Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
A. Identitas
Sekolah
Sekolah :
SMK-YPSEI PALANGKARAYA
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
X/I
Pertemuan Ke :
7 (Ketujuh)
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit
B. Standar
Kompetensi
Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat
semenjana
C. Kompetensi
Dasar
1.4 Memahami informasi tertulis dalam berbagai bentuk
teks
D. Indikator
No.
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
|
1.
|
Mengetahui apa itu fakta dan opini
|
Dapat dipercaya (Trustworthinos),
rasa hormat dan perhatian (Respect),
tekun (Diligence), tanggung jawab (Responsibility)
|
Kepemimpinan
|
2.
|
Menemukan fakta dan opini dalam sebuah teks wacana
|
E. Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat:
1.
Mengetahui
apa itu fakta dan opini
2.
Menemukan
fakta dan opini dalam sebuah teks wacana
F. Materi
Pembelajaran
1.
Pengertian Fakta dan Opini
Dalam berbahasa Indonesia, sering
kali kita menemukan kalimat-kalimat yang merupakan kalimat fakta atau kalimat
pendapat. Kalimat-kalimat ini sering bercampur dalam kehidupan sosial kita.
Untuk dapat membedakan dengan jelas yang mana kalimat fakta dan mana kalimat
pendapat dapat dilihat pada penjelasan di bawah ini.
Fakta adalah hal atau keadaan yang benar-benar ada
atau terjadi. Setiap orang akan memiliki kesamaan dalam pengamatan fakta.
Opini adalah pendapat, ide atau
pikiran untuk menjelaskan kecenderungan atau preferensi tertentu terhadap perspektif dan ideologi akan tetapi bersifat tidak objektif karena belum mendapatkan pemastian atau pengujian, dapat pula merupakan
sebuah pernyataan tentang sesuatu yang berlaku pada masa depan dan kebenaran
atau kesalahannya serta tidak dapat langsung ditentukan misalnya menurut pembuktian melalui induksi. Opini bukanlah merupakan sebuah fakta, akan tetapi jika di kemudian hari
dapat dibuktikan atau diverifikasi, maka opini akan berubah menjadi
sebuah kenyataan atau fakta.
Opini juga merupakan perkiraan, pikiran, pendapat, atau
anggapan tentang suatu hal. Pendapat orang mengenai suatu hal berbeda-beda.
Perbedaan pendapat bergantung pada sudut pandang dan latar belakang yang
dimiliki. Pendapat dapat berupa saran, kritik, tanggapan, harapan, nasihat,
atau ajakan.
Jadi, perbedaan fakta dan pendapat adalah fakta merupakan penyataan
yang tak terbantahkan lagi kebenarannya sedangkan pendapat merupakan penyataan
yang belum tentu kebenarannya.
Ciri-ciri fakta:
1.
Benar-benar terjadi
2.
Sifatnya objektif
3.
Waktu, tempat, dan tanggal peristiwa jelas
4.
Diperkuat dengan angka-angka
Ciri-ciri opini:
1.
Belum terjadi (baru rencana)
2.
Berupa pendapat
3.
Bersifat subjektif
4.
Keterangannya belum jelas
Tujuan utama membaca antar lain untuk memperoleh
informasi atau pesan isi wacana. Informasi yang kita peroleh dapat berupa fakta
atau opini. Fakta berarti suatu hal nyata, benar-benar terjadi, sedangkan opini
merupakan pendapat atau pikiran seseorang mengenai suatu hal, pertimbangan,
atau saran-saran.
Contoh fakta:
1.
Pada
bulan Mei 1998. Lima perusahaan promotor, yaitu Ericson, IMB, Intel, Nokia dan
Toshiba membentuk sebuah Special
Interenst Group (SIG) dan memulai untuk membuat spesifikasi yang dinamai bluetooth.
2.
Pada bulan Juli 1999 dokumen spesifikasi bluetooth versi 1.0 mulai diluncurkan.
Contoh
opini:
1. perkembangan
teknologi di pulau Jawa dan kota-kota besar di luar Jawa dapat dikatakan sangat
pesat, namaun masih banyak daerah-daerah terpencil dan terisolasi.
2. Untuk
mengoptimalkan penggunaan komunikasi radio, diperlukan onformasi perkiraan
kondisi lapisan ionosfir yang terjadi pada saat berkomunikasi.
G. Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Kontekstual
Metode : Diskusi
Model : Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ)
H. Langkah-langkah
Pembelajaran
No.
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Nilai Budaya dan Karakter
Bangsa
|
1.
|
Kegiatan Awal
a.
Guru mengucapkan salam
b.
Guru mengecek daftar hadir
c.
Guru menyampaikan SK, KD, dan tujuan Pembelajaran.
d.
Guru menyampaikan Apersepsi (untuk memotivasi)
|
15 menit
|
Bersahabat/ komunikatif
|
2.
|
Kegiatan Inti
I.
Eksplorasi
a.
Guru membentuk kelompok yang beranggotakan 4 orang secara heterogen
b.
Guru membagikan wacana sesuai dengan topik pembelajaran
c.
Guru menjelaskan materi yang menjadi acuan untuk
pembelajaran
II. Elaborasi
a.
Siswa saling bekerja sama saling membacakan dan menemukan fakta dan opini
dan memberikan tanggapan terhadap wacana yang ditulis di lembar kertas
b.
Setiap perwakilan kelompok mempresentasikan atau membacakan hasil
diskusinya.
c.
Guru menyimpulkan hasil presentasi dari setiap kelompok
III. Konfirmasi
a.
Guru dan siswa melakukan tanya jawab
b.
Guru menjelaskan hal-hal yang belum dimengerti
|
60 menit
|
Komunikatif
Tanggung jawab
percaya diri
Bersahabat
jujur
|
3.
|
Kegiatan Akhir
a.
Guru memberikan evaluasi
b.
Guru bersama siswa menyimpulkan meteri pembelajaran
c.
Guru mengakhiri kegiatan dengan menutup salam
|
15 menit
|
Mandiri
Tanggung Jawab
Religius
|
d.
Sumber Alat dan Bahan Belajar
Sumber Belajar : Buku
Sekolah Elektronik Bahasa Indonesia
untuk SMK Kelas X
Alat dan Bahan : Laptop, LCD, Fotokopi Lembar Wacana
e.
Penilaian
Jenis Tagihan :
Tugas individu
Bentuk Instrumen :
Pilihan Ganda dan Uraian Bebas
KKM :
70
f.
Evaluasi
a. Soal
Pilihan Ganda
1.
(1) Peserta Perkebunan Inti Rakyat (PIR) kelapa sawit, di
Desa Suka Makmur bukan hanya memerlukan rumah yang layak huni. (2) Mereka tahu
betul, arti rumah yang sehat dan indah. (3) Untuk bisa memilih
rumah, mereka melakukan arisan di antara kelompok tani. (4)
Sekarang di desa yang ditempati tahun 1986 itu telah berdiri 200 rumah permanen
dengan ukuran rata-rata 12 x 14 meter. (5) Dua puluh anggota kelompok tani
Bunga Kantil memiliki rumah baru dan permanen.
Kalimat yang berisi fakta terdapat pada nomor
. . . .
a.
(1) dan (2)
b.
(3) dan (4)
c.
(3) dan (5)
d.
(4) dan (5)
2.
Yang
merupakan ciri-ciri fakta dibawah ini, kecuali....
a.
Benar-benar terjadi
b.
Bersifat subjektif
c.
Sifatnya objektif
d.
Waktu, tempat, dan tanggal peristiwa jelas
3.
Yang merupakan ciri-ciri opini dibawah ini adalah.....
a.
Belum terjadi (baru rencana)
b. Sifatnya
objektif
c. Waktu, tempat,
dan tanggal peristiwa jelas
d. Bener-benar
terjadi
4.
Di
bawah ini yang merupakan kalimat fakta adalah....
a. Perkembangan
teknologi di pulau Jawa dan kota-kota besar di luar Jawa dapat dikatakan sangat
pesat, namaun masih banyak daerah-daerah terpencil dan terisolasi.
b. Untuk
mengoptimalkan penggunaan komunikasi radio, diperlukan onformasi perkiraan
kondisi lapisan ionosfir yang terjadi pada saat berkomunikasi.
c.
Peserta Perkebunan Inti Rakyat (PIR) kelapa sawit, di
Desa Suka Makmur bukan hanya memerlukan rumah yang layak huni.
d.
Pada
bulan Mei 1998. Lima perusahaan promotor, yaitu Ericson, IMB, Intel, Nokia dan
Toshiba membentuk sebuah Special
Interenst Group (SIG) dan memulai untuk membuat spesifikasi yang dinamai bluetooth.
5. Di bawah ini yang merupakan
kalimat opini adalah....
a. Penyakit yang
pertama kali dilaporkan pada September 2009 itu dijuluki penyakit mengangguk
karena menyebabkan penderitanya menganggung-angguk.
b. Penyakit aneh itu
kini menyebar ke beberapa distrik di wilayah utara Uganda, seperti Kitgum,
Lamwo, Pader, Agago, dan Amuru.
c.
Dokter memperkirakan, jika kembali sadar, kemungkinan
Yanto bisa mengalami kerusakan ingatan, bisu, atau lumpuh.
d. Penyakit aneh
tersebut ditandai dengan kepala yang mengangguk, keterbelakangan mental, dan
pertumbuhan badan anak dan remaja yang terinfeksi akan terhambat. Ketika makan,
penderita baik anak-anak maupun dewasa, kepalanya akan mengangguk-angguk.
b. Soal
Esai
1.
Jelaskan
pengertian fakta dan opini!
2.
Temukan
1 kalimat fakta dan opini yang terdapat dalam wacana di bawah ini!
Hulu Harus
Direstorasi
Kerusakan
TNGHS Akibat Aktivitas Masyarakat dan
Pembangunan
Upaya restorasi hutan di kawasan Taman Nasional Gunung
Halimun-Salak atau TNGHS mendesak dilakukan. Kerusakan hutan di kawasan itu
kian parah sehingga dikhawatirkan mengancam kuantitas dan kualitas air di
bagian hulu sungai yang mengalir ke Jakarta, Tangerang, dan Bekasi.
Menurut pengajar Departemen Konservasi Sumber Daya Hutan
dan Ekowisata Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor, Dones Rinaldi, jika
hutan taman nasional itu tak segera direstorasi dan dikembalikan pada habitat
semula, selama itu pula dampak bencana seperti banjir linear akan dialami.
Dones bersama delapan peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan
Indonesia (LIPI) dan Japan International Cooperation Agency (JICA), pada 25-28
Maret 2008 melakukan pengecekan lapangan untuk mendapatkan data atau kondisi
terkini terkait kerusakan hutan di kawasan Kodidor (lintasan satwa/ genetik)
Halimun-Salak TNGHS.
Jawablah pertanyaan di bawah
ini!
Kunci Jawaban
a. Kunci
Jawaban Pilihan Ganda
1.
D
2.
B
3.
A
4.
D
5.
C
b. Kunci
Jawaban Esai
1. Fakta adalah hal atau keadaan yang benar-benar ada
atau terjadi. Setiap orang akan memiliki kesamaan dalam pengamatan fakta.
Opini juga merupakan perkiraan, pikiran, pendapat, atau
anggapan tentang suatu hal. Pendapat orang mengenai suatu hal berbeda-beda.
2.
Yang
merupakan kalimat fakta dalam wacana di atas adalah
“Dones bersama delapan peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan
Indonesia (LIPI) dan Japan International Cooperation Agency (JICA), pada 25-28
Maret 2008 melakukan pengecekan lapangan untuk mendapatkan data atau kondisi
terkini terkait kerusakan hutan di kawasan Kodidor (lintasan satwa/ genetik)
Halimun-Salak TNGHS”.
Yang merupakan kalimat opini pada wacana di atas adalah
“Menurut pengajar Departemen Konservasi Sumber Daya Hutan
dan Ekowisata Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor, Dones Rinaldi, jika
hutan taman nasional itu tak segera direstorasi dan dikembalikan pada habitat
semula, selama itu pula dampak bencana seperti banjir linear akan dialami”.
Pedoman Penskoran
a. Pedoman
Penskoran Pilihan Ganda
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1.
|
a.
Siswa dapat menjawab 5 soal pilihan ganda
b.
Siswa dapat menjawab 4 soal pilihan ganda
c.
Siswa dapat menjawab 3 soal pilihan ganda
d.
Siswa dapat menjawab 2 soal pilihan ganda
e.
Siswa dapat menjawab 1 soal pilihan ganda
f.
Siswa Tidak dapat menjawab seluruh soal pilihan ganda
|
50
40
30
20
10
0
|
Jumlah
|
50
|
b. Pedoman
Penskoran Esai
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1.
|
a.
Siswa dapat mendefinisikan fakta dan opini
b.
Siswa dapat mendefinisikan Fakta saja
c.
Siswa dapat mendefinisikan opini saja
d.
Siswa tidak mendefinisikan fakta dan opini
|
25
12,5
12,5
0
|
2.
|
a.
Siswa dapat menemukan kalimat fakta dan opini dalam wacana
b.
Siswa hanya menemukan kalimat fakta dalam wacana
c.
Siswa hanya menemukan kalimat opini dalam wacana
d.
Siswa tidak dapat menemukan kalimat fakta dan opini dalam wacana
|
25
12,5
12,5
0
|
Jumlah
|
50
|
Rentang Skor : 1-100
Skor Maksimal : 100
Soal Pilihan Ganda : 50
Soal Esai : 50
Skor Perolehan
Nilai Akhir = x 100
Skor Maksimal
Palangkaraya, Oktober
Praktikan,
Edi Susilo, S.Pd.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar