Membawakan Sebuah Acara
Berbagai
keperluan seperti rapat, seminar, pertunjukan, serta kegiatan seremonial perlu
dipandu pembawa acara atau Master of
Ceremony (MC). Tugas pembawa acara sebagai berikut.
1. Mengawali pertemuan dengan sapaan,
salam, ucapan syukur, dan ucapan terima kasih atas kehadiran berbagai pihak.
2. Menyampaikan maksud/ tujuan
pertemuan/penyelenggaraan acara.
3. Menyampaikan susunan acara
4. Memandu acara demi acara,
5. Menutup pertemuan dengan kata-kata
penutup, ucapan terima kasih, permohonan maaf, dan salam penutup.
Pembawa acara harus cermat memilih ragam
bahasa untuk membawakan acara. Acara resmi, seperti: rapat, seminar, dan
upacara resmi harus menggunakan bahasa resmi. Acara santai seperti pertunjukan
hiburan tidak perlu menggunakan bahasa resmi.
Contoh kalimat pembawa acara yang bersifat resmi.
1. Yang terhormat Bapak/Ibu. . . .dari yang
tinggi ke rendah) dan hadirin yang berbahagia, Assalamualaikum Wr.Wb. . . .Pertama-tama marilah kita panjatkan
syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat-Nya sehingga kita
dapat menghadiri. . . .Tidak lupa pula kami mengucapkan terima kasih atas
kehadiran Bapak/Ibu. . . .
2. Susunan acara yang akan kita lalui
bersama sebagai berikut. . . .
3. Acara pertama yaitu sambutan. Sambutan
yang pertama akan disampaikan ketua panitia. Yth. Bapak/Ibu. . . .kami
persilakan. Demikianlah sambutan dari...yang pada intinya beliau...hadirin yang
saya hormati, kini saatnya kita mendengarkan sambutan. . . .sekaligus membuka
acara. . . .Yth. Bapak/Ibu/Saudara. . . .kami persilakan.
4. Hadirin yang berbahagia, sekian acara
pada malam/siang ini. Atas partisipasi/perhatian Bapak/Ibu/Saudara/para tamu
undangan/para pemirsa, kami mengucapkan terima kasih. Saya selaku pembawa acara
mohon maaf apabila ada hal yang kurang berkenan bagi Bapak, Ibu, dan Saudara-saudari.
Akhir kata, wassalamualaikum Wr.Wb.
Kesalahan kalimat yang dilakukan pembawa acara
sebagai berikut.
1. Hadirin sekalian. . . .
2. Para Bapak-bapak, para Ibu-ibu, dan para
hadirin. . .
3. Waktu dan tempat dipersilakan.
4. Waktu dan tempat kami haturkan.
5. Kepada Yth. Bapak Darma dipersilakan.
6. Atas perhatiannya, kami ucapkan
banyak-banyak terima kasih.
Kamu dapat menjadi pembawa acara yang
andal. Ikuti kiat-kiat menjadi pembawa acara berikut.
1. Menguasai bahasa yang sesuai dengan
tingkat usia, pendidikan, dan latar belakang pendengar.
2. Mengetahui acara yang akan dibawakan.
3. Menguasai gaya dan ekspresi.
4. Menguasai intonasi dan ritme suara.
5.
Menguasai
humor-humor segar untuk mencairkan suasana.
6. Mengetahui berbagai pengetahuan yang
luas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar