SILABUS
KELAS XII SEMESTER 1
Nama Sekolah :
SMA ...
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas :
XII
Semester : 1
Standar Kompetensi :
Mendengarkan
1.
Memahami
informasi dari berbagai laporan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
1.1 Membedakan antara fakta dan opini dari berbagai laporan lisan
|
Laporan
·
laporan
kegiatan OSIS
·
laporan
kegiatan ekstrakurikuler
·
laporan
perjalanan
|
·
Mendengarkan
laporan dari suatu kegiatan
· Mencatat pokok-pokok isi
laporan
· Membedakan kalimat yang berupa fakta dan yang berupa opini (pendapat)
· Menentukan kalimat yang
berupa fakta
· Menentukan kalimat yang
berupa opini
|
· Mencatat pokok-pokok isi
laporan
· Membedakan kalimat yang berupa fakta dan yang berupa opini (pendapat)
· Menentukan kalimat yang
berupa fakta
· Menentukan kalimat yang
berupa opini
|
Jenis Tagihan:
·
tugas kelompok
·
laporan
Bentuk Instrumen:
·
uraian bebas
·
pilihan ganda
·
jawaban singkat
|
4
|
·
teks laporan
dari media cetak/ elektronik
·
laporan
kegiatan ekstrakuri-kuler sekolah setempat
|
1.2 Mengomentari berbagai laporan lisan dengan
memberikan kritik dan saran
|
Laporan
·
laporan
kegiatan OSIS
·
laporan
kegiatan ekstrakurikuler
|
·
Mendengarkan
laporan dari suatu kegiatan
·
Mengemukakan kritik a isi laporan secara logis
·
Memberikan saran untuk perbaikan laporan
|
· Mengemukakan kritik isi laporan
· Memberikan saran untuk perbaikan laporan
|
Jenis Tagihan:
·
tugas kelompok
Bentuk Instrumen:
·
uraian bebas
·
pilihan ganda
·
jawaban singkat
|
4
|
·
teks laporan
dari media cetak/ elektronik
·
laporan
kegiatan ekstrakulrikuler sekolah setempat
|
SILABUS
Nama Sekolah :
SMA ...
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas :
XII
Semester : 1
Standar Kompetensi :
Berbicara
2.
Mengungkapkan
gagasan, tanggapan, dan informasi dalam diskusi
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
2.1Menyampaikan
gagasan dan tanggapan dengan
alasan yang logis dalam
diskusi
|
Percakapan dalam seminar atau gelar wicara (talk show)
·
ungkapan persetujuan atau penolakan
· penyambung antarkalimat: tambahan pula, di samping itu, lagi pula,
dll.
|
·
Melaksanakan
diskusi
·
Mencatat siapa
yang berbicara dan apa pokok yang dibicarakan
·
Mengajukan pertanyaan atau tanggapan dengan
menggunakan alasan yang logis.
·
Mengemukakan persetujuan atau penolakan pendapat
dalam diskusi dengan alasan yang logis
·
Mengajukan
argumentasi yang dapat mendukung atau menentang pendapat pembicara
|
· Mengajukan pertanyaan atau
tanggapan dengan menggunakan alasan yang logis.
· Mengemukakan persetujuan
atau penolakan dengan alasan yang logis
· Mengajukan pertanyaan dan
atau persetujuan dengan menggunakan kata sambung dalam kalimat
·
Mengajukan
argumentasi yang dapat mendukung atau menentang pendapat pembicara
|
Jenis Tagihan:
·
praktik
·
tugas individu
·
tugas kelompok
Bentuk Instrumen:
·
unjuk kerja
·
format
pengamatan
|
4
|
·
buku yang
terkait dengan diskusi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
2.2 Menyampaikan
intisari buku nonfiksi dengan
menggunakan bahasa yang efektif dalam diskusi
|
Buku nonfiksi
·
intisari buku
·
penggunaan kalimat yang efektif dalam diskusi
·
hal-hal yang menarik dalam buku
·
memberikan komentar
|
·
Membaca buku
nonfiksi *
·
Menulis intisari
buku
·
Menyampaikan
intisari buku nonfiksi dengan menggunakan bahasa yang efektif
·
Memberikan komentar terhadap isi penyampaian
teman
|
· Mencatat hal-hal yang
menarik atau yang mengagumkan dalam isi buku nonfiksi
· Menyampaikan hal-hal yang
menarik atau yang mengagumkan tentang tokoh
· Memberikan komentar terhadap
isi penyampaian teman
|
Jenis Tagihan:
·
tugas individu
Bentuk Instrumen:
·
performansi
·
format
pengamatan
|
4
|
·
buku nonfiksi
·
tuturan
langsung
|
SILABUS
Nama Sekolah :
SMA ...
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas :
XII
Semester : 1
Standar Kompetensi :
Membaca
3.
Memahami
artikel dan teks pidato
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
3.1 Menemukan ide pokok dan permasalahan
dalam artikel melalui kegiatan membaca intensif
|
Artikel ilmiah dalam media cetak atau elektronik
(internet)
·
ide pokok
·
Masalah dalam artikel
·
rangkuman artikel
·
kalimat majemuk
·
pola kalimat
|
·
Membaca artikel
·
Menemukan ide pokok tiap paragraf
· Merangkum isi seluruh
artikel
· Mencari permasalahan dalam
artikel
· Membahas ide pokok dan
rangkuman isi artikel yang telah dibuat
· Mengidentifikasi kalimat
majemuk
|
·
Menemukan ide pokok tiap paragraf
· Menemukan kalimat pendukung
ide pokok
· Menemukan masalah dalam
artikel
· Membahas ide pokok dan
rangkuman isi artikel yang telah dibuat
· Mengidentifikasi kalimat
majemuk
|
Jenis Tagihan:
·
tugas individu
·
tugas kelompok
·
ulangan
Bentuk Instrumen:
·
uraian bebas
|
4
|
·
tuturan
langsung artikel ilmiah dari media cetak/ elektronik
·
buku-buku
penunjang
|
3.2
Membaca nyaring teks pidato dengan intonasi yang tepat
|
Naskah pidato
·
Cara membacakan naskah pidato
·
Cara menanggapi pembacaan teks pidato
|
· Menandai bagian-bagian
informasi penting dan bagian informasi pendukung
·
Membacakan teks pidato dengan pemakaian intonasi dan ekspresi yang tepat
·
Menanggapi pembacaan teks pidato yang dilakukan
teman
|
· Menandai bagian-bagian yang
merupakan informasi penting
· Menandai bagian-bagian yang
merupakan informasi pendukung
· Membacakan teks pidato
dengan intonasi dan ekspresi yang
tepat
·
Menanggapi
pembacaan teks pidato
|
Jenis Tagihan:
·
tugas individu
Bentuk Instrumen:
·
unjuk kerja
·
format
pengamatan
·
pilihan ganda
·
uraian bebas
|
6
|
· teks pidato
dari internet/ media cetak
·
buku-buku
penunjang
|
SILABUS
Nama Sekolah :
SMA ...
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas :
XII
Semester : 1
Standar Kompetensi :
Menulis
4. Mengungkapkan infomasi
dalam bentuk surat dinas, laporan,
resensi
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
4.1 Menulis surat lamaran pekerjaan berdasarkan
unsur-unsur dan struktur
|
Contoh surat lamaran
· unsur-unsur surat lamaran pekerjaan
· struktur surat lamaran pekerjaan
· penggunaan bahasa dalam surat lamaran pekerjaan
· penggunaan EYD dalam penulisan surat lamaran pekerjan
|
·
Membaca contoh
surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan atau inisiatif sendiri
·
Mengidentifikasi unsur-unsur dalam surat lamaran
pekerjaan
·
Menyusun surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan atau inisiatif
sendiri
·
Memperbaiki
surat dari segi struktur, diksi,
kejelasan kalimat, penggunaan EYD
|
·
Mengidentifikasi unsur-unsur dalam surat lamaran
pekerjaan
·
Menyusun surat lamaran pekerjaan
· Memperbaiki surat
dari segi struktur, diksi, kejelasan kalimat, dan penggunaanEYD
|
Jenis Tagihan:
·
tugas individu
·
ulangan
·
praktik
Bentuk Instrumen:
·
uraian bebas
·
pilihan ganda
|
4
|
· buku yang berhubungan dengan surat-menyurat
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
4.2 Menulis surat dinas berdasarkan isi,
bahasa, dan format yang baku
|
Contoh surat dinas
·
unsur-unsur
surat dinas
·
struktur surat
dinas
·
penggunaan
bahasa dalam surat dinas
·
penggunaan EYD
dalam penulisan surat lamaran pekerjan
|
·
Membaca contoh
surat dinas
·
Mengidentifikasi struktur
surat dinas (undangan rapat)
·
Menentukan komponen-komponen surat
undangan rapat
· Menulis surat undangan rapat kedinasan
· Menyunting surat undangan rapat dengan
memperhatikan penggunaan EYD, diksi, dan bahasa
|
·
Mengidentifikasi struktur
surat dinas
·
Menentukan komponen-komponen surat
undangan rapat
·
Menulis surat undangan
·
Menyunting
surat undangan dengan memperhatikan penggunaan EyD, diksi,
dan bahasa
|
Jenis Tagihan:
·
tugas individu
·
tes tertulis
Bentuk Instrumen:
·
uraian bebas
·
pilihan ganda
|
4
|
·
buku tentang
surat-menyurat
|
4.3 Menulis laporan diskusi dengan
melampirkan notulen dan daftar hadir
|
Contoh laporan diskusi
· unsur-unsur laporan diskusi
|
·
Membaca contoh
laporan diskusi
· Mengidentifikasi unsur-unsur
yang terdapat dalam laporan hasil
diskusi
· Menyusun laporan hasil
diskusi (kelas atau seminar)
· Melengkapi laporan dengan lampiran (notulen, dan daftar
hadir peserta)
· Mendiskusikan laporan diskusi
|
· Mengidentifikasi unsur-unsur
laporan hasil diskusi
· Menyusun laporan hasil
diskusi (kelas atau seminar)
·
Melengkapi
laporan dengan lampiran
|
Jenis Tagihan:
·
tugas individu
·
tugas kelompok
·
ulangan
Bentuk Instrumen:
·
uraian bebas
·
pilihan ganda
|
2
|
·laporan
diskusi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
4.4 Menulis resensi buku pengetahuan
berdasarkan format baku
|
Resensi buku pengetahuan
· unsur-unsur resensi antara lain:
1. identitas buku
2. isi yang penting/menarik
3. bahasa pengarang
4. keunggulan
5. kelemahan
6. kesimpulan
|
·
Membaca buku (yang dimiliki sekolah atau siswa itu
sendiri ) yang akan diresensi dan menulis intinya (di rumah)
· Menulis resensi buku dengan memperhatikan kelengkapan
unsur-unsur resensi antara lain:
·
Mendiskusikan kelengkapan unsur-
unsur resensi yang ditulis teman
|
· Mencatat identitas buku
· Mendaftar pokok-pokok isi
· Mencatat keunggulan dari isi buku
· Mencatat kekurangan dari isi buku
· Menulis resensi buku dengan memperhatikan kelengkapan
unsur-unsur resensi
· Mendiskusikan resensi yang telah dibuat
|
Jenis Tagihan:
·
tugas individu
·
ulangan
Bentuk Instrumen:
·
uraian bebas
·
pilihan ganda
·
jawaban singkat
|
4
|
·
buku yang
terkait dengan resensi
|
SILABUS
Nama Sekolah :
SMA ...
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas :
XII
Semester : 1
Standar Kompetensi :
Mendengarkan
5. Memahami pembacaan novel
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiata
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
5.1
Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi
vokal, intonasi, dan penghayatan
|
Penggalan novel
· penangapan segi vokal
· intonasi
· penghayatan
|
·
Mendengarkan
pembacaan penggalan novel
·
Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi
vokal, intonasi, dan penghayatan
|
· Menanggapi pembacaan
penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan
|
Jenis Tagihan:
·
tugas individu
·
tugas kelompok
·
ulangan
·
praktik
Bentuk Instrumen:
·
performansi
·
format pengamatan
|
4
|
·
buku novel
·
media setempat
·
buku-buku penun-jang
|
5.2
Menjelaskan unsur-unsur
intrinsik
dari pembacaan penggalan novel
|
Penggalan novel
|
· Menjelaskan unsur-unsur pembangun sastra (tema, latar,
penokohan, alur, pesan atau sudut pandang, dan konflik) dalam penggalan
novel yang dibacakan teman
· Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik penggalan novel
|
·
Menjelaskan
unsur-unsur –unsur intrinsik dalam penggalan novel yang dibacakan teman
|
Jenis Tagihan:
·
tugas individu
·
tugas kelompok
·
ulangan
·
praktik
Bentuk Instrumen:
·
uraian bebas
·
pilihan ganda
·
jawaban singkat
|
4
|
·
buku novel
·
media setempat
·
buku-buku penun-jang
|
SILABUS
Nama Sekolah :
SMA ...
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas :
XII
Semester : 1
Standar Kompetensi :
Berbicara
6. Mengungkapkan pendapat tentang
pembacaan puisi
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
6.1 Menanggapi pembacaan puisi lama
tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
|
· puisi lama (pantun)
· penanggapan pembacaan puisi dari segi:
·
lafal
·
intonasi
·
ekspresi
|
· Mendeklamasikan/ memba-cakan
puisi lama (berbalas pantun) di depan teman-teman dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang sesuai
· Menanggapi
pembacaan puisi lama (berbalas pantun) tentang lafal, intonasi, dan ekspresi
yang tepat
· Memperbaiki cara pembacaan berdasarkan masukkan dari
teman atau guru
|
· Mendeklamasikan/ memba-cakan
puisi lama (berbalas pantun) di depan teman-teman dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang sesuai
· Menanggapi
pembacaan puisi lama (berbalas pantun) tentang lafal, intonasi, dan ekspresi
yang tepat
· Menerapkan isi pantun dalam kehidupan sehari-hari
|
Jenis Tagihan:
·
tugas individu
Bentuk Instrumen:
·
unjuk kerja
·
format
pengamatan
|
4
|
·
buku kumpul-an
puisi lama
|
6.2 Mengomentari
pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
|
·
Puisi baru
· Mengomentari pembacaan puisi dari segi
|
· Membaca dan manandai jeda
pada puisi yang dibacakan
· Mendeklamasikan/ membacakan
puisi baru di depan teman-teman dengan
lafal, intonasi, dan ekspresi yang
sesuai
· Memperbaiki cara pembacaan berdasarkan masukan dari
teman atau guru
· Menanggapi pembacaan puisi baru tentang lafal,
intonasi, dan ekspresi yang tepat
|
·
Mendeklamasikan/
membacakan puisi baru di depan teman-teman dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang sesuai
·
Menanggapi pembacaan puisi baru tentang lafal,
intonasi, dan ekspresi yang tepat
|
Jenis Tagihan:
·
tugas individu
Bentuk Instrumen:
·
unjuk kerja
·
format
pengamatan
|
4
|
· buku kumpul-an puisi baru/ media cetak/ elektronik
|
SILABUS
Nama Sekolah :
SMA ...
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas :
XII
Semester : 1
Standar Kompetensi :
Membaca
7. Memahami wacana sastra puisi dan
cerpen
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
7.1 Membacakan puisi karya sendiri dengan lafal, intonasi, penghayatan dan ekspresi yang
sesuai
|
Puisi karya sendiri :
· tema bebas (disesuaikan dengan situasi dan kondisi
setempat)
· cara pembacaan puisi (lafal, intonasi, penghayatan,
gerak-gerik, ekspresi
· makna puisi
|
·
Menulis puisi dengan tema bebas (di rumah)
·
Menandai jeda puisi karya sendiri
·
Membacakan puisi karya sendiri dengan
memperhatikan :
·
Menentukan makna puisi karya teman
·
Mengomentari puisi karya teman
|
·
Menandai jeda puisi karya sendiri
·
Membacakan puisi karya sendiri dengan
memperhatikan :
·
lafal dan intonasi
·
penghayatan
·
mimik/ gerak dan ekspresi yang sesuai
·
Menentukan makna puisi karya teman
·
Mengomentari puisi karya teman
|
Jenis Tagihan
·
tugas individu
Bentuk Instrumen
·
unjuk kerja
·
pilihan ganda
|
4
|
·
puisi karya
sendiri
|
7.2 Menjelaskan unsur-unsur intrinsik
cerpen
|
·
Cerpen
·
Unsur-unsur
intrinsik cerpen :
·
tema,
·
latar,
·
alur,
·
penokohan/pesan
|
·
Membaca cerpen
·
Menceritakan kembali isi cerpen
· Menjelaskan unsur-unsur pembangun sastra (misal-nya,
tema, latar, alur, penokohan, atau pesan)
dengan data yang mendukung
· Mendiskusikan
unsur-unsur intrinsik cerpen
|
·
Menceritakan kembali isi cerpen
·
Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen
|
Jenis Tagihan
·
tugas individu
·
tugas kelompok
·
ulangan
Bentuk Instrumen:
·
uraian bebas
·
pilihan ganda
·
jawaban singkat
|
4
|
· kumpulan cerpen
· media cetak/ internet
· tape/ kaset
|
SILABUS
Nama Sekolah :
SMA ...
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas :
XII
Semester : 1
Standar Kompetensi :
Menulis
8. Mengungkapkan
pendapat, informasi, dan pengalaman dalam bentuk resensi dan cerpen
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
8.1 Menulis
resensi buku kumpulan cerpen berdasarkan unsur-unsur resensi
|
·buku kumpulan cerpen
·unsur-unsur resensi
·identitas buku
·kepengarangan
·kekurangan dan kelebihan isi buku
·bahasa pengarang, dll
|
· Membaca buku kumpulan cerpen (yang ada di daerah
setempat)
·
Menulis resensi buku kumpulan cerpen dengan
memperhatikan kelengkapan unsur-unsur resensi:
·
identitas buku
·
kepengarangan
·
kekurangan dan kelebihan isi buku
·
bahasa
pengarang, dll
·
mendiskusikan resensi yang telah dibuat
|
·
Menulis resensi buku kumpulan cerpen dengan
memperhatikan kriteria penulisan resensi
·
Menentukan keunggulan dan kelemahan resensi buku
kumpulan cerpen
|
Jenis Tagihan:
·
tugas individu
·
tugas kelompok
·
ulangan
Bentuk
Instrumen:
· uraian bebas
· pilihan ganda
· jawaban singkat
|
4
|
· buku kumpulan cerpen
|
8.2 Menulis
cerpen berdasarkan kehidupan orang
lain (pelaku, peristiwa, latar)
|
·
topik tentang kehidupan orang lain (berdasarkan
situasi dan kondisi setempat)
·
unsur-unsur
cerpen (penokohan, konflik, latar, sudut
pandang, alur dan gaya bahasa)
|
·
Menentukan
topik tentang kehidupan orang lain (berdasarkan situasi dan kondisi daerah
setempat)
·
Menulis cerpen
tentang kehidupan orang lain dengan memperhatikan
·
unsur-unsur
cerpen (penokohan, konflik, latar, sudut pandang, alur dan gaya bahasa)
·
Menanggapi
cerpen yang ditulis teman
|
·
Mencatat/mendaftar topik-topik tentang kehidupan orang
lain (berdasarkan situasi dan kondisi setempat)
·
Menulis cerpen
tentang kehidupan orang lain dengan memperhatikan unsur-unsur cerpen
·
Menanggapi
cerpen yang ditulis teman
|
Jenis Tagihan:
·
tugas Individu
·
tugas kelompok
·
ulangan
Bentuk
Instrumen:
· uraian bebas
· pilihan ganda
· jawaban singkat
|
4
|
·
buku yang
terkait dengan menulis cerpen
·
buku yang
terkait dengan menulis cerpen
|
SILABUS
KELAS XII SEMESTER 2
Nama Sekolah :
SMA ...
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas :
XII
Semester : 2
Standar Kompetensi :
Mendengarkan
9. Memahami informasi dari berbagai sumber yang disampaikan
secara lisan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
9.1 Mengajukan saran perbaikan
tentang informasi yang disampaikan
secara langsung
|
Informasi secara langsung
·
pokok-pokok isi
informasi
·
cara mengajukan
saran
·
ringkasan isi
informasi
|
·
Mendengarkan
informasi secara langsung *
·
Mengajukan saran perbaikan kepada pembicara
·
Menulis ringkasan isi informasi
|
·
Mencatat pokok-pokok informasi yang disampaikan
secara langsung
·
Mengajukan saran perbaikan kepada pembicara
·
Menulis
ringkasan isi informasi
|
Jenis Tagihan:
·
tugas individu
·
kelompok
·
ulangan
Bentuk Instrumen:
·
uraian bebas
·
pilihan ganda
·
jawaban singkat
|
4
|
·
informasi
secara langsung
|
9.2 Mengajukan saran perbaikan tentang
informasi yang disampaikan melalui radio/televisi
|
Rekaman informasi
·
pokok-pokok isi
informasi
·
cara mengajukan
saran
·
ringkasan isi
informasi
|
·
Mendengarkan
informasi melalui radio/ televisi
·
Mengajukan saran perbaikan secara tertulis tentang
informasi yang disampaikan
· Menulis ringkasan isi informasi yang disampaikan melalui radio/ televisi/ rekaman informasi
|
·
Mencatat pokok-pokok dari isi informasi yang
disampaikan melalui radio/ televisi/
rekaman
·
Mengajukan saran perbaikan secara tertulis tentang
informasi yang disampaikan
·
Menulis
ringkasan isi informasi yang disampaikan
melalui radio/ televisi/ rekaman
|
Jenis Tagihan:
·
tugas individu
·
tugas kelompok
·
ulangan
Bentuk Instrumen:
·
uraian bebas
·
pilihan ganda
·
jawaban singkat
|
4
|
·
rekaman
informasi dari radio/ televisi
|
SILABUS
Nama Sekolah :
SMA / MA....
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas :
XII
Semester : 2
Standar Kompetensi :
Berbicara
10. Mengungkapkan informasi melalui presentasi
program/proposal dan pidato tanpa teks
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
10.1Mempresentasikan
program kegiatan/proposal
|
Program kegiatan/ proposal
·
berpresentasi
·
diskusi dengan
santun
berdiskusi
|
·
Menyusun
program kegiatan/ proposal (di rumah)
·
Mengemukakan program kegiatan/ proposal secara
rinci untuk mendapatkan tanggapan
·
Mendiskusikan program kegiatan yang disampaikan
·
Memperbaiki program kegiatan/ proposal
berdasarkan berbagai masukan
|
·
Mengemukakan program kegiatan/ proposal secara
rinci untuk mendapatkan tanggapan
· Mengemukakan informasi tambahan yang dapat mendukung program kegiatan/ proposal
·
Memperbaiki
program kegiatan/ proposal berdasarkan berbagai masukan
|
Jenis Tagihan:
· tugas kelompok
· tugas individu
Bentuk instrumen:
·
Unjuk kerja
·
format pengamatan
|
4
|
·
buku yang
terkait dengan proposal
|
10.2 Berpidato tanpa teks dengan
lafal, intonasi, nada, dan sikap yang
tepat
|
Ide pidato dengan tema
tertentu
· cara berpidato dengan lafal, intonasi, nada, dan
sikap yang tepat
|
·
Menulis teks pidato dengan tema tertentu
·
Membawakan pidato dengan lafal, intonasi, nada,
dan sikap yang tepat *
·
Mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki dari
pidato yang disampaikan teman
·
Memperbaiki
cara berpidato dan isi pidato berdasarkan catatan atau masukan teman
|
· Menulis teks pidato dengan
tema tertentu
· Membawakan pidato dengan
lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat
· Mencatat hal-hal yang perlu
diperbaiki dari pidato yang disampaikan teman
· Memperbaiki cara berpidato dan isi pidato berdasarkan
catatan atau masukan teman
|
Jenis Tagihan:
· tugas individu
Bentuk instrumen:
· unjuk kerja
· format pengamatan
|
4
|
·
buku yang
terkait dengan pidato
|
SILABUS
Nama Sekolah :
SMA ...
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas :
XII
Semester : 2
Standar Kompetensi :
Membaca
11. Memahami
ragam wacana tulis melalui kegiatan
membaca cepat dan membaca intensif
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
11.1
Menemukan ide
pokok suatu teks dengan membaca cepat 300-350 kata per menit
|
Teks 900 – 1050 kata)
· teknik membaca cepat
·
rumus membaca
cepat
|
·
Membaca teks
· Menemukan ide pokok
· Menjawab secara benar 75%
dari seluruh pertanyaan yang tersedia
|
· Menemukan ide pokok
· Menjawab secara benar 75%
dari seluruh pertanyaan yang tersedia
|
Jenis Tagihan:
·
tugas individu
·
tugas kelompok
·
ulangan
Bentuk instrumen:
·
uraian bebas
·
pilihan ganda
·
jawaban singkat
|
2
|
· artikel/ berita dari media cetak/ elektronik
|
11.2
Menentukan kalimat kesimpulan (ide pokok) dari berbagai pola paragraf induksi, deduksi
dengan membaca intensif
|
Teks yang berpola induktif
dan deduktif
·
ciri-ciri paragraf induktif dan deduktif
·
kalimat simpulan
|
· Menentukan kalimat simpulan
isi teks berdasarkan hal-hal (generalisasi, analogi, sebab-akibat) yang
disajikan dalam tulisan/ artikel
|
· Menemukan paragraf yang berpola induktif
· Mengidentifikasi ciri-ciri
teks yang berpola induktif
· Menemukan paragraf yang
berpola deduktif
· Mengidentifikasi ciri-ciri paragraf
yang berpola deduktif
· Mendaftar butir-butir yang
merupakan gagasan pendukung
|
Jenis Tagihan:
·
tugas individu
·
tugas kelompok
·
ulangan
Bentuk instrumen:
·
uraian bebas
·
pilihan ganda
·
jawaban singkat
|
4
|
·
teks dari media
cetak/ elektronik
|
SILABUS
Nama Sekolah :
SMA ...
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas :
XII
Semester : 2
Standar Kompetensi :
Menulis
12. Mengungkapkan pikiran,
pendapat, dan informasi dalam penulisan karangan berpola
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
12.1 Menulis karangan berdasarkan topik
tertentu dengan pola pengembangan deduktif dan induktif
|
Menulis karangan berpola deduktif dan induktif dengan memperhatikan:
· ciri-ciri
· kalimat kesimpulan
· letak kalimat kesimpulan
·
penggunaan bahasa
|
·
Menulis karangan yang berpola deduktif dan
induktif berdasarkan kerangka (di luar kelas)
· Menyunting karangan berpola deduktif dan induktif
|
·
Menulis karangan yang berpola deduktif dan
induktif berdasarkan kerangka
· Menyunting karangan berpola deduktif induktif
|
Jenis Tagihan:
tugas individu
tugas kelompok
ulangan
Bentuk instrumen:
uraian
bebas
pilihan
ganda
jawaban
singkat
|
4
|
·
teks dari media
cetak/ elektronik
|
12.2 Menulis esai berdasarkan topik
tertentu dengan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
Menulis karangan melalui mekanisme dan
langkah-langkah mengarang
|
esai
|
·
Membaca contoh
esai
·
Mengidentifikasi
ciri-ciri esai
· Menulis esai dengan memperhatikan pola pengembangan
pembuka, isi, dan penutup
·
Memperbaiki essai
(dengan mempertimbangkan diksi, kejelasan kalimat, ejaan dan tanda baca
|
·
Menentukan topik untuk menulis esai
·
Menyusun kerangka esai dengan memperhatikan pola
pengembangan pembuka, isi, dan penutup
·
Menyusun paragraf pembukaan
· Menuliskan isi ke dalam beberapa paragraf
·
Menyusun paragraf penutup
· Memperbaiki tulisan (dengan mempertimbangkan diksi,
kejelasan kalimat, ejaan dan tanda baca)
|
Jenis Tagihan:
·
tugas individu
·
tugas kelompok
·
ulangan
Bentuk instrumen:
·
uraian bebas
|
6
|
·
contoh esai
dari media cetak/ elektronik
·
buku Eyd
|
SILABUS
Nama Sekolah :
SMA ...
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas :
XII
Semester : 2
Standar Kompetensi :
Mendengarkan
13. Memahami
pembacaan teks drama
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
13.1 Menemukan unsur-unsur intrinsik teks
drama yang dididengar melalui pembacaan
|
Teks drama
·
unsur-unsur
intrinsik (tema, penokohan, latar, alur, amanat)
|
·
Mendengarkan
pembacaan teks drama
·
Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang
didengar melalui pembacaan
·
Mendiskusikan unsur intrinsik teks drama yang didengar
·
Melaporkan hail diskusi
|
· Menemukan unsur-unsur
intrinsik teks drama yang didengar melalui pembacaan
·
Mendiskusikan unsur intrinsik teks drama yang didengar
|
Jenis Tagihan:
·
tugas kelompok
·
tugas individu
·
ulangan
Bentuk Instrumen:
·
uraian bebas
·
pilihan ganda
·
jawaban singkat
|
4
|
· buku kumpulan drama
|
13.2 Menyimpulkan isi drama
melalui pembacaan teks drama
|
Teks drama
· simpulan isi drama
|
·
Menyimpulkan isi teks drama sesuai dengan situasi
dan konteks
·
Mendiskusikan simpulan isi teks drama
|
·
Menyimpulkan isi teks drama sesuai dengan situasi
dan konteks
·
Menyampaikan simpulan isi teks drama
·
Membahas simpulan isi teks drama yang telah
disampaikan
|
Jenis Tagihan:
·
tugas kelompok
·
tugas kelompok
·
ulangan
Bentuk Instrumen:
·
uraian bebas
·
pilihan ganda
·
jawaan singkat
|
6
|
· buku kumpulan drama
|
SILABUS
Nama Sekolah :
SMA ...
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas :
XII
Semester : 2
Standar Kompetensi :
Berbicara
14. Mengungkapan tanggapan terhadap pembacaan puisi lama
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
14.1 Membahas ciri-ciri dan nilai-nilai
yang terkandung dalam gurindam
|
Teks gurindam
·
ciri-ciri
gurindam
·
nilai-nilai
(budaya, agama, estetika, moral)
|
· Mengidentifikasi
ciri-ciri gurindam
·
Membacakan gurindam
·
Mendiskusikan ciri-ciri dan nilai-nilai dalam
gurindam yang didengar
·
Membicarakan pesan-pesan yang terdapat dalam
gurindam yang didengar
|
· Mengidentifikasi
ciri-ciri gurindam
·
Membacakan gurindam
·
Mendiskusikan ciri-ciri dan nilai-nilai yang
terkandung dalam gurindam
·
Membicarakan pesan-pesan yang terdapat dalam
gurindam
|
Jenis Tagihan:
·
tugas kelompok
·
tugas individu
Bentuk Instrumen:
·
Unjuk kerja
·
format
pengamatan
|
4
|
·
buku yang
terkait dengan puisi lama
|
14.2 Menjelaskan keterkaitan gurindam dengan kehidupan sehari-hari
|
Teks gurindam
·
pengaitan isi
gurindam dengan kehidupan sehari-hari
|
·
Mengaitkan isi gurindam dengan kehidupan masa
kini
·
Menyimpulkan
pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam
|
·
Mengaitkan isi gurindam dengan kehidupan masa
kini
·
Menyimpulkan pesan-pesan yang terdapat dalam
gurindam
|
Jenis Tagihan:
·
tugas kelompok
·
tugas individu
Bentuk Instrumen:
·
unjuk kerja
|
2
|
·
buku yang
terkait dengan puisi lama
·
buku yang
terkait dengan puisi lama
|
SILABUS
Nama Sekolah :
SMA / MA....
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas :
XII
Semester : 2
Standar Kompetensi :
Membaca
15. Memahami buku kumpulan
puisi kontemporer dan karya sastra yang
dianggap penting pada tiap periode
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
15.1Mengidentifikasi tema dan
ciri-ciri puisi kontemporer melalui
kegiatan membaca buku kumpulan puisi komtemporer
|
Kumpulan puisi kontemporer
·
ciri-ciri puisi
kontemporer
·
tema puisi
kontemporer
·
bentuk puisi
kontemporer
·
diksi
|
·
Membaca
kumpulan puisi kontemporer (Misalnya : Malu Aku Jadi Orang Indonesia karya
Taufik Ismail)
·
Mengidentifikasi tema dan ciri-ciri puisi
kontemporer
·
Menjelaskan maksud isi puisi kontemporer
·
Mendiskusikan
tema dan ciri-ciri puisi
|
· Mengidentifikasi tema puisi
kontemporer
·
Mengidentifikasi ciri-ciri puisi kontemporer
·
Menjelaskan maksud isi puisi kontemporer
|
Jenis Tagihan:
·
tugas individu
·
tugas kelompok
·
ulangan
Bentuk Instrumen:
·
uraian bebas
·
pilihan ganda
·
jawaban singkat
|
4
|
·
buku yang
terkait dengan puisi kontem-porer
|
15.2 Menemukan perbedaan karakteristik angkatan melalui
membaca karya sastra yang dianggap penting pada setiap periode
|
Karya sastra berdasarkan periodisasi
· karakteristik karya sastra
setiap angkatan/ periode
· perbedaan karakteristik karya
sastra setiap angkatan/ periode
|
·
Membaca karya
sastra dari tiap periode
·
Mengidentifikasi karakteristik karya sastra pada
tiap periode
·
Menemukan perbedaan karakteristik tiap periode
·
Mendiskusikan
karya-karya pada periode tersebut (misalnya, peristiwa sejarah, gaya
penulisan, dll)
|
· Menentukan hasil-hasil karya
sastra penting pada tiap periode
· Mengidentifikasi
karakteristik karya sastra pada tiap periode
· Menemukan perbedaan
karakteristik tiap periode
·
Mendiskusikan
karya-karya yang dianggap penting pada periode tersebut (misalnya, peristiwa
sejarah, gaya penulisan, dll)
|
Jenis Tagihan:
·
tugas Individu
·
tugas kelompok
·
ulangan
Bentuk Instrumen:
·
uraian bebas
·
pilihan ganda
·
jawaban singkat
|
4
|
·
buku yang
terkait dengan materi
·
karya sastra
setiap periode
|
SILABUS
Nama Sekolah :
SMA ...
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas :
XII
Semester : 2
Standar Kompetensi :
Menulis
16. Mengungkapkan pendapat dalam
bentuk kritik dan esai
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
16.1 Memahami
prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai
|
Kritik dan esai
· ciri-ciri kritik dan esai
· prinsip penulisan kritik dan
esai
|
·
Membaca kritik
dan esai
· Mengidentifikasi ciri-ciri
kritik dan esai sastra
· Menjelaskan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai
sastra
|
·
Mengidentifikasi ciri-ciri kritik dan esai sastra
·
Menjelaskan
prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai sastra
|
Jenis Tagihan:
·
tugas Individu
·
tugas kelompok
·
ulangan
Bentuk Instrumen:
·
uraian bebas
·
pilihan ganda
·
jawaban singkat
|
2
|
·
buku yang
terkait dengan kritik sastra
·
buku yang
terkait dengan kritik dan esai
|
16.2 Menerapkan
prinsip-prinsip penulisan kritik dan
esai untuk mengomentari karya sastra
|
Pengembangan gagasan
atau pendapat untuk menulis kritik dan
esai
· cara menulis kritik dan esai
|
·
Menulis kritik dan esai sastra dengan menerapkan
prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai
·
Menyunting tulisan kritik dan esai sastra
|
·
Menulis kritik dan esai sastra dengan menerapkan prinsip-prinsip
kritik dan esai
·
Menyunting tulisan kritik dan esai sastra
|
Jenis Tagihan:
·
tugas individu
·
tugas kelompok
·
ulangan
Bentuk Instrumen:
·
uraian bebas
·
pilihan ganda
·
jawaban singkat
|
6
|
·
buku yang terkait
dengan kritik dan esai
·
buku EyD
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar