Sabtu, 31 Januari 2015

LANGKAH-LANGKAH MEMBAWAKAN SEBUAH ACARA



                   Membawakan Sebuah Acara
Berbagai keperluan seperti rapat, seminar, pertunjukan, serta kegiatan seremonial perlu dipandu pembawa acara atau Master of Ceremony (MC). Tugas pembawa acara sebagai berikut.
1.      Mengawali pertemuan dengan sapaan, salam, ucapan syukur, dan ucapan terima kasih atas kehadiran berbagai pihak.
2.      Menyampaikan maksud/ tujuan pertemuan/penyelenggaraan acara.
3.      Menyampaikan susunan acara
4.      Memandu acara demi acara,
5.      Menutup pertemuan dengan kata-kata penutup, ucapan terima kasih, permohonan maaf, dan salam penutup.
Pembawa acara harus cermat memilih ragam bahasa untuk membawakan acara. Acara resmi, seperti: rapat, seminar, dan upacara resmi harus menggunakan bahasa resmi. Acara santai seperti pertunjukan hiburan tidak perlu menggunakan bahasa resmi.
Contoh kalimat pembawa acara yang bersifat resmi.
1.      Yang terhormat Bapak/Ibu. . . .dari yang tinggi ke rendah) dan hadirin yang berbahagia, Assalamualaikum Wr.Wb.  . . .Pertama-tama marilah kita panjatkan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat-Nya sehingga kita dapat menghadiri. . . .Tidak lupa pula kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bapak/Ibu. . . .
2.      Susunan acara yang akan kita lalui bersama sebagai berikut. . . .
3.      Acara pertama yaitu sambutan. Sambutan yang pertama akan disampaikan ketua panitia. Yth. Bapak/Ibu. . . .kami persilakan. Demikianlah sambutan dari...yang pada intinya beliau...hadirin yang saya hormati, kini saatnya kita mendengarkan sambutan. . . .sekaligus membuka acara. . . .Yth. Bapak/Ibu/Saudara. . . .kami persilakan.
4.      Hadirin yang berbahagia, sekian acara pada malam/siang ini. Atas partisipasi/perhatian Bapak/Ibu/Saudara/para tamu undangan/para pemirsa, kami mengucapkan terima kasih. Saya selaku pembawa acara mohon maaf apabila ada hal yang kurang berkenan bagi Bapak, Ibu, dan Saudara-saudari. Akhir kata, wassalamualaikum Wr.Wb.

Kesalahan kalimat yang dilakukan pembawa acara sebagai berikut.
1.      Hadirin sekalian. . . .
2.      Para Bapak-bapak, para Ibu-ibu, dan para hadirin. . .
3.      Waktu dan tempat dipersilakan.
4.      Waktu dan tempat kami haturkan.
5.      Kepada Yth. Bapak Darma dipersilakan.
6.      Atas perhatiannya, kami ucapkan banyak-banyak terima kasih.

Kamu dapat menjadi pembawa acara yang andal. Ikuti kiat-kiat menjadi pembawa acara berikut.
1.      Menguasai bahasa yang sesuai dengan tingkat usia, pendidikan, dan latar belakang pendengar.
2.      Mengetahui acara yang akan dibawakan.
3.      Menguasai gaya dan ekspresi.
4.      Menguasai intonasi dan ritme suara.
5.      Menguasai humor-humor segar untuk mencairkan suasana.
6.      Mengetahui berbagai pengetahuan yang luas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar