|
buku teks yang terkait dengan naratif
buku EyD
|
4.2 Menulis
hasil observasi dalam bentuk paragraf
deskriptif
|
Paragraf
deskriptif
· contoh paragraf
deskriptif
· pola pengembang-an
paragraf deskriptif
· ciri/ karakteristik
· paragraf deskriptif
· kerangka paragraf
deskriptif
· contoh pengguna-an
frasa ajektif dalam paragraf deskriptif
|
·
Membaca paragraf
deskriptif
·
Mengidentifikasi
karakteristik paragraf deskriptif
· Menulis paragraf deskriptif
·
Menggunakan frasa
ajektif dalam paragraf deskriptif
· Menyunting paragraf
deskriptif yang ditulis teman
· Mendiskusikan
paragraf deskriptif
|
· Mendaftar topik-
topik yang dapat dikembangkan menjadi
paragraf deskriptif berdasarkan hasil pengamatan
· Menyusun kerangka paragraf deskriptif
· Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf
deskriptif
· Menggunakan frasa ajektif dalam paragraf deskriptif
· Menyunting paragraf
deskriptif yang ditulis teman
|
Jenis Tagihan:
·
tugas individu
·
praktik
·
ulangan
Bentuk Instrumen:
·
uraian bebas
·
pilihan ganda
|
4
|
buku yang terkait dengan deskripsi
buku EyD
|
4.3 Menulis
gagasan secara logis dan sistematis dalam bentuk ragam paragraf ekspositif
|
Paragraf
ekspositif
· contoh paragraf
ekspositif
· pola pengembangan
paragraf ekspositif
· contoh penggunaan
kata berimbuhan dalam paragraf ekspositif
· penggunaan kata
penghubung dalam paragraf
|
·
Membaca paragraf
ekspositif
·
Mengidentifikasi karekteristik paragraf ekspositif
·
Menulis
paragraf ekspositif dengan kata penghubung yang tepat
·
Mengidentifikasi
kata berimbuhan dalam paragraf ekspositif
·
Menyunting
paragraf ekspositif teman
·
Mendiskusikan
paragraf eksposistif
|
·
Mendaftar topik- topik
yang dapat dikembangkan menjadi paragraf ekspositif
·
Menyusun kerangka
paragraf ekspositif
·
Mengembangkan kerangka
yang telah disusun dengan kata penghubung yang tepat
· Mengidentifikasi
kata berimbuhan dalam paragraf ekspositif
·
Menyunting
paragraf ekspositif teman
|
Jenis Tagihan:
·
tugas individu
·
praktik
·
ulangan
Bentuk Instrumen:
·
uraian bebas
·
pilihan ganda
|
4
|
buku yang terkait dengan eksposisi
buku EYD
|
SILABUS
Nama Sekolah :
MAN Model
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas :
X
Semester :
1
Standar Kompetensi : Mendengarkan
5. Memahami puisi yang
disampaikan secara langsung/ tidak langsung
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
5.1 Mengidentifikasi unsur-unsur bentuk suatu puisi yang disampaikan secara
langsung ataupun melalui rekaman
|
Rekaman puisi atau pembacaan langsung
· majas,
· irama
· kata-kata konotasi
· Kata-kata bermakna
lambang
|
·
Mendengarkan puisi
·
Mendiskusikan
unsur-unsur bentuk puisi tersebut
· Melaporkan hasil
diskusi
|
· Mengidentifikasi
(majas, rima, kata-kata berkonotasi dan bermakna lambang)
· Menanggapi
unsur-unsur puisi yang ditemukan
·
Mengartikan kata-kata
berkonotasi dan makna lambang
|
Jenis Tagihan:
·
praktik
·
tugas kelompok
·
tugas individu
·
laporan
·
ulangan
Bentuk instrumen:
·
uraian bebas
·
pilihan ganda
|
4
|
rekaman puisi/ tape
puisi yang dibacakan
|
5.2 Mengungkap-
kan isi suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui
rekaman
|
Rekaman puisi yang berjenis tertentu atau yang
dibacakan
·
jenis
puisi
·
isi
puisi
·
tema
·
maksud
puisi
|
·
Mendengarkan puisi
·
Mengidentifikasi jenis
puisi
·
Mendiskusikan isi
puisi
·
Melaporkan
hasil diskusi
|
· Menyebutkan tema
puisi yang didengar
· Menyebutkan jenis
puisi yang didengar (balada, elegi, roman, ode, himne, satire, dll.)
· Menjelaskan maksud
puisi
· Mengungkapkan isi puisi dengan kata-kata sendiri
|
Jenis Tagihan:
·
praktik
·
tugas Kelompok
·
laporan
·
ulangan
Bentuk instrumen:
·
uraian bebas
·
pilihan ganda
|
4
|
rekaman puisi/ tape
puisi yang dibacakan
|
SILABUS
Nama Sekolah :
MAN Model
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas :
X
Semester :
1
Standar Kompetensi : Berbicara
6. Membahas cerita pendek melalui kegiatan diskusi
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
6.1 Mengemuka-
kan hal-hal
yang menarik atau mengesankan dari cerita pendek melalui
kegiatan diskusi
|
Naskah
cerita pendek
· isi cerpen
· hal yang menarik
·
unsur-unsur intrinsik
(tema, penokohan, alur, sudut pandang, latar, amanat)
· penggunaan kalimat langsung/ tidak langsung
|
·
Membaca cerita pendek
· Menceritakan kembali isi cerita pendek yang dibaca dengan
kata-kata sendiri
·
Mengungkapkan hal-hal
yang menarik atau mengesankan dari karya tersebut
·
Mendiskusikan
unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, alur, sudut pandang, latar , amanat)
cerita pendek yang dibaca
·
Melaporkan hasil
diskusi
·
Mengidentifikasi
kalimat langsung dan tidak langsung
|
· Menceritakan kembali isi cerita pendek yang dibaca dengan kata-kata
sendiri
·
Mengungkapkan hal-hal
yang menarik atau mengesankan
·
Mendiskusikan
unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, alur, sudut pandang, latar, amanat)
cerita pendek yang dibaca.
·
Mengidentifikasi
kalimat langsung dan tidak langsung dalam cerpen
|
Jenis Tagihan:
·
praktik
·
tugas individu
·
tugas kelompok
Bentuk instrumen:
·
unjuk kerja
·
format pengamatan
·
uraian bebas
|
4
|
buku kumpulan cerpen/
media massa/ internet
|
6.2 Menemukan nilai-nilai cerita pendek melalui kegiatan diskusi
|
Naskah
cerita pendek
· nilai budaya
· nilai moral
· nilai agama
· nilai politik
|
·
Membaca cerita pendek
·
Mendiskusikan
nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen
·
Melaporkan
hasil diskusi
|
·
Menemukan nilai-nilai
dalam cerpen
·
Membandingkan
nilai-nilai yang terdapat dalam cerita pendek dengan kehidupan sehari-hari
·
Mendiskusikan
nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen
|
Jenis Tagihan:
·
tugas Kelompok
·
laporan
·
praktik
Bentuk instrumen:
·
unjuk kerja
·
uraian bebas
|
4
|
buku kumpulan cerpen/
media massa/ internet
|
SILABUS
Nama Sekolah : MAN Model
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas :
X
Semester :
1
Standar Kompetensi :
Membaca
7. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi
dan cerpen
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
7.1 Membacakan puisi dengan lafal,
nada, tekanan, dan intonasi yang tepat
|
Puisi
·
lafal
·
tekanan
·
intonasi
·
jeda
·
pemenggalan
kata, frasa
|
·
Membacakan puisi dengan memerhatikan lafal, tekanan,
dan intonasi yang sesuai dengan isi puisi
·
Membahas pembacaan
puisi berdasarkan lafal, tekanan, dan intonasi
·
Memberi saran
perbaikan pembacaan puisi yang kurang tepat
|
·
Membaca puisi dengan memerhatikan lafal, tekanan,
dan intonasi yang sesuai dengan isi puisi
·
Membahas pembacaan
puisi berdasarkan lafal, tekanan, dan intonasi
·
Memberi saran
perbaikan pembacaan puisi yang kurang tepat
|
Jenis Tagihan:
·
praktik
·
tugas individu
·
tugas kelompok
Bentuk Instrumen:
·
unjuk kerja
·
format pengamatan
|
4
|
buku kumpulan puisi/ internet/
media massa
|
7.2 Menganalisis keterkaitan unsur intrinsik suatu cerpen dengan kehidupan sehari-hari
|
Naskah
cerpen
· unsur intrinsik
(tema, penokohan, dan amanat)
|
·
Membaca cerpen
· Mengidentifikasi unsur-unsur (tema, penokohan, dan amanat) cerita pendek yang telah dibaca
· Mengaitkan unsur intrinsik (tema, penokohan, dan amanat) dengan kehidupan
sehari-hari
|
·
Mengidentifikasi
unsur-unsur (tema, penokohan, dan amanat)
cerita pendek yang telah dibaca
·
Mengaitkan unsur
intrinsik (tema, penokohan, dan amanat) dengan kehidupan sehari-hari
|
Jenis Tagihan:
·
tugas Individu
·
tugas kelompok
·
ulangan
Bentuk Instrumen:
·
uraian bebas
·
pilihan ganda
·
jawaban singkat
|
4
|
buku kumpulan cerpen/
media massa/ internet
|
SILABUS
Nama Sekolah :
MAN Model
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas :
X
Semester :
1
Standar Kompetensi : Menulis
8.
Mengungkapkan pikiran, dan perasaan melalui kegiatan menulis puisi
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
8.1 Menulis puisi
lama dengan memerhatikan bait, irama, dan rima
|
Contoh puisi lama
(pantun, syair)
· bait
· irama
· rima
· perbedaan pantun
dengan syair
|
·
Membaca puisi lama
(pantun, syair)
· Mengidentifikasi puisi lama (pantun, syair) berdasarkan bait, irama, dan
rima
· Menulis pantun/
syair dengan memerhatikan bait, irama, dan rima
· Menyunting puisi lama (pantun/ syair) yang dibuat teman
|
·
Mengidentifikasi puisi
lama (pantun, syair) berdasarkan bait, irama, dan rima
·
Membedakan
bentuk pantun dan syair
·
Menulis
pantun/ syair dengan memerhatikan bait, irama, dan rima
·
Menyunting puisi lama
(pantun/syair) yang dibuat teman
|
Jenis Tagihan:
·
tugas individu
·
produk
Bentuk Instrumen:
·
uraian bebas
|
4
|
buku kumpulan puisi lama
Internet/ media massa
|
8.2 Menulis puisi baru dengan memerhatikan bait,
irama, dan rima
|
Contoh
puisi baru
· ciri-ciri puisi baru
· bait
· rima
· irama
|
·
Membaca puisi baru
· Mengidentifikasi
puisi baru berdasarkan bait, irama,
dan rima
· Menulis puisi baru
dengan memerhatikan bait, irama, dan rima
· Menyunting puisi
baru yang dibuat teman
|
·
Mengidentifikasi
puisi baru berdasarkan bait, irama, dan rima
·
Menulis
puisi baru dengan memerhatikan bait, irama, dan rima
·
Menyunting
puisi baru yang dibuat teman
|
Jenis Tagihan:
·
tugas individu
·
produk
Bentuk Instrumen:
·
uraian bebas
·
pilihan ganda
|
4
|
buku kumpulan puisi/
internet/ media massa
|
SILABUS
KELAS X SEMESTER 2
Nama Sekolah :
MAN Model
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas :
X
Semester :
2
Standar Kompetensi :
Mendengarkan
9. Memahami informasi melalui tuturan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
9.1. Menyimpulkan
isi informasi yang
disampaikan melalui tuturan langsung
|
Informasi dari tuturan langsung tentang topik
tertentu
· pokok-pokok isi informasi
|
·
Mendengarkan informasi
tuturan langsung (misalnya tentang transportasi : andong, delman, bajaj,
dll.)*
· Menyimpulkan isi informasi dengan urutan yang runtut dan mudah
dipahami.
· Menyampaikan secara lisan isi informasi yang telah ditulis
· Mendiskusikan isi
informasi
|
·
Mencatat
pokok-pokok isi informasi yang
disampaikan melalui tuturan langsung
· Menyimpulkan isi informasi dengan urutan yang runtut dan
mudah dipahami.
· Menyampaikan secara
lisan isi informasi yang telah ditulis
secara runtut dan jelas
|
Jenis Tagihan:
·
pertanyaan lisan
·
tugas individu
Bentuk Instrumen:
·
jawaban singkat
·
unjuk kerja
·
format pengamatan
|
2
|
narasumber/
televisi/ radio/
|
9.2. Menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui tuturan tidak langsung (rekaman atau
teks yang dibacakan)
|
Rekaman
Informasi atau teks yang dibacakan
·
pokok-pokok
isi informasi
·
simpulan
informasi
|
·
Mendengarkan informasi
rekaman atau teks yang dibacakan *
·
Menyimpulkan isi
informasi dengan runtut dan mudah dipahami
· Menyampaikan secara lisan isi informasi
|
·
Mencatat pokok
isi informasi rekaman atau teks yang
dibacakan
·
Menyampaikan secara lisan isi informasi secara runtut dan jelas
·
Menyimpulkan isi
informasi yang didengar
|
Jenis Tagihan :
·
pertanyaan lisan
·
bentuk intrumen
·
jawaban singkat
|
2
|
rekaman informasi/ teks yang dibacakan
|
SILABUS
Nama Sekolah :
MAN Model
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas :
X
Semester :
2
Standar Kompetensi :
Berbicara
10.Mengungkapkan komentar terhadap informasi dari berbagai
sumber
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
|
10.1 Memberikan kritik terhadap informasi dari media cetak dan atau
elektronik
|
·
Artikel dalam media
cetak atau internet yang menjadi
bahan perdebatan umum (misalnya: kenaikan harga BBM atau berita terorisme)
·
Kata kunci (saya
kurang sependapat karena..., ) untuk
menyampaikan kritik atau dukungan terhadap
suatu pendapat atau gagasan
|
·
Membaca artikel
· Mendiskusikan persoalan yang menjadi perdebatan umum di masyarakat (apa
isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar
belakang, dsb.)
· Memberikan kritik
dengan disertai alasan
|
· Mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya
· Merumuskan pokok
persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya, siapa
yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dsb)
· Memberikan kritik
dengan disertai alasan
|
Jenis Tagihan:
·
praktik
·
tugas kelompok
Bentuk Instrumen:
·
unjuk kerja
·
format pengamatan
|
4
|
artikel dari media cetak/ internet
|
|
10.2 Memberikan persetujuan/
dukungan terhadap artikel yang terdapat dalam media
cetak dan atau elektronik
|
·
Artikel dalam media
cetak atau internet yang menjadi
bahan perdebatan umum (misalnya: kenaikan harga BBM atau berita terorisme)
·
Kata kunci (saya
sependapat karena...) untuk menyampaikan dukungan terhadap suatu pendapat atau gagasan
|
·
Membaca artikel
· Mendiskusikan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di
masyarakat (apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang
menjadi latar belakangnya, dsb)
· Memberikan persetujuan/ dukungan dengan bukti pendukung (disertai dengan
alasan)
|
· Mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya
· Merumuskan pokok
persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya, siapa
yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dsb)
· Memberikan persetujuan/ dukungan dengan bukti pendukung (disertai dengan
alasan)
|
Jenis Tagihan:
·
praktik
·
tugas kelompok
Bentuk Instrumen:
·
unjuk kerja
·
format pengamatan
|
4
|
artikel dari media cetak/ internet
|
SILABUS
Nama Sekolah :
MAN Model
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas :
X
Semester :
2
Standar Kompetensi :
Membaca
11. Memahami ragam wacana tulis
dengan membaca memindai
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
11.1
Merangkum seluruh isi informasi
teks
buku ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai
|
Buku
yang memuat daftar isi
· pokok isi informasi
· rangkuman isi buku
· klausa
|
·
Membaca daftar isi
buku
·
Menentukan salah satu
bab dalam daftar isi buku yang merujuk
ke halaman
· Membaca informasi yang terdapat pada halaman tertentu sesuai dengan yang
dirujuk pada daftar isi
· Merangkum seluruh isi informasi (yang diperoleh dari halaman bab
tertentu) ke dalam beberapa kalimat
·
Mendiskusikan
rangkuman isi
·
Mengidentifikasi
klausa dalam teks buku
|
·
Mencatat pokok-pokok
isi informasi pada halaman bab tertentu
yang dirujuk
·
Merangkum seluruh isi
informasi (yang diperoleh dari halaman
bab tertentu) ke dalam beberapa kalimat
·
Membahas rangkuman
yang telah dibuat
·
Mengidentifikasi
klausa dalam teks buku
|
Jenis Tagihan:
·
tugas individu
·
laporan
Bentuk Instrumen:
·
uraian bebas
|
4
|
buku yang memuat daftar isi
buku yang terkait dengan tata bahasa
|
11.2 Merangkum seluruh isi informasi dari suatu tabel
dan atau grafik ke dalam beberapa kalimat
dengan membaca memindai
|
·
teks / bacaan yang
berisi tabel atau grafik
·
isi
tabel/ grafik
·
merangkum
tabel/ grafik
|
·
Membaca teks yang
berisi tabel atau grafik
· Mengungkapkan (secara lisan atau tertulis) isi tabel/ grafik yang
terdapat dalam bacaan ke dalam beberapa kalimat
·
Menyimpulkan
isi tabel/ grafik
|
· Mengungkapkan (secara lisan atau tertulis) isi tabel/ grafik yang
terdapat dalam bacaan ke dalam beberapa kalimat
· Merangkum isi
informasi dari suatu tabel/ grafik
|
Jenis Tagihan:
·
ulangan
·
tugas kelompok
Bentuk Instrumen:
·
uraian bebas
·
pilihan ganda
|
2
|
media cetak/ internet
|
SILABUS
Nama Sekolah :
MAN Model
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas :
X
Semester :
2
Standar
Kompetensi : Menulis
12. Mengungkapkan informasi melalui penulisan
paragraf dan teks pidato
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
12.1 Menulis gagasan untuk mendukung
suatu pendapat dalam bentuk paragraf argumentatif
|
Contoh paragraf argumentatif
· ciri-ciri paragraf
argumentatif
· topik paragraf
argumentatif
· kerangka paragraf
argumentatif
· penggunaan kata penghubung dalam paragraf argumentatif
|
·
Membaca paragraf
argumentatif
· Mengidentifikasi karekteristik
paragraf argumentatif
· Menulis paragraf
argumentatif
· Menggunakan kata
penghubung antarkalimat (oleh karena itu dengan demikian, oleh sebab itu,
dll) dalam paragraf argumentatif
· Menyunting paragraf
argumentatif yang ditulis teman
|
·
Mendaftar topik-topik
pendapat yang dapat dikembangkan menjadi
paragraf argumentatif
·
Menyusun kerangka
paragraf argumentatif
·
Mengembangkan kerangka
yang telah disusun menjadi paragraf
argumentatif
·
Menggunakan kata
penghubung antarkalimat (oleh karena itu dengan demikian, oleh sebab itu,
dll) dalam paragraf argumentatif
· Menyunting paragraf
argumentatif yang ditulis teman
|
Jenis Tagihan:
· tugas Individu
· praktik
Bentuk Instrumen:
·
uraian bebas
·
pilihan ganda
|
4
|
buku yang berkaitan
dengan argumentasi
buku yang terkait
denga tata bahasa
|
12.2 Menulis gagasan untuk
meyakinkan atau mengajak pembaca bersikap atau melakukan sesuatu dalam bentuk
paragraf persuasif
|
Contoh paragraf
persuasif
· ciri-ciri paragraf
persuasif
· topik-topik paragraf persuasif
· kerangka paragraf
persuasif
· penggunaan kata penghubung antarklausa dalam paragraf persuasif
|
·
Membaca paragraf
persuasif
· Mengidentifikasi karekteristik paragraf persuasif
· Menulis paragraf
persuasif
· Menggunakan kata
penghubung antarkalimat (oleh karena itu, dengan demikian, oleh sebab itu,
dll)dalam paragraf persuasif
· Menyunting paragraf
argumentatif yang ditulis teman
|
· Mendaftar topik-
topik yang dapat dikembangkan menjadi
paragraf argumentatif berdasarkan hasil penelitian
·
Menyusun kerangka
paragraf persuasif
·
Mengembangkan kerangka
yang telah disusun menjadi paragraf
persuasif
·
Menggunakan kata
penghubung antarklausa (karena, jika, kalau, seperti, dll.)dalam paragraf
persuasif
·
Menyunting paragraf
persuasif yang ditulis teman
|
Jenis Tagihan:
·
tugas individu
Bentuk Instrumen:
·
uraian bebas
·
pilihan ganda
|
4
|
buku yang berkaitan
dengan argumen-tasi
buku yang terkait
dengan tata bahasa
|
12.3 Menulis hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan menggunakan ejaan yang
tepat
|
Informasi
dari narasumber
·
topik wawancara
·
daftar pertanyaan
· pokok-pokok isi
wawancara
· penggunaan ejaan
dan tanda baca
|
·
Memilih narasumber untuk diwawancarai*
·
Menyusun daftar pertanyaan dengan memerhatikan
kelengkapan isi (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana)
·
Melakukan wawancara dengan narasumber
·
Mencatat pokok-pokok
informasi yang diperoleh dari wawancara
·
Menuliskan hasil
wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan ejaan dan tanda baca yang benar
|
·
Menentukan topik
·
Menyusun daftar pertanyaan dengan memerhatikan
kelengkapan isi (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana)
·
Mencatat pokok-pokok
informasi yang diperoleh dari wawancara
·
Menuliskan hasil
wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan ejaan dan tanda baca yang benar
|
Jenis Tagihan:
·
tugas kelompok
·
laporan
Bentuk Instrumen:
·
uraian bebas
·
pilihan ganda
|
4
|
buku pedoman wawancara
|
12.4 Menyusun
teks pidato
|
Kalimat pembuka,
isi, penutup
·
syarat-syarat topik
·
sumber topik
· kerangka teks
pidato
· penggunaan bahasa
dalam teks pidato
|
· Menentukan topik
dan tujuan
·
Menyusun kerangka pidato
·
Menyusun teks pidato berdasarkan kerangka dengan
menggunakan kalimat yang mudah dipahami
·
Menyunting teks pidato tulisan teman
|
·
Menyusun teks pidato
berdasarkan kerangka dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami
·
Menyunting teks pidato tulisan teman
|
Jenis Tagihan:
·
tugas individu
Bentuk Instrumen:
·
uraian bebas
|
4
|
buku yang berkaitan dengan pidato
buku EyD
|
SILABUS
Nama Sekolah : MAN Model
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : X
Semester : 2
Standar Kompetensi :
Mendengarkan
13. Memahami cerita rakyat yang
dituturkan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
13.1 Menemukan hal-hal yang menarik
tentang tokoh cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau melalui
rekaman
|
Rekaman cerita rakyat atau yang disampaikan secara langsung
· ciri-ciri cerita
rakyat
· unsur-unsur
intrinsik (tema, penokohan, latar, alur, sudut pandang)
· nilai-nilai (budaya, moral, agama)
· cara membuat
sinopsis
· hal-hal yang menarik
tentang tokoh
|
·
Mendengarkan rekaman
cerita rakyat (penuturan cerita sesuai dengan daerah setempat)*
·
Mengidentifikasi
karakteristik cerita rakyat yang didengarkan
·
Menemukan hal-hal yang
menarik tentang tokoh cerita rakyat
·
Mengutarakan secara
lisan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan memerhatikan pelafalan kata, dan
kalimat yang tepat
·
Membandingkan
nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan
menggunakan kalimat yang efektif.
·
Mengungkapkan kembali
cerita rakyat dalam bentuk sinopsis
|
·
Mengidentifikasi
karakteristik cerita rakyat yang didengarkan
·
Menentukan isi dan
atau amanat yang terdapat di dalam cerita rakyat
·
Menemukan hal-hal yang
menarik tentang tokoh cerita rakyat
·
Membandingkan
nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan
menggunakan kalimat yang efektif
·
Mengungkapkan kembali
cerita rakyat dalam bentuk sinopsis
|
Jenis Tagihan:
·
tugas individu
Bentuk Instrumen:
· uraian bebas
· pilihan ganda
|
4
|
rekaman cerita rakyat,
tuturan cerita rakyat
buku cerita rakyat
|
13.2 Menjelaskan hal-hal yang
menarik tentang latar cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan
atau melalui rekaman
|
Rekaman cerita rakyat
atau yang disampaikan secara langsung
· ciri-ciri cerita
rakyat
· unsur-unsur
intrinsik (tema, penokohan, latar, alur, sudut pandang)
· nilai-nilai (budaya, moral, agama)
· cara membuat
sinopsis
· hal-hal yang menarik
tentang latar
|
·
Mendengarkan cerita
rakyat yang disampaikan secara langsung*
·
Mengidentifikasi
karakteristik cerita rakyat yang didengarkan
·
Menemukan hal-hal yang
menarik tentang tokoh cerita rakyat
·
Membandingkan
nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan
menggunakan kalimat yang efektif.
·
Mengungkapkan cerita
rakyat dalam bentuk sinopsis
|
·
Mengidentifikasi
karakteristik cerita rakyat yang didengarkan
·
Menentukan isi dan
atau amanat yang terdapat di dalam cerita rakyat
·
Menemukan hal-hal yang
menarik tentang latar cerita rakyat
·
Membandingkan
nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan
menggunakan kalimat yang efektif
·
Mengungkapkan kembali
cerita rakyat dalam bentuk sinopsis
|
Jenis Tagihan:
·
tugas individu
Bentuk Instrumen:
· uraian bebas
· pilihan ganda
|
4
|
buku cerita rakyat,
tuturan cerita rakyat
|
SILABUS
Nama Sekolah :
MAN Model
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas :
X
Semester :
2
Standar Kompetensi : Berbicara
14. Mengungkapkan pendapat terhadap puisi melalui diskusi
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
14.1 Membahas isi puisi berkenaan
dengan gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi melalui diskusi
|
Puisi
· gambaran
penginderaan
· gambaran perasaan
· gambaran pikiran
· penggambaran
imajinasi
· maksud puisi
|
·
Membaca puisi
· Mendiskusikan isi puisi (gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan
imajinasi)
· Melaporkan hasil
diskusi
· Menanggapi isi
laporan diskusi
|
·
Mendiskusikan isi
puisi (gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi)
· Mendiskusikan maksud/ makna puisi
|
Jenis Tagihan:
·
tugas kelompok
·
tugas individu
Bentuk Instrumen:
·
unjuk kerja
·
format pengamatan
·
uraian bebas
|
4
|
buku kumpulan puisi
buku panduan yang terkait
|
14.2 Menghubungkan isi puisi dengan
realitas alam, sosial budaya, dan masyarakat melalui diskusi
|
Puisi
· hubungan isi dengan
realitas alam
·
hubungan isi puisi
dengan sosial budaya
· hubungan isi puisi
dengan masyarakat
|
·
Membaca puisi
· Mendiskusikan (hubungan isi puisi dengan realitas alam, hubungan isi
puisi dengan sosial budaya, hubungan isi puisi dengan masyarakat)
· Melaporkan hasil
diskusi
· Menanggapi isi
laporan diskusi
|
·
Mendiskusikan
(hubungan isi puisi dengan realitas alam, hubungan isi puisi dengan sosial
budaya, hubungan isi puisi dengan masyarakat)
|
Jenis Tagihan:
·
tugas kelompok
·
tugas individu
Bentuk Instrumen:
·
unjuk kerja
·
format pengamatan
·
uraian bebas
|
4
|
buku kumpulan puisi
buku panduan yang terkait
|
SILABUS
Nama Sekolah :
MAN Model
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas :
X
Semester :
2
Standar Kompetensi : Membaca
15. Memahami sastra Melayu klasik
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
15.1 Mengidentifikasi
karakteristik dan struktur unsur
intrinsik sastra Melayu klasik
|
Karya
sastra Melayu klasik
·
ciri-ciri karya sastra
Melayu klasik
·
unsur-unsur karya
sastra Melayu klasik (tema, alur, latar, penokohan, amanat)
· ringkasan isi karya
sastra Melayu klasik
|
·
Membaca naskah sastra
Melayu klasik *
·
Mengidentifikasi
karakteristik karya sastra Melayu
Klasik
·
Mendiskusikan struktur
(unsur) karya sastra Melayu Klasik
·
Menuliskan secara
ringkas isi karya sastra Melayu klasik dengan bahasa sendiri ke dalam
beberapa paragraf
|
·
Mengidentifikasi
karakteristik karya sastra Melayu
klasik
·
Menentukan struktur
(unsur) karya sastra Melayu klasik
·
Menuliskan secara
ringkas isi karya sastra Melayu klasik dengan bahasa sendiri ke dalam
beberapa paragraf
|
Jenis Tagihan:
·
tugas individu
·
tugas kelompok
·
laporan
Bentuk Instrumen:
·
uraian bebas
·
pilihan ganda
|
4
|
karya sastra Melayu klasik
|
15.2 Menemukan nilai-nilai yang
terkandung di dalam sastra Melayu klasik
|
Naskah
sastra Melayu klasik
· nilai-nilai (budaya, moral, agama)
|
· Mendiskusikan nilai-nilai dalam karya sastra Melayu Klasik *
· Membandingkan nilai-nilai dalam sastra Melayu Klasik dengan nilai-nilai
masa kini
|
·
Menemukan nilai-nilai
dalam karya sastra Melayu Klasik
·
Membandingkan
nilai-nilai dalam sastra Melayu Klasik dengan nilai-nilai masa kini
·
Mengartikan kata-kata
sulit
|
Jenis Tagihan:
·
tugas individu
·
tugas kelompok
Bentuk Instrumen:
·
uraian bebas
·
pilihan ganda
|
2
|
karya satra Melayu klasik
|
SILABUS
Nama Sekolah :
MAN Model
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas :
X
Semester :
2
Standar Kompetensi : Menulis
16. Mengungkapkan
pengalaman diri sendiri dan orang lain ke dalam cerpen
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
16.1 Menulis
karangan berdasarkan kehidupan diri
sendiri dalam cerpen (pelaku,
peristiwa, latar)
|
Contoh cerpen
·
ciri-ciri
cerita pendek
·
syarat
topik cerpen
·
Kerangka
cerita pendek
· unsur-unsur cerpen (pelaku, peristiwa, latar, konflik)
|
· Menulis cerpen
· Membahas cerpen yang
ditulis teman
|
·
Menentukan topik yang
berhubungan dengan kehidupan diri sendiri untuk menulis cerita pendek
·
Menulis kerangka
cerita pendek dengan memerhatikan kronologi waktu dan peristiwa
·
Mengembangkan kerangka
yang telah dibuat dalam bentuk cerpen
(pelaku, peristiwa, latar, konflik) dengan memerhatikan pilihan kata, tanda
baca, dan ejaan.
|
JenisTagihan:
·
tugas individu
Bentuk Instrumen:
·
uraian bebas
|
4
|
buku kumpulan cerpen
|
16.2 Menulis karangan berdasarkan pengalaman orang lain dalam cerpen (pelaku, peristiwa, latar)
|
Contoh cerpen
·
ciri-ciri
cerita pendek
·
syarat
topik cerpen
·
kerangka
cerita pendek
· unsur-unsur cerpen (pelaku, peristiwa, latar, konflik)
|
· Menulis cerpen
· Membahas cerpen yang
ditulis teman
|
·
Menentukan topik yang
berhubungan dengan pengalaman orang lain untuk menulis cerita pendek
·
Menulis
kerangka cerita pendek dengan memerhatikan
pelaku, peristiwa, latar
·
Mengembangkan kerangka
yang telah dibuat dalam bentuk cerpen
(pelaku, peristiwa, latar) dengan memerhatikan pilihan kata, tanda baca, dan
ejaan.
|
Jenis Tagihan:
·
tugas individu
Bentuk Instrumen:
·
uraian bebas
|
4
|
buku kumpulan cerpen
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar