Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
A. Identitas
Sekolah
Sekolah :
SMK-YPSEI PALANGKARAYA
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
X/I
Pertemuan Ke :
6 (Enam)
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit
B. Standar
Kompetensi
Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat
semenjana
C. Kompetensi
Dasar
1.3 Membaca cepat untuk memahami informasi lisan dalam
konteks masyarakat.
Indikator
D.
No.
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
|
1.
|
Menyebutkan 3 tujuan membaca cepat
|
Dapat dipercaya (Trustworthinos),
rasa hormat dan perhatian (Respect),
tekun (Diligence), tanggung jawab (Responsibility)
|
Kepemimpinan
|
2.
|
Siswa dapat menghitung kecepatan membaca
|
E. Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat:
1.
Menyebutkan
3 tujuan membaca cepat.
2.
Menghitung
kecepatan membaca.
F. Materi Pembelajaran
A. Definisi
Membaca Cepat
Membaca cepat adalah kecakapan membaca dan memahami teks dalam tingkatan tinggi. Rata-rata
orang dengan pendidikan setingkat sekolah tinggi membaca sekitar 300 kata per menit, berarti bahan itu tidaklah
bersifat teknis. Di sisi lain, pembaca cepat dapat membaca lebih dari 1000 kata
per menit.
Pengukuran membaca cepat baru sangat berarti bila
digabungkan dengan informasi seberapa tinggi pemahaman teks itu oleh
pembacanya. Diketahui bahwa orang dengan kemampuan membaca cepat yang lebih
tinggi juga memiliki pemahaman yang lebih tinggi. Malahan yang mengejutkan,
seseorang biasanya memperbaiki pemahamannya seiring dengan kemampuan membaca
cepatnya.
Ada beberapa faktor yang menghambat membaca cepat:
- Kosakata yang kurang
- Regresi - membaca kembali bahan yang sama secara berulang
- Subvokalisasi - melafalkan kata di pikiran ketika membacanya
- Persepsi yang salah - bisa karena gerakan mata yang salah atau masa persepsi yang lambat
Tujuan utama menbaca cepat:
a.
Memperoleh
kesan umum dari suatu buku, artikel, atau tulisan singkat.
b.
Menemukan
hal tertentu dari suatu bahan bacaan.
c.
Menemukan
atau menempatkan bahan yang diperlukan dalam perpustakaan.
Manfaat umum membaca cepat:
a.
Untuk
mencari irnformasi yang kita perlu dari sebuah bacaan secara cepoat dan efektif.
b.
Dalam
waktu yang singkat dapat menelusuri bahan halaman buku atau bacaan.
c.
Tidak
banyak waktu yang terbuang karena tidak perlu memeperhatikan atau membaca
bagian yang tidak perlu.
Cara menghitung kecepatan membaca
Kecepatn
membaca seseorang tentu berbeda dengan orang lain. Untuk mengetahui kemampuan
membaca seseorang, dapat digunakan rumus dsebagai berikut.
Siswa dapat dikatakan berkemampuan membaca cepat lanjutan
apabila mempunyai kecepatan membaca mencapai 230-250 kat per menit.
G. Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Kontekstual
Metode : Diskusi
Model : Skrip Kooperatif (Cooperative
Script)
H. Langkah-langkah
Pembelajaran
No.
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Nilai Budaya dan Karakter
Bangsa
|
1.
|
Kegiatan Awal
a.
Guru mengucapkan salam
b.
Guru mengecek daftar hadir
c.
Guru menyampaikan SK, KD, dan tujuan Pembelajaran.
d.
Guru menyampaikan Apersepsi (untuk memotivasi)
|
15 menit
|
Bersahabat/ komunikatif
|
2.
|
Kegiatan Inti
I. Eksplorasi
a.
Guru menyajikan materi sebagaimana biasa
b.
Guru meminta siswa berpasangan dengan teman sebelahnya.
c.
Guru membagikan fotokopi wacana untuk setiap siswa.
II. Elaborasi
a.
Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembaca dan
sebagai penghitung waktu.
b.
Guru mempersilakan siswa untuk memulai kegiatannya sesuai dengan peran masing-masing.
c.
Guru meminta siswa untuk bertukar
peran, siswa yang semula sebagai pembaca di tukar menjadi penghitung
waktu.
d.
Guru memberikan tugas kepada siswa
untuk menjawab pertanyaan yang telah disediakan tanpa melihat teks.
e.
Guru melihat siswa mengungkapkan pokok-pokok isi bacaan.
III. Konfirmasi
a.
Guru dan siswa memberikan kesimpulan
|
60 menit
|
Komunikatif
Tanggung jawab
percaya diri
Bersahabat
jujur
|
3.
|
Kegiatan Akhir
a.
Guru memberikan evaluasi
b.
Guru mengakhiri kegiatan dengan menutup salam
|
15 menit
|
Mandiri
Tanggung Jawab
Religius
|
I. Sumber
Alat dan Bahan Belajar
Sumber Belajar : Buku
Sekolah Elektronik Bahasa Indonesia
untuk SMK Kelas X dan Membuat Usaha Sukses
dari Rumah, Penerbit Buku Kompas, 2006
Alat dan Bahan : Laptop, LCD, Lembar wacana
J. Penilaian
Jenis Tagihan :
Tugas individu
Bentuk Instrumen :
Uraian bebas
KKM :
70
K. Evaluasi
a. Soal
Pilihan Ganda
1.
Ada berapakah faktor yang menghambat membaca cepat?
a.
2 c.
4
b.
3 d.
5
2.
Yang termasuk faktor penghambat membaca cepat
adalah....
b.
Regresi - membaca kembali bahan yang sama secara
berulang
c.
Subvokalisasi - melafalkan kata di pikiran ketika
membacanya
d.
Jawaban a, b, dan c benar
3. Berikut yang merupakan rumus
membaca cepat adalah....
a.
b.
c.
d.
4.
Tujuan
utama membaca cepat adalah....
a.
Untuk
senang-senang saja
b.
Memperoleh
kesan umum dari suatu buku, artikel, atau tulisan singkat.
c.
Menghemat
waktu saat membaca buku
d.
Agar
dapat menyelesaikan bacaan yang sedang dibaca dengan cepat
5.
Siswa
dapat dikatakan berkemampuan membaca cepat lanjutan apabila mempunyai kecepatan
membaca mencapai ............... kata per menit.
a.
150-225 c.
250-300
b.
200-300 d.
230-250
B. Soal
Esai
a.
Sebutkan
3 tujuan membaca cepat!
b.
Bacalah
wacana berikut dan hitunglah kecepatan membacamu!
Kerajinan Etnik dan Cenderamata
Seseorang yang memutuskan untuk menekuni
sebuah usaha, biasanya diawali dengan kesenangan di bidang usaha itu.
Penghasilan dari usaha tersebut menjadi hal kedua yang diperhitungkan. Hal
inilah yang dialami oleh Sandra, seorang pengusaha kerajinan.
Sandra memutuskan untuk serius merintis usaha
kerajinan mulai tahun 1997. Dia memilih bidang kerajinan sebab kerajinan yang
menggunakan bahan dasar daur ulang dan ramah lingkungan sudah menjadi
perhatiannya sejak masa sekolah. Pada awalnya ia hanya membuat barang-barang
kecil seperti kotak-kotak, tetapi barang tersebut memiliki bentuk yang unik,
sehingga menarik minat teman-temannya untuk membeli.
Setelah itu Sandra mulai mengembangkan produk
dengan membuat undangan bernuansa etnik, pernak-pernik untuk keperluan pesta
pernikahan, sampai cenderamata untuk berbagai kesempatan. Bahan-bahan yang
digunakan untuk keperluan tersebut semuanya berasal dari bahan dasar daur
ulang.
Bertahun-tahun berkecimpung dengan bahan
dasar daur ulang untuk membuat berbagai produk, ternyata tidak membuat Sandra menjadi
bosan. Dia tetap setia dengan produk dari daur ulang, mulai dari biji-bijian,
daundaunan kering, kerang, sampai pasir laut. Hasil dari kerja keras Sandra
telah berbuah manis. Sekarang ini ia sudah dapat mempekerjakan 10 perajin tetap
dan 5 perajin dengan sistem borongan. Produknya pun semakin beragam, selain
pernak-pernik, dia juga menerima pesanan untuk paket pernikahan.
Sandra menjual produk cenderamata dari
Rp2.500,00 hingga Rp25.000,00 per buah. Adapun untuk paket pernikahan, harganya
tergantung bahan baku dan kerumitan pembuatan, sesuai dengan model yang
diinginkan pemesan. Khusus untuk undangan pernikahan, harganya berkisar antara
Rp2.500,00
hingga Rp22.500,00 per lembar.
Usaha Sandra kini dapat disebut sudah mantap.
Konsumennya tidak hanya di sekitar Surabaya, tetapi sampai ke Suriname,
Belanda, dan Malaysia. Meskipun konsumennya dari berbagai tempat, Sandra
mengaku hingga kini belum memiliki keinginan untuk mengekspor produknya. Ia pun
tidak memiliki
impian untuk mengekspor produknya. Ia hanya
menginginkan agar usaha kerajinannya itu bisa bertahan dari generasi ke
generasi berikutnya.
Sumber:
Membuat
Usaha Sukses dari Rumah, Penerbit Buku Kompas, 2006
(Diambil
seperlunya dengan pengubahan)
Kunci Jawaban
a.
Pilihan Ganda
1. C
2. D
3. A
4. B
5. C
b.
Esai
1. Tujuan utama
menbaca cepat:
a.
Memperoleh
kesan umum dari suatu buku, artikel, atau tulisan singkat
b.
Menenmukan
hal tertentu dari suatu bahan bacaan
c.
menemukan
atau menempatkan bahan yang diperlukan dalam perpustakaan.
3. Siswa diharapkan dapat membaca cepat dengan 230 – 250
kata per menit.
Pedoman Penskoran
a. Pedoman
Penskoran Pilihan Ganda
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1.
|
a.
Siswa dapat menjawab 5 soal pilihan ganda
b.
Siswa dapat menjawab 4 soal pilihan ganda
c.
Siswa dapat menjawab 3 soal pilihan ganda
d.
Siswa dapat menjawab 2 soal pilihan ganda
e.
Siswa dapat menjawab 1 soal pilihan ganda
f.
Siswa Tidak dapat menjawab seluruh soal pilihan ganda
|
50
40
30
20
10
0
|
Jumlah
|
50
|
b. Pedoman
Penskoran Esai
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1.
|
a.
Siswa dapat menyebutkan 3 tujuan membaca cepat
b.
Siswa dapat menyebutkan 2 tujuan membaca cepat
c.
Siswa dapat menyebutkan 1 tujuan membaca cepat
d.
Siswa tidak dapat menyebutkan tujuan membaca cepat
|
25
15
5
0
|
2.
|
a.
Siswa dapat membaca cepat dengan 230 – 250 kata per menit.
b.
Siswa tidak dapat membuat kalimat dengan mengunakan kata-kata yang sudah ditemukan
|
25
0
|
Jumlah
|
50
|
Rentang Skor : 1-100
Skor Maksimal : 100
Soal Pilihan Ganda : 50
Soal Esai : 50
Skor Perolehan
Nilai Akhir = x 100
Skor Maksimal
Palangkaraya, Oktober
Praktikan,
Edi Susilo, S.Pd.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar