SILABUS
Nama Sekolah : MAN Model
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Program : XI/Bahasa
Semester : 1
Standar Kompetensi :
Mendengarkan
1. Memahami
berita dan laporan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Pengalaman
Belajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/
Alat
|
1.1
Membedakan fakta dan
opini yang terdapat di dalam berita
dari berbagai sumber
|
Rekaman berita
·
pokok-pokok isi berita
·
isi berita
·
cara merangkum
isi berita
|
·
Mendengarkan berita/ rekaman berita (seputar
lingkungan/wilayah setempat atau berita terkini)
·
Mencatat pokok-pokok isi berita
·
Memilah pokok-pokok menjadi dua kelompok: yang berupa fakta dan yang berupa pendapat/opini
·
Membahas isi berita berdasarkan hasil pemilahan
tersebut
·
Merangkum isi berita ke dalam beberapa kalimat
·
Membacakan rangkuman
·
Menanggapi
rangkuman yang dibacakan
|
·
Menentukan fakta dalam berita
·
Menentukan isi berita
·
Menentukan opini dalam berita
·
Penentukan pokok-pokok berita
·
Merangkum isi berita dalam beberapa kalimat sesuai
langkah-langkah merangkum
|
Jenis
Tagihan:
· tugas
individu
· kelompok
Bentuk
Instrumen:
· uraian bebas
· pilihan ganda
· produk
|
4
|
·
buku teks yang terkait
·
internet
·
surat kabar
·
majalah
·
buku pelengkap
|
1.2
Mengevaluasi isi laporan
|
Rekaman laporan
·
pokok-pokok isi laporan
·
cara memilah
fakta dan pendapat/opini
·
perangkuman isi
·
penggunaan
bahasa laporan
|
·
Mendengarkan pembacaan laporan
·
Mencatat pokok-pokok isi laporan
·
Merangkum isi berita ke dalam beberapa kalimat
·
Mendiskusikan:
-
isi laporan
-
penggunaan bahasa laporan
|
·
Menentukan pokok-pokok isi
laporan
·
Merangkum isi berita ke dalam beberapa kalimat
·
Menilai kelengkapan isi laporan
·
Menilai penggunaan bahasa laporan
|
Jenis
Tagihan:
· tugas
individu
· kelompok
Bentuk
Instrumen:
· uraian bebas
· pilihan ganda
|
4
|
·
buku teks yang terkait
·
internet
·
surat kabar
·
majalah
·
buku pelengkap
|
SILABUS
Nama Sekolah : MAN Model
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Program : XI/Bahasa
Semester : 1
Standar Kompetensi : Berbicara
2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan
informasi dalam kegiatan diskusi,
presentasi bacaan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/
Alat
|
2.1
Menilai isi pembicaraan dalam diskusi (dalam hal
baik–buruk , bermutu–tidak bermutu, dan sebagainya)
|
Pelaksanaan diskusi
· cara menentuka pokok yang dibicarakan dengan rumus 5 w + 1
h
· cara bertanya, memberikan kritikan atau sanggahan
· terhadap pendapat atau gagasan orang lain dalam diskusi
·
cara menilai
isi pembicaraan dalam hal baik buruk, bermutu tidaknya, dan sebagainya
|
· Melaksanakan diskusi
· Mencatat siapa yang
berbicara dan apa pokok yang dibicarakan kemudian menyampaikannya secara
lisan
· Mengajukan pertanyaan atau tanggapan terhadap salah
satu pokok pembicaraan dengan menggunakan ungkapan dan konjungsi antarkalimat yang sesuai dan tepat
· Mengemukakan persetujuan
atau penolakan terhadap salah satu pendapat yang muncul dalam diskusi
· Mengajukan argumentasi yang
dapat mendukung atau menentang pendapat pembicara
· Menilai isi pembicaraan
dalam hal baik buruk, bermutu tidaknya, dan sebagainya
· Memberikan kritikan atau sanggahan terhadap pendapat atau
gagasan orang lain yang disampaikan dalam diskusi
|
·
Menyampaikan secara lisan pokok-pokok yang dibicarakan
·
Mengajukan pertanyaan atau tanggapan terhadap salah
satu pokok pembicaraan dengan menggunakan ungkapan dan konjungsi antarkalimat yang sesuai dan tepat
·
Mengemukakan persetujuan atau penolakan terhadap salah
satu pendapat yang muncul dalam diskusi
·
Menjelaskan argumentasi yang dapat mendukung atau
menentang pendapat pembicara
·
Menilai isi pembicaraan dalam hal baik-buruk, bermutu
tidaknya, dan sebagainya
·
Memberikan
kritikan atau sanggahan terhadap pendapat atau gagasan orang lain yang disampaikan
dalam diskusi
|
Jenis
Tagihan:
· tugas
individu
· kelompok
Bentuk
Instrumen:
· uraian bebas
· pilihan ganda
· lisan
· unjuk kerja
|
4
|
·
buku teks yang terkait
·
internet
·
surat kabar
·
majalah
·
buku pelengkap
·
rekaman
·
VCD
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/
Alat
|
2.2
Mendeskripsikan hal-hal
menarik dan mengagumkan yang terdapat dalam buku biografi
|
Buku biografi tokoh
· hal-hal yang menarik
· hal yang mengagumkan dalam kehidupan tokoh
|
· Membaca buku biografi
tokoh*)
· Menyampaikan hal-hal yang menarik atau yang mengagumkan
tentang tokoh tersebut kepada teman dengan kalimat sendiri secara lugas
· Memberikan komentar terhadap isi penyampaian teman
(tepat atau tidak, logis atau tidak, dan sebagainya)
|
· Mencatat dari buku yang
dibaca hal-hal yang menarik atau yang mengagumkan tentang kehidupan tokoh
· Mendeskripsikan dengan
kalimat sendiri secara lugas kepada teman hal-hal yang menarik atau yang
mengagumkan tentang tokoh tersebut
· Memberikan komentar tentang
tokoh yang dibaca
|
Jenis
Tagihan:
· tugas
individu
· kelompok
Bentuk
Instrumen:
· uraian bebas
· pilihan ganda
· lisan
· unjuk kerja
|
6
|
·
buku teks yang terkait
·
internet
·
surat kabar
·
majalah
·
buku pelengkap
·
rekaman
·
VCD
|
2.3
Menguraikan topik
cerita yang didengar atau dibaca
|
Teks cerita
· cara/langkah-langkah
menyimpulkan apa yang didengar
|
· Mendengarkan cerita atau
membaca cerita **)
· Menemukan topik cerita
· Menentukan pokok-pokok isi
cerita
· Membahas temuan
· Membuat kerangka cerita yang
berdasarkan temuan
· Mengembangkan kerangka
cerita
|
· Menentukan topik cerita yang
dibaca/didengar
· Menyusun kerangka cerita
berdasarkan topik yang ada (ditemukan)
· Membuat kerangka cerita
· Mengembangkan cerita dengan
bahasa sendiri
|
Jenis
Tagihan:
· tugas
individu
· kelompok
Bentuk
Instrumen:
· uraian bebas
· pilihan ganda
· lisan
· paktik
|
4
|
·
buku teks yang terkait
·
internet
·
surat kabar
·
majalah
·
buku pelengkap
·
rekaman
·
VCD
|
*) tokoh setempat
**) cerita yang ada di lingkungan/daerah setempat
SILABUS
Nama Sekolah : MAN Model
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Program : XI/Bahasa
Semester : 1
Standar Kompetensi : Membaca
3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif berbagai paragraf dan
artikel
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/
Alat
|
|
3.1 Mengidentifikasi
pola pengembangan paragraf dengan
kegiatan membaca intensif
|
Teks bacaan/ artikel yang
menggunakan pola pengembangan deduksi dan induksi
·
pengertian deduktif dan induktif
·
ciri-ciri paragraf induktif dan deduktif
·
contoh paragraf induktif dan deduktif
·
hal-hal yang
berkaitan dengan penggunaan alasan, rincian, atau contoh pada teks deduktif
|
·
Membaca teks/paragraf yang berpola deduktif dan
induktif
·
Mengidentifikasi ciri-ciri berbagai teks deduktif dan
induktif
·
Membedakan jenis paragraf deduktif dan induktif
·
Menemukan paragraf yang berpola umum-khusus (deduktif)
·
Menemukan isi berbagai teks yang menggunakan alasan,
rincian, atau contoh
·
Mendiskusikan
hal-hal yang berkaitan dengan penggunaan alasan, rincian, atau contoh pada
teks deduktif
|
· Mendeskripsikan ciri-ciri
berbagai teks deduktif dan induktif
· Menjelas perbedaan paragraf
induktif dan deduktif
· Menyimpulkan isi teks
tersebut berdasarkan hal-hal (generalisasi, analogi, sebab-akibat) yang
disajikan dalam tulisan/artikel
· Menganalisis paragraf yang
berpola umum-khusus (deduktif)
· Menentukan isi berbagai teks
yang menggunakan alasan, rincian, atau contoh
|
Jenis
Tagihan:
· tugas
individu
· kelompok
Bentuk
Instrumen:
· uraian bebas
· pilihan ganda
|
6
|
·
buku teks yang terkait
·
internet
·
surat kabar
·
majalah
·
buku pelengkap
|
|
3.2
Menilai gagasan dan pikiran
penulis dalamsuatu artikel
|
Ciri-ciri artikel ilmiah
Hal-hal yang dinilai dalam
artikel ilmiah:
· isi
· penggunaan bahasa
· gagasan/pendapat penulis
· struktur artikel
|
·
Membaca teks artikel
·
Mengungkapkan
ciri-ciri artikel ilmiah
·
Mengungkapkan ide/pendapat penulis artikel ilmiah
·
Mengungkapkan penggunaan bahasa dalam artikel ilmiah
·
Menyimpulkan
isi artikel ilmiah
·
Menilai isi
artikel (tepat atau tidak, aktual atau tidak, dan sebagainya)
|
· Menentukan ciri-ciri artikel ilmiah
· Menuliskan ide/pendapat
penulisan artikel ilmiah
· Menilai penggunaan bahasa
dalam artikel ilmiah
· Menilai isi artikel ilmiah
· Menilai srtuktur artikel
· Menilai isi artikel (tepat
atau tidak, aktual atau tidak, dan sebagainya)
|
Jenis
Tagihan:
· tugas
individu
· kelompok
Bentuk
Instrumen:
· uraian bebas
· pilihan ganda
|
4
|
·
buku teks yang terkait
·
internet
·
surat kabar
·
majalah
·
buku pelengkap
|
|
SILABUS
Nama Sekolah : MAN Model
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Program : XI/Bahasa
Semester : 1
Standar Kompetensi :
Menulis
4. Mengungkapkanninformasi dalam bentuk surat
lamaran, laporan, paragraf persuasi dan
argumentatif
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/
Alat
|
4.1
Menulis surat lamaran
pekerjaan berdasarkan struktur bahasa dan ejaan
|
Penulisan surat lamaran pekerjaan
·
struktur surat lamaran
pekerjaan
·
bahasa dan diksi dalam surat
lamaran pekerjaan
·
EyD dan tanda baca dalam
surat lamaran pekerjaan
|
·
Membaca contoh surat lamaran pekerjaan
·
Mengidentifiksi struktur surat lamaran pekerjaan
·
Menyusun surat lamaran
pekerjaan berdasarkan iklan dengan memperhatikan struktur, bahasa,
diksi, dan EyD
·
Menentukan kesalahan struktur, diksi, dan ejaan dalam
surat lamaran
·
Menyempurnakan
kekurangan surat
lamaran dari segi struktur, diksi, bahasa, dan
EyD
|
·
Mengenali dan menentukan struktur surat lamaran
pekerjaan
·
Menyempurnakan surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan dengan
memperhatikan struktur, bahasa, diksi, dan EyD
·
Menyempurnakan kekurangan surat lamaran dari segi
struktur, diksi, bahasa, dan EyD
|
Jenis
Tagihan:
· tugas
individu
· kelompok
Bentuk
Instrumen:
· uraian bebas
· pilihan ganda
· produk
|
4
|
·
buku teks yang terkait
·
internet
·
surat kabar
·
majalah
·
buku pelengkap
·
EyD
·
KBBI
·
Tata Bahasa Baku Bahasa
Indonesia
|
4.2
Menyusun laporan diskusi/ seminar
|
Contoh laporan diskusi
· struktur laporan hasil
diskusi/seminar
· pelengkap laporan
· diskusi/seminar (makalah
pembicara, notulen, dan daftar hadir peserta)
·
cara
menyimpulkan hasil laporan diskusi
|
·
Membaca contoh laporan diskusi/seminar
·
Mengidentifikasi struktur laporan hasil diskusi/seminar
·
Menyusun laporan hasil seminar/diskusi panel sesuai
dengan jalannya seminar yang dilakukan dengan memperhatikan struktur dan
penggunaan bahasa sesuai dengan konteks
·
Melengkapi laporan dengan melampirkan (makalah, notulen, dan daftar hadir
peserta)
·
Menyimpulkan
hasil laporan diskusi/seminar
|
· Menyusun laporan hasil
seminar/diskusi panel sesuai dengan jalannya seminar dengan memperhatikan
struktur
· dan penggunaan bahasa sesuai
dengan konteks
· Melengkapi laporan dengan
lampiran (makalah pembicara, notulen, dan daftar hadir peserta)
·
Menyimpulkan
hasil laporan diskusi
|
Jenis
Tagihan:
· tugas
individu
· kelompok
Bentuk
Instrumen:
· uraian bebas
· pilihan ganda
· lisan
· produk
|
6
|
·
buku teks yang terkait
·
internet
·
surat kabar
·
majalah
·
buku pelengkap
·
EyD
·
Tata Bahasa Baku Bahasa
Indonesia
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/
Alat
|
4.3
Menyusun paragraf persuasi sesuai dengan tujuan dan
keperluan
|
Contoh Paragraf persuasi
· pengertian paragraf persuasif
· ciri-ciri paragraf persuasif
· topik yang sesuai untuk
paragraf persuasif
|
·
Membaca contoh paragraf persuasif
·
Mengidentifikasi ciri paragraf persuasif
·
Menentukan topik yang terdapat dalam paragraf persuasif
·
Menyusun kerangka paragraf persuasi
·
Menyusun paragraf persuasif sesuai dengan
tujuan/keperluan
·
Menyunting
paragraf yang disusun teman
|
· Mengidentifikasi ciri-ciri
paragraf persuasif
· Menentukan topik yang
terdapat dalam paragraf persuasif
· Menyusun kerangka paragraf
persuasif
· Mengembangkan kerangka menjadi paragraf persuasif
sesuai dengan tujuan/keperluan
· Menyunting paragraf yang disusun teman
|
Jenis
Tagihan:
· tugas
individu
· kelompok
Bentuk
Instrumen:
· uraian bebas
· pilihan ganda
· lisan
|
6
|
·
buku teks yang terkait
·
internet
·
surat kabar
·
majalah
·
buku pelengkap
·
EyD
·
Tata Bahasa Baku Bahasa
Indonesia
|
4.4
Meyusun paragraf argumentatif untuk berbagai keperluan
|
Contoh paragraf argumentasi
·
pengertian paragraf argumentatif
·
ciri-ciri paragraf argumentatif
·
topik yang sesuai untuk paragraf argumentatif
|
·
Membaca contoh paragraf argumentatif
·
Mengidentifikasi ciri paragraf argumentatif
·
Menentukan topik yang terdapat dalam paragraf argumentatif
·
Menyusun kerangka paragraf argumentatif
·
Menyusun paragraf
argumentatif sesuai dengan tujuan/keperluan
·
Menyunting paragraf yang disusun teman
|
· Menentukan ciri-ciri
paragraf argumentatif
· Menentukan topik yang
terdapat dalam paragraf argumentatif
· Menyusun kerangka paragraf
argumentatif
· Menyusun paragraf argumentatif sesuai dengan tujuan/keperluan
|
Jenis
Tagihan:
· tugas
individu
· kelompok
Bentuk
Instrumen:
· uraian bebas
· pilihan ganda
· lisan
|
6
|
·
buku teks yang terkait
·
internet
·
surat kabar
·
majalah
·
buku pelengkap
·
EyD
·
Tata Bahasa Baku Bahasa
Indonesia
|
SILABUS
Nama Sekolah : MAN Model
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Program : XI/Bahasa
Semester : 1
Standar Kompetensi :
Kebahasaan
5. Menguasai
berbagai komponen kebahasaan dalam
berbahasa, baik lisan maupun tulis
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/
Alat
|
5.1
Mengidentifikasi makna
konotatif dan denotatif, gramatikal dan leksikal, kias dan lugas, umum dan
khusus
|
Hubungan makna
·
makna konotatif dan
denotatif dan contoh
·
makna gramatikal dan leksikal
dan contoh
·
makna kias dan lugas
disertai contohnya
·
pengertian makna umum dan
khusus disertai contohnya
|
·
Membaca teks
·
Mengidentifikasi kata
bermakna konotatif dan denotatif, gramatikal dan leksikal, kias dan lugas,
umum dan khusus
·
Membedakan makna konotatif
dengan denotatif dalam teks, makna gramatikal dengan leksikal, makna
gramatikal dengan leksikal, dan makna kias dengan lugas, makna umum dengan
khusus, makna gramatikal dan leksikal.
·
Menggunakan kata dengan berbagai
makna
·
Mendiskusikan
·
Menyimpulkan hasil diskusi
|
·
Menentukan kata bermakna
konotatif dan denotatif, gramatikal dan leksikal, kias dan lugas, umum dan
khusus
·
Membedakan makna konotatif
dengan denotatif
·
Membedakan makna gramatikal
dengan leksikal
·
Membedakan makna kias dengan
lugas
·
Membedakan makna umum dengan
khusus
·
Menggunakan kata-kata
bermakna gramatikal dan leksikal dalam konteks kalimat atau yang lebih tinggi
·
Menggunakan kata-kata
bermakna kias dan lugas dalam konteks kalimat yang lebih tinggi
·
Menggunakan kata-kata bermakna
umum dan khusus dalam konteks kalimat atau yang lebih tinggi
|
Jenis
Tagihan:
· tugas
individu
· kelompok
Bentuk
Instrumen:
· uraian bebas
· pilihan ganda
· lisan
|
6
|
·
buku teks yang terkait
·
internet
·
surat kabar
·
majalah
·
buku pelengkap
·
EyD
·
KBBI
·
Tata Bahasa Baku Bahasa
Indonesia
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/
Alat
|
5.2
Mengaplikasikan aspek kohesi dan koherensi pada tingkat paragraf
|
Contoh paragraf yang koheren
·
pengertian kekohesian dan
kekoherenan
|
·
Membaca paragraf
·
Menentukan tingkat
kekohesian(keruntutan) dan kekoherenan (kepaduan) suatu paragraf
· Menentukan pemarkah-pemarkah kohesi dan
|
· Menentukan tingkat kekohesian (keruntutan) dan
kekoherenan (kepaduan) suatu paragraf
· Menentukan pemarkah- pemarkah kohesi dan
koherensi
|
Jenis
Tagihan:
· tugas
individu
· kelompok
|
|
·
buku teks yang terkait
·
internet
·
surat kabar
·
majalah
|
|
paragraf
·
Pemarkah- pemarkah kohesi
dan koherensi dalam paragraf
|
koherensi dalam paragraf
·
Menyusun paragraf yang
kohesi dan koheren
·
Menyunting paragraf yang
ditulis teman (secara silang)
|
dalam paragraf
·
Menyusun paragraf yang
kohesi dan koheren
·
Menyunting paragraf dari
segi kohesif dan koheren
|
Bentuk
Instrumen:
· uraian bebas
· pilihan ganda
· lisan
|
|
·
buku teks yang terkait
·
internet
·
surat kabar
·
majalah
·
EyD
·
KBBI
·
Tata Bahasa Baku Bahasa
Indonesia
|
5.3
Mengklasifikasi jenis
paragraf berdasarkan letak kalimat topik, dan isi
|
Contoh paragraf
·
jenis paragraf berdasarkan
letak kalimat topik
·
jenis paragraf berdasarkan
isi
·
kalimat penjelas
·
pengembangan kalimat topik
menjadi paragraf
|
·
Membaca paragraf
·
Mengidentifikasi paragraf
berdasarkan letak kalimat topik
·
Mengidentifikasi kalimat
penjelas
·
Menganalisis isi paragraf
untuk menentukan jenis paragraf
·
Mengembangkan kalimat topik
menjadi paragraf
·
Menyunting paragraf tulisan
teman (secara silang)
|
·
Menentukan jenis paragraf
berdasarkan letak kalimat topik
·
Menentukan kalimat penjelas
·
Menyimpulkan isi paragraf
·
Mengembangkan kalimat topik
menjadi paragraf
|
Jenis
Tagihan:
· tugas
individu
· kelompok
Bentuk
Instrumen:
· uraian bebas
· pilihan ganda
· lisan
|
|
·
buku teks yang terkait
·
internet
·
surat kabar
·
majalah
·
buku pelengkap
·
KBBI
·
EyD
·
Tata Bahasa Baku Bahasa
Indonesia
|
SILABUS
Nama Sekolah : MAN Model
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Program : XI / Bahasa
Semester : 2
Standar Kompetensi :
Mendengarkan
6. Memahami
presentasi laporan kegiatan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/
Alat
|
6.1
Menganalisis laporan pelaksanaan kegiatan yang disampaikan
|
Sruktur laporan pelaksanaan
kegiatan
·
Isi laporan pelaksanaan kegiatan
·
bahasa laporan
|
·
Mendengarkan laporan pelaksanaan kegiatan
·
Mengajukan
pertanyaan tentang isi laporan pelaksanaan kegiatan yang belum jelas
·
Mengidentifikasi
laporan kegiatan yang disampaikan berupa struktur, isi, dan bahasa
·
Memberikan
tanggapan atas informasi yang didengar sebagai bahan perbaikan laporan pelasanaan kegiatan
·
Menyimpulkan
isi laporan kegiatan yang disampaikan
|
·
Membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi laporan
pelaksanaan kegiatan
·
Membuat ulasan
mengenai struktur , isi, dan penggunaan bahasa laporan pelaksanaan kegiatan
·
Menanggapi
informasi yang didengar dari laporan pelaksanaan kegiatan
|
Jenis
Tagihan:
· tugas
individu
· kelompok
Bentuk
Instrumen:
· uraian bebas
· pilihan ganda
· lisan
|
4
|
·
buku teks yang terkait
·
internet
·
surat kabar
·
majalah
· buku pelengkap
·
EyD
·
KBBI
|
6.2
Menilai laporan pelaksanaan program yang disampaikan
|
Penilaian laporan
· cara menentukan pokok-pokok isi laporan kegiatan
program sekolah
· cara menilai informasi yang didengar tentang baik
buruknya atau jujur tidaknya suatu laporan kegiatan program sekolah.
|
·
Mendengarkan laporan kegiatan program sekolah
·
Mencatat pokok-pokok isi laporan kegiatan program
sekolah
·
Menilai informasi yang didengar tentang baik buruknya
atau jujur tidaknya suatu laporan kegiatan program sekolah.
·
Memberikan saran (perbaikan dan tambahan)
|
·
Mencatat pokok-pokok isi laporan kegiatan program
sekolah
·
Menilai informasi yang didengar tentang baik buruknya
atau jujur tidaknya suatu laporan kegiatan program sekolah.
·
Memberikan saran (perbaikan dan tambahan)
|
Jenis
Tagihan:
· tugas
individu
· kelompok
Bentuk
Instrumen:
· uraian bebas
· pilihan ganda
· lisan
|
4
|
·
buku teks yang terkait
·
internet
·
surat kabar
·
majalah
·
buku pelengkap
·
EyD
·
KBBI
|
SILABUS
Nama Sekolah : MAN Model
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Program : XI / Bahasa
Semester : 2
Standar Kompetensi :
Berbicara
7. Mengungkapkan
pikiran dan informasi melalui presentasi program dan pidato tanpa teks
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/
Alat
|
7.1 Menjelaskan
program kegiatan secara rinci
dan informasi tambahan
untuk mendukung program
|
Contoh program kegiatan
·
rancangan
program kegiatan dengan runtut dan lengkap
·
keruntutan dan
·
kelengkapan cara
mengemukakan program kegiatan
|
· Menulis program kegiatan (PR)
· Mengemukakan program secara
rinci untuk mendapatkan tanggapan
· Mengemukakan informasi tambahan yang dapat mendukung program (hasil penelitian,
jurnal, dll)
· Mendiskusikan program yang disampaikan
·
Memperbaiki rancangan program berdasarkan berbagai
masukan
|
· Menyampaikan program kegiatan
yang disusun secara rinci untuk mendapatkan tanggapan
· Menyampaikan informasi tambahan yang dapat mendukung program (berupa hasil penelitian,
jurnal, dll)
·
Memperbaiki rancangan program berdasarkan berbagai
masukan
|
Jenis
Tagihan:
· tugas
individu
· kelompok
Bentuk
Instrumen:
· uraian bebas
· pilihan ganda
· lisan
|
8
|
·
buku teks yang terkait
·
internet
·
surat kabar
·
majalah
·
buku pelengkap
·
EyD
·
KBBI
|
7.2 Berpidato
tanpa teks dengan intonasi dan sikap
yang tepat
|
Pidato tanpa teks
Unsur-unsur pidato
·
cara menyampaikan dengan lafal, intonasi, nada, dan
sikap yang tepat
·
format penilaian
penyampaian pidato yang dibawakan orang lain.
|
· Membaca teks pidato (tanpa
teks)
· Mengidentifikasi teks pidato
untuk mengetahui struktur pidato dan tujuan pidato
· Memahami isi pidato (tanpa
teks)
· Menyampaikan pidato dengan
lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat tanpa melihat teks
· Memperbaiki cara berpidato
dan isi pidato berdasarkan masukan teman
· Menilai pembacaan pidato
yang dibawakan teman dengan format penilaian yang ditentukan.
|
· Membawakan pidato dengan
lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat, dan lancar
· Menilai performansi pidato
yang dibawakan orang lain.
· Memberikan saran perbaikan
atas penyampaian pidato
|
Jenis
Tagihan:
· tugas
individu
· kelompok
Bentuk
Instrumen:
· uraian bebas
· pilihan ganda
· lisan
· unjuk kerja
|
6
|
·
buku teks yang terkait
·
internet
·
surat kabar
·
majalah
·
buku pelengkap
|
SILABUS
Nama Sekolah : MAN Model
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Program : XI / Bahasa
Semester : 2
Standar Kompetensi :
Membaca
8. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca
teknik dan membaca cepat
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/
Alat
|
8.1 Membacakan teks pidato dengan memperhatikan kejelasan
ucapan, intonasi, dan ekspresi wajah, serta penekanan pada kata-kata kunci
|
Teks pidato
·
teknik/cara berpidato
·
pembacaaan teks
dengan memperhatikan intonasi dan kata kunci
|
·
Membacakan teks pidato dengan memperhatikan kejelasan
ucapan, intonasi, dan ekspresi wajah
·
Membacakan teks dengan memberikan penekanan pada kata-kata kunci dan dapat menyajikan
dengan berani, percaya diri, dan sikap yang tepat.
·
Memberikan tanggapan
|
· Membacakan teks pidato
dengan memperhatikan kejelasan ucapan,
intonasi, dan ekspresi wajah
· Membacakan teks dengan
memberikan penekanan pada kata-kata
kunci dan dapat menyajikan dengan berani, percaya diri, dan sikap yang tepat.
· Memberikan tanggapan atas
pembacaan pidato
|
Jenis
Tagihan:
· tugas
individu
· kelompok
Bentuk
Instrumen:
· uraian bebas
· pilihan ganda
· lisan
|
6
|
·
buku teks yang terkait
·
internet
·
surat kabar
·
majalah
·
buku pelengkap
|
8.2 Menemukan
ide pokok suatu teks dengan membaca cepat 300 – 350 kata per menit
|
Kecepatan dan keefektifan
membaca
·
teknik membaca cepat
·
gagasan pokok dalam teks bacaan
·
penjawaban 75%
dari seluruh pertanyaan yang tersedia
·
pengertian
makna tersurat dan tersirat dalam teks
|
·
Membaca teks dengan membaca cepat 300 – 350 kata per menit
·
Menemukan gagasan pokok dalam teks bacaan
·
Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang
tersedia
·
Menentukan makna tersurat dan tersirat teks bacaan.
·
Menyimpulkan isi teks
|
· Menemukan gagasan pokok
dalam teks bacaan
· Menjawab secara benar 75%
dari seluruh pertanyaan yang tersedia
· Menentukan makna tersurat
dan tersirat dalam teks/bacaan.
· Menyimpulkan isi teks isi
teks
|
Jenis
Tagihan:
· Tugas Individu
· Kelompok
Bentuk
Instrumen:
· Uraian bebas
· Pilihan ganda
· Lisan
|
6
|
·
Buku teks yang terkait
·
Internet
·
Surat kabar
·
Majalah
·
Buku pelengkap
|
SILABUS
Nama Sekolah : MAN Model
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Program : XI / Bahasa
Semester : 2
Standar Kompetensi :
Menulis
9. Mengungkapkan pikiran dan informasi
melalui kegiatan menulis berbagai jenis paragraf dan makalah
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/
Alat
|
9.1 Menyusun paragraf deduktif dan induktif sesuai dengan
ciri-ciri paragraf deduktif dan
induktif
|
Paragraf deduktif dan
induktif
·
ciri-ciri paragraf deduktif
(silogisme dan entimen)
· contoh paragraf deduktif (silogisme dan entimen)
· ciri-ciri paragraf induktif
· contoh paragraf induktif
|
·
Membaca paragraf deduktif ( silogisme, dan entimen)
·
Mengidentifikasi ciri-ciri
paragraf deduktif (silogisme, entimen)
·
Mengidentifikasi ciri-ciri
paragraf induktif (generalisasi dan analogi)
·
Menyusun contoh paragraf
deduktif silogisme dan entimen)
·
Menyunting paragraf yang
ditulis teman
|
·
Mengenal ciri-ciri paragraf
deduktif (silogisme dan entimen)
·
Menentukan cir-ciri paragraf
deduktif
·
Menentukan ciri-ciri
paragraf induktif
·
Menyusun paragraf
deduktif (silogisme dan entimen)
·
Menyusun paragraf induktif
(generalisai dan analogi)
|
Jenis
Tagihan:
· tugas
individu
· kelompok
Bentuk
Instrumen:
· uraian bebas
· pilihan ganda
|
6
|
·
buku teks yang terkait
·
internet
·
surat kabar
·
majalah
·
buku pelengkap
·
EyD
·
KBBI
|
9.2 Menyusun
paragraf contoh, perbandingan, dan
proses sesuai dengan ciri-ciri paragraf tersebut
|
Paragraf contoh,
perbandingan, dan proses
· ciri-ciri paragraf contoh
· ciri-ciri i paragraf perbandingan
· ciri-ciri si paragraf proses
|
·
Membaca contoh paragraf
contoh, perbandingan, dan proses
·
Menentukan paragraf contoh
·
Mengidentifikasi paragraf
perbandingan
·
Mengidentifikasi paragraf
proses
·
Membuat paragraf contoh,
perbandingan, dan proses
·
Menyunting paragraf yang
disusun teman
|
·
Menentukan paragraf contoh
·
Menentukan i paragraf
perbandingan
·
Menentukani paragraf proses
·
Membuat paragraf contoh,
perbandingan, dan proses
·
Menyunting paragraf yang
disusun teman
|
Jenis
Tagihan:
· tugas
individu
· kelompok
Bentuk
Instrumen:
· uraian bebas
· pilihan ganda
|
6 (2)
|
·
buku teks yang terkait
·
internet
·
surat kabar
·
majalah
·
buku pelengkap
·
EyD
·
KBBI
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/
Alat
|
9.3 Menyusun
makalah sesuai dengan struktur dan teknik
|
Makalah
·
unsusr-unsur dan isi setiap
unsur makalah
|
·
Membaca contoh makalah
·
Mengidentifikasi
unsusr-unsur makalah yang dibaca
|
·
Menentukan unsusr-unsur
makalah
·
Menentukan isi setiap unsur
|
Jenis
Tagihan:
· tugas
individu
|
4
|
·
contoh makalah
·
buku teks yang terkait
·
internet
|
penulisan makalah
|
· permasalah yang langkah-langkah
penulisan makalah
· langkah-langkah menulis makalah
|
·
Menentukan permasalah yang
akan ditulis
·
Mengumpulkan materi yang
terkait dengan permasalahan
·
Membuat kerangka makalah
·
Mengembangkan kerangka
menjadi sebuah makalah
·
Membacakan makalah yang
disusun
·
Menyunting makalah (secara
silang)
|
·
Menyusun kerangka makalah
·
Menulis/mengembangkan
kerangka makalah
·
Menyunting makalah yang
disusun teman
|
Jenis
Tagihan:
· tugas
individu
· kelompok
Bentuk
Instrumen:
· uraian bebas
· pilihan ganda
· lisan
|
|
·
surat kabar
·
majalah
·
buku pelengkap
·
KBBI
·
EyD
|
SILABUS
Nama Sekolah : MAN Model
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Program : XI/Bahasa
Semester : 2
Standar Kompetensi :
Kebahasaan
10. Menguasai
berbagai komponen kebahasaan dalam berbahasa lisan dan tulis
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/
Alat
|
10.1 Menggunakan berbagai jenis kalimat secara
pragmatik
|
Jenis kalimat secara
pragmatik
|
|
Jenis
Tagihan:
· tugas
individu
· kelompok
Bentuk
Instrumen:
· uraian bebas
· pilihan ganda
· lisan
|
6
|
·
buku teks yang terkait
·
internet
·
surat kabar
·
majalah
·
buku pelengkap
·
Tata Bahasa Baku Bahasa
Indonesia
·
EyD
·
KBBI
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/
Alat
|
10.2 Mengidentifi-kasi perubahan,
pergeseran
|
Berbagai perubahan makna
·
pengertian
|
·
Membaca teks
·
Mengidentifikasi berbagai
kata yang mengalami perubahan/pergeseran makna
|
·
Membedakan kata-kata yang
bersinonim, berantonim, berhomonim, berhomograf,
|
Jenis
Tagihan:
· Tugas
|
6
|
·
Buku teks yang terkait
·
Internet
|
makna kata, dan hubungan makna kata
|
(menyempit, ameliorasi, peyorsi, sinestesia)
·
makna kata
·
relasi makna
-
pengertian
·
jenis (homonim, sinonim,
antonim, hiponim, polisemi
·
makna kata
|
·
Mengidentifikasi berbagai
kata yang mengalami relasi makna
·
Menggunakan yang mengalami
perubahan/pergeseran dan relasi makna dalam teks
·
Menyunting penggunaan kata
|
berhomofon, berhiponim, dan
berpolisemi
·
Membedakan kata-kata yang
mengalami peyorasi dan ameliorasi, perluasan dan penyempitan makna
·
Menggunakan dalam paragraf
atau kalimat
|
· individu
· kelompok
Bentuk
Instrumen:
· Uraian bebas
· pilihan ganda
lisan
|
|
·
surat kabar
·
majalah
· buku pelengkap
|
10.3
Menganalisis wacana lengkap, baik lisan maupun tulis
|
Berbagai jenis wacana
·
Berbagai jenis wacana
(jurnalistik, sastra, ilmiah, dan lain-lain)
·
Pengorganisasian wacana
·
Penentuan kekohesian dan
kekoherenan dan kelengkapan wacana
|
·
Membaca berbagai jenis
wacana (jurnalistik, sastra, ilmiah, dan lain-lain)
·
Mengidentifikasi berbagai
jenis wacana (jurnalistik, sastra, ilmiah, dan lain-lain)
·
Mengorganisasikan wacana
·
Menentukan kekohesian dan
kekoherenan wacana secara utuh
·
Menentukan kelengkapan wacana
·
Menyunting wacana
|
·
Mengidentifikasi berbagai
jenis wacana (jurnalistik, sastra, ilmiah, dan lain-lain)
·
Mengorganisasikan wacana
·
Menentukan kekohesian dan
kekoherenan wacana secara utuh
·
Menentukan kelengkapan wacana
·
Menyunting wacana
|
Jenis
Tagihan:
· Tugas
Individu
· Kelompok
Bentuk
Instrumen:
· Uraian bebas
· Pilihan ganda
· Lisan
|
4
|
·
buku teks yang terkait
·
internet
·
surat kabar
·
majalah
·
buku pelengkap
·
Tata Bahasa Baku Bahasa
Indonesia
·
EyD
·
KBBI
|
10.4
Menggu nakan berbagai ragam bahasa sesuai konteks dan situasi
|
·
Ragam bahasa
· Contoh ragam bahasa sesuai konteks
|
·
Mendengarkan berbagai berbagai
ragam bahasa
·
Membedakan berbagai ragam
bahasa
·
Menggunakan berbagai ragam bahasa sesuai dengan konteks dan
situasi (pragmatik)
·
Menanggapi penggunaan ragam
bahasa
|
·
Membedakan berbagai ragam
bahasa
·
Menggunakan berbagai ragam bahasa sesuai dengan konteks dan
situasi (pragmatik)
|
Jenis
Tagihan:
· tugas
individu
· kelompok
Bentuk
Instrumen:
· uraian bebas
· pilihan ganda
· lisan
|
4
|
·
buku teks yang terkait
·
internet
·
surat kabar
·
majalah
·
buku pelengkap
·
Tata Bahasa Baku Bahasa
Indonesia
·
EyD
·
KBBI
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar