Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
A. Identitas
Sekolah
Sekolah :
SMK-YPSEI PALANGKARAYA
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
X/I
Pertemuan Ke :
11 (Sebelas)
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit
B. Standar
Kompetensi
Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat
semenjana
C. Kompetensi
Dasar
Melafalkan
kata dengan artikulasi yang tepat.
D. Indikator
No.
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
|
1.
|
Membuat susunan
acara
|
Tekun (Diligence),
tanggung jawab (Responsibility) dan
rasa percaya diri
|
Kepemimpinan
|
2.
|
Membawakan acara dengan penampilan, vokal, artikulasi dan kelancaran
penyampaian acara dengan baik
|
E. Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat:
1.
Membuat
susunan acara
2.
Membawakan
acara dengan penampilan, vokal, artikulasi dan kelancaran penyampaian acara
dengan baik
F. Materi
Pembelajaran
Seorang siswa jika menjadi pembawa acara dalam suatu
rapat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain, sebagai berikut.
1.
Perlu
mengadakan persiapan yang matang mengenai
a.
Tujuan
yang hendak dicapai
b.
Memahami
masalah yang akan dibicarakan
c.
Mempelajarai
masalah sebaik-baiknya
d.
Menyusun
acara rapat
e.
Menyususn
siapa saja yang akan hadir/diundang
2.
Melatih
diri dalam mengalihkan pikiran menjadi lambang bahasa
a.
Seorang
pembawa acara, hendaklah lancar dalam membawakan acara, tanpa kekurangan
apapun. Pembawa acara tidak boleh kehilangan pokok pembicaraan. Untuk itu,
perlu penyiapan teks dan beraltih menggunakan kalimat yang tepat. Kerangka
pembicaraan harus disiapkan.
b.
Pembawa
acara harus memiliki kekayaan perbendaharaan kata agar kalimat yang disajikan
bervariasi dan menarik pendengar
3.
Bijaksana
jika terpaksa harus menghentikan pembicaraan yang menyimpang
4.
Jika
seseorang banyak mengajukan pertanyaan, maka dikembalikan kepada sidang
5.
Perhatikan
mimik wajah peserta untuk mengetahui, apakan mereka sudah sesuai materi
pembicaraan
Membawakan acara berarti menyampaikan
informasi pada rangkaian acara tertentu.
Pendengar diharapkan mengetahui dan mengerti tata urutan acara yang akan
dilaksanakan. Selain penyampaian acara harus jelas dan sistematis, penyampaian
informasi juga harus dapat memotivasi pendengar dan menghidupkan suasana
kegiatan. Butir-butir yang harus disampaikan dalam membawa acara ketika
mengawali acara antara lain:
1.
Menyapa
tamu yang hadir
2.
Mengucapkan
rasa syukur kepada Yang Mahakuasa
3.
Menyampaikan
maksud acara
4.
Menyampaikan
susunan acara satu-persatu
Beberapa
hal yang dapat mengganggu kelancaran penyampaian acara, antara lain:
1. Terlalu banyak mengulang kata atau ungkapan
tertentu,
2. Penggunaan ungkapan dan kata-kata asing yang tidak tepat,
3. Tempo bicara yang terlalu cepat,
4. Suara yang monoton,
5. Artikulasi yang tidak jelas.
Cara mengatasi hambatan dalam membawa acara:
1.
Jangan
terlalu banyak mengulang kata atau ungkapan tertentu, seperti menggunakan bunyi
eu...eu...
2.
Sebaiknya
tempo bicara jangan terlalu cepat
3.
Menganggap
pendengar sebagai kawan bukan lawan
4.
Buatlah
jeda di tengah pembicaraan
5.
Tenangkanlah
dan lenturkanlah diri Anda lewat sugesti pribadi
G. Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Kontekstual
Metode : Diskusi
Model : Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ)
H. Langkah-langkah
Pembelajaran
No.
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Nilai Budaya dan Karakter
Bangsa
|
1.
|
Kegiatan Awal
a.
Guru mengucapkan salam
b.
Guru mengecek daftar hadir
c.
Guru menyampaikan SK, KD, dan tujuan Pembelajaran.
d.
Guru menyampaikan Apersepsi (untuk memotivasi)
|
15 menit
|
Bersahabat/ komunikatif
|
2.
|
Kegiatan Inti
I.
Eksplorasi
a.
Guru membentuk kelompok yang beranggotakan 4 orang secara heterogen
b.
Guru membagikan wacana sesuai dengan topik pembelajaran
c.
Guru menjelaskan materi yang menjadi acuan untuk
pembelajaran
II. Elaborasi
a.
Siswa saling bekerja sama saling membacakan dan menemukan fakta dan opini
dan memberikan tanggapan terhadap wacana yang ditulis di lembar kertas
b.
Setiap perwakilan kelompok mempresentasikan atau membacakan hasil
diskusinya.
c.
Guru menyimpulkan hasil presentasi dari setiap kelompok
III. Konfirmasi
a.
Guru dan siswa melakukan tanya jawab
b.
Guru menjelaskan hal-hal yang belum dimengerti
|
60 menit
|
Komunikatif
Tanggung jawab
percaya diri
Bersahabat
jujur
|
3.
|
Kegiatan Akhir
a.
Guru memberikan evaluasi
b.
Guru bersama siswa menyimpulkan meteri pembelajaran
c.
Guru mengakhiri kegiatan dengan menutup salam
|
15 menit
|
Mandiri
Tanggung Jawab
Religius
|
J. Sumber
Alat dan Bahan Belajar
Sumber Belajar : Buku
Sekolah Elektronik Bahasa Indonesia
untuk SMK Kelas X
Alat dan Bahan : Laptop, LCD
K. Penilaian
Jenis Tagihan :
Tugas Individu
Bentuk Instrumen :
Uraian bebas dan Pilihan Ganda
KKM :
70
L. Evaluasi
a. Soal
Pilihan Ganda
1. Butir-butir yang harus disampaikan dalam
membawa acara ketika mengawali acara, kecuali....
a.
Tidak
Menyapa tamu yang hadir
b.
Mengucapkan
rasa syukur kepada Yang Mahakuasa
c.
Menyampaikan
maksud acara
d.
Menyampaikan
susunan acara satu-persatu
2.
Cara
mengatasi hambatan dalam membawa acara adalah....
a.
Membawakan
acara dengan cepat
b.
Jangan
terlalu banyak mengulang kata atau ungkapan tertentu, seperti menggunakan bunyi
eu...eu...
c.
Menganggap
pendengar lawan
d.
Tidak
ada jeda di tengah pembicaraan
3.
Ada
berapa cara untuk mengatasi hambatan dalam membawa acara.....
a.
3 c. 5
b.
4 d. 6
4.
Hal yang dapat mengganggu kelancaran penyampaian acara adalah....
a.
Terlalu banyak mengulang kata atau ungkapan tertentu
b.
Tempo bicara yang tidak terlalu cepat
c.
Suara tidak monoton
d.
Artikulasi yang sangat jelas
5.
Ada
berapakah hal-hal yang mengganggu kelancaran
penyampaian acara....
a.
2 c. 4
b.
3 d. 5
c. Soal
Esai
1.
Buatlah
susunan acara bersama teman sekelompokmu dengan topik sebagai berikut.
a.
Pelantikan Ketua dan pengurus OSIS periode 2013/2014
2.
Tunjuklah
salah satu teman kelompokmu untuk berperan sebagai pembawa acara dengan susunan
acara yang telah kalian buat di depan kelas. Kelompok yang lain memberikan
penilaian dengan format berikut.
No.
|
Kelompok
|
Kriteria Penilaian
|
|||
Penampilan
|
Vokal
|
Artikulasi
|
Kelancaran
|
||
1
|
Kelompok 1
|
|
|
|
|
2
|
Kelompok 2
|
|
|
|
|
3
|
Kelompok 3
|
|
|
|
|
dst
|
Dst
|
|
|
|
|
Kunci Jawaban
a. Kunci
Jawaban Pilihan Ganda
1.
A
2.
B
3.
C
4.
A
5.
D
b. Kunci
Jawaban Esai
1.
Contoh
teks pembawa acara
Assalamualaikum wr.wb.
Selamat
pagi
Yang
terhormat kepala SMK YPSEI Palangkaraya.
Bapak/Ibu
guru dan staf tata usaha SMK YPSEI Palangkaraya, serta teman-teman yang saya
banggakan.
Hadirin yang berbahagia,
Mari kita ucapkan puji dan syukur kepada Allah SWT atas limpahan rahmat dan
karunia-Nya sehingga kita bisa berkumpul di Aula SMK YPSEI Palangkaraya. Hari
ini kita akan melaksanakan pelantikan Ketua dan pengurus OSIS SMK YPSEI
Palangkaraya periode 2012/2013.
Untuk memanfaatkan waktu,
kami akan membacakan susunan acara pada hari ini.
Pembukaan
Sambutan kepala SMK YPSEI
Palangkaraya
Sambutan Ketua OSIS Periode
2013/2014
Pelantikan Ketua dan pengurus
OSIS periode 2013/2014
Pembacaan janji pengurus
Doa
Istirahat
Penutup
Demikian susunan acara kita pada pagi ini. Selanjutnya
kita akan memasuki acara yang kedua, sambutan kepala SMK YPSEI Palangkaraya.
Ibu Dra. Rantian dipersilahkan ...
2.
Siswa
dapat membawakan sebuah acara
Pedoman Penskoran
a. Pedoman
Penskoran Pilihan Ganda
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1.
|
a.
Siswa dapat menjawab 5 soal pilihan ganda
b.
Siswa dapat menjawab 4 soal pilihan ganda
c.
Siswa dapat menjawab 3 soal pilihan ganda
d.
Siswa dapat menjawab 2 soal pilihan ganda
e.
Siswa dapat menjawab 1 soal pilihan ganda
f.
Siswa Tidak dapat menjawab seluruh soal pilihan ganda
|
50
40
30
20
10
0
|
Jumlah
|
50
|
b. Pedoman
Penskoran Esai
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1.
|
a.
Siswa dapat membuat susunan acara dengan menyampaikan 4 butir syarat
mengawali acara
b.
Siswa dapat membuat susunan acara dengan menyampaikan 3 butir syarat
mengawali acara
c.
Siswa dapat membuat susunan acara dengan menyampaikan 2 butir syarat
mengawali acara
d.
Siswa dapat membuat susunan acara dengan menyampaikan 1 butir syarat
mengawali acara
e.
Siswa tidak dapat membuat susunan acara dengan menyampaikan 4 butir
syarat mengawali acara.
|
25
20
15
10
0
|
2.
|
a.
Siswa dapat membawakan acara dengan memperhatikan 4 kriteria penilaian
dengan baik
b.
Siswa dapat membawakan acara dengan memperhatikan 3 kriteria penilaian
dengan baik
c.
Siswa dapat membawakan acara dengan memperhatikan 2 kriteria penilaian
dengan baik
d.
Siswa dapat membawakan acara dengan memperhatikan 1 kriteria penilaian
dengan baik
e.
Siswa tidak dapat membawakan acara dengan memperhatikan 4 kriteria
penilaian dengan baik.
|
25
20
15
10
0
|
Jumlah
|
50
|
Rentang Skor : 1-100
Skor Maksimal : 100
Soal Pilihan Ganda : 50
Soal Esai : 50
Skor Perolehan
Nilai Akhir = x 100
Skor Maksimal
Palangkaraya, November
Praktikan,
Edi Susilo, S.Pd.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar