Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
A. Identitas
Sekolah
Sekolah :
SMK-YPSEI PALANGKARAYA
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
X/I
Pertemuan Ke :
10 (Sepuluh)
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit
B. Standar
Kompetensi
Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat
semenjana
C. Kompetensi
Dasar
1.4 Memahami
informasi tertulis dalam berbagai bentuk teks
D. Indikator
No.
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
|
1.
|
Mendefinisikan jenis-jenis karangan
|
Dapat dipercaya (Trustworthinos),
rasa hormat dan perhatian (Respect),
tekun (Diligence), tanggung jawab (Responsibility)
|
Kepemimpinan
|
2.
|
Membedakan jenis-jenis karangan
|
E. Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat:
1.
Mendefinisikan
jenis-jenis karangan
2.
Membedakan
jenis-jenis karangan
F. Materi
Pembelajaran
Secara umum, bentuk tulisan atau karangan terbagi menjadi
lima jenis, yaitu: narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, dan persuasi.
1.
Karangan
narasi adalah tulisan yang berupa rangkaian peristiwa yang berlangsung pada
waktu tertentu. Dalam paragraf narasi ada tiga unsur utama; (1) adanya
tokoh-tokoh; (2) adanya kejadian; dan (3) adanya latar atau ruang dan waktu.
Contoh:
Malam itu Ayah kelihatan
benar-benar marah. Aku sama sekali dilarang berteman dengan Syairul. Bahkan,
Ayah mengatakan bahwa aku akan diantar dan dijemput ke sekolah. Itu semua
gara-gara Slamet yang telah memperkenal aku dengan Siti.
2.
Karangan
deskripsi ialah tulisan yang berisi gambaran suatu objek sebagai hasil
pengamatan penulisnya dan dijelaskan secara objektif agar pembaca dapat
merasakan objek sebagaimana yang dirasakan oleh penulisnya. Paragraf ini
menggambarkan sesuatu hal dengan kata-kata secara jelas dan terperinci. Contoh
karangan deskripsi, yaitu deskripsi tempat, deskripsi orang, dan deskripsi
suasana.
Contoh:
Pasar Tanah Abang adalah sebuah
pasar yang sempurna. Semua barang ada di sana. Di toko yang paling depan,
berderet toko sepatu dalam dan luar negeri. Di lantai dasar, terdapat toko kain
yang lengkap dan berderetderet. Di samping kanan pasar, terdapat warung-warung
kecil penjual sayur dan bahan dapur. Di samping kiri ada pula berjenis-jenis
buah-buahan. Pada bagian belakang, kita dapat menemukan berpuluh-puluh pedagang
daging.
3.
Karangan
eksposisi ialah karangan yang memaparkan serta menjelaskan tentang suatu hal.
Tujuannya agar pembaca bertambah wawasan dan pengetahuan. Contoh tulisan
eksposisi, yaitu tulisan tentang cara merawat wajah, langkah-langkah membaca
efektif, dan lain sebagainya.
Contoh:
Pasar Tanah Abang adalah pasar
yang kompleks. Di lantai dasar terdapat sembilan puluh kios penjual kain dasar.
Setiap hari rata-rata terjual tiga ratus meter untuk setiap kios. Dari data
ini, dapat diperkirakan berapa besarnya uang yang masuk ke kas DKI dari Pasar
Tanah Abang.
4.
Karangan
argumentasi merupakan karangan berisi alasan-alasan yang kuat untuk membuktikan
kebenaran suatu pendapat dengan mengemukakan data dan fakta. Contoh jenis
karangan argumentasi ialah tajuk rencana, artikel, karangan ilmiah, dan
sebagainya.
Contoh:
Dua tahun terakhir, terhitung
sejak Boeing B-737 milik maskapai penerbangan Aloha Airlines celaka, isu
pesawat tua mencuat ke permukaan. Ini dapat dimaklumi sebab pesawat yang
badannya koyak sepanjang 4 meter itu sudah dioperasikan lebih dari 19 tahun.
Oleh karena itu, adalah cukup beralasan jika orang menjadi cemas terbang dengan
pesawat berusia tua. Di Indonesia, yang mengagetkan, lebih dari 60 persen pesawat
yang beroperasi adalah pesawat tua.
5.
Karangan persuasi ialah tulisan atau karangan
yang mengutarakan pendapat disertai bukti-bukti yang kuat dengan tujuan
mengajak, membujuk, menghimbau, dan memengaruhi pembaca agar melakukan tindakan
sesuai dengan yang diharapkan penulis. Jenis karangan persuasi dapat dilihat
pada tulisan yang bersifat propaganda, iklan, dan sebagainya.
Contoh:
Sampah yang setiap harinya dibuang
terdiri atas sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik adalah sampah
yang berasal dari sisa-sisa makanan dan sampah basah yang dapat membusuk.
Sampah anorganik ialah sebaliknya yang tak dapat membusuk seperti plastik,
kaca, karet, kulit dan sebagainya. Jika setiap harinya sampah dibuang oleh
setiap orang, dapat dibayangkan berapa puluh dan ribu ton akan terkumpul. Tidak
semuanya dapat didaur ulang. Oleh sebab itu, kita dapat membantu memilah
sampah, untuk mengurangi tumpukan sampah, yaitu dengan cara sampah yang organik
dapat dikubur di dalam tanah ukuran 3 x 3 m. Kemudian sampah yang anorganik
dapat diberikan kepada pemulung untuk didaur ulang. Dengan demikian, kita telah
membantu mengurangi tumpukan sampah setiap harinya di pembuangan sampah akhir.
G. Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Kontekstual
Metode : Ceramah dan Diskusi
Model : Student Teams-Acievement Divisions (STAD)
H. Langkah-langkah
Pembelajaran
No.
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Nilai Budaya dan Karakter
Bangsa
|
1.
|
Kegiatan Awal
a.
Guru mengucapkan salam
b.
Guru mengecek daftar hadir
c.
Guru menyampaikan SK, KD, dan tujuan Pembelajaran.
d.
Guru menyampaikan Apersepsi (untuk memotivasi)
|
15 menit
|
Bersahabat/ komunikatif
|
2.
|
Kegiatan Inti
I.
Eksplorasi
a.
Guru membentuk kelompok yang beranggotakan 4 orang secara heterogen
b.
Guru menjelaskan materi yang menjadi acuan untuk pembelajaran
c.
Guru memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota
kelompok
II. Elaborasi
a.
Seluruh anggota kelompok mengerjakan tugas yang diberikan
b.
Setiap perwakilan kelompok mempresentasikan atau membacakan hasil
diskusinya.
c.
Kelompok lain menanggapi hasil kelompok lain
III. Konfirmasi
a.
Guru dan siswa melakukan tanya jawab
b.
Guru menjelaskan hal-hal yang belum dimengerti
|
60 menit
|
Komunikatif
Tanggung jawab
percaya diri
Bersahabat
jujur
|
3.
|
Kegiatan Akhir
a.
Guru memberikan evaluasi
b.
Guru bersama siswa menyimpulkan meteri pembelajaran
c.
Guru mengakhiri kegiatan dengan menutup salam
|
15 menit
|
Mandiri
Tanggung Jawab
Religius
|
J. Sumber
Alat dan Bahan Belajar
Sumber Belajar : Buku
Sekolah Elektronik Bahasa Indonesia
untuk SMK Kelas X
Irman, Mokhamad dkk. 2008. Bahasa Indonesia 1 untuk SMK/MAK semua program kejuruan kelas X. Jakarta:
Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan
Alat dan Bahan : Laptop, LCD
K. Penilaian
Jenis Tagihan :
Tugas individu
Bentuk Instrumen :
Pilihan Ganda dan Uraian bebas
KKM :
70
L. Evaluasi
Jawablah pertanyaan di bawah ini!
a. Soal
Pilihan Ganda
1.
“Malam itu Ayah kelihatan benar-benar marah. Aku sama
sekali dilarang berteman dengan Syairul. Bahkan, Ayah mengatakan bahwa aku akan
diantar dan dijemput ke sekolah. Itu semua gara-gara Slamet yang telah
memperkenal aku dengan Siti”.
Termasuk karangan apakah kalimat
di atas.....
a.
Eksposisi c.
Argumentasi
b.
Narasi d.
Deskripsi
2.
Yang
termasuk unsur utama paragraf narasi adalah....
a.
Adanya
tokoh-tokoh c. Adanya latar atau ruang dan waktu
b.
Adanya
kejadian d.
Jawaban A, B, dan C benar
3.
Karangan
yang memaparkan serta menjelaskan tentang suatu hal merupakan karangan....
a.
Eksposisi c.
Persuasi
b.
Argumentasi d. Deskripsi
4.
Terdiri dari berapakah bentuk karangan......
a.
3 c.
5
b.
4 d.
6
5.
Tajuk
rencana, artikel, dan karangan ilmiah termasuk dalam karangan....
a.
Narasi c.
Deskripsi
b.
Argumentasi d. Persuasi
b.Soal
Esai
1.
Sebutkan
dan jelaskan 5 jenis karangan!
2.
Tentukanlah
jenis karangan di bawah ini!
Paragraf 1
Minat baca adalah suatu rasa lebih suka atau rasa keterkaitan pada suatu
hal atau aktivitas, tanpa ada yang menyuruh. Minat pada dasarnya adalah
penerimaan akan suatu hubungan antara diri sendiri dengan dunia luar diri.
Semakin kuat atau dekat hubungan tersebut, semakin besar minat orang itu.
Semakin besar minat seseorang terhadap suatu bidang ilmu, semakin banyak
waktu yang ia gunakan untuk mengkajinya dan semakin banyak pula buku yang ia
baca.
|
Paragraf 2
Merebus air tidak harus dengan api, namun dapat menggunakan sinar
matahari. Caranya, siapkan botol dan cuci hingga bersih. Masukkan air dalam
botol, tutup rapat, dan panaskan di bawah matahari. Lama pemanasan adalah 6
jam. Setelah 6 jam, ambil botol, kemudian dinginkan sebentar sekitar kurang
lebih 5 menit. Air siap diminum.
|
Paragraf 3
Jika senang bepergian, Anda
tentunya memiliki banyak persiapan dalam menghadapi liburan ini. Persiapan
yang terpenting adalah kesehatan fisik. Anda tidak mungkin dapat berlibur
jika terserang penyakit. Oleh karena itulah, kami ciptakan sebuah produk
multivitamin terbaik. Selain vitamin A, B Kompleks, dan vitamin C,
multivitamin ini pun diperkaya oleh vitamin D yang dapat menguatkan tulang,
serta vitamin E agar kulit Anda senantiasa sehat. Dengan tubuh yang sehat dan
bugar, berbagai aktivitas dapat Anda lakukan dengan bersemangat. Jika Anda
ingin senantiasa sehat dan mendapatkan khasiat dari Xavier-C, segera kunjungi
apotek terdekat di kota Anda. Dijamin, Anda tidak akan pernah merasa kecewa.
(Somad, 2007).
|
Paragraf 4
Lapangan sekolah kami berada tepat di tengah-tengah gedung sekolah. Di
setiap sisi lapangan terdapat taman-taman kecil dengan aneka bunga dan
tumbuhan lainnya. Lapangan tersebut berukuran setengah 100 x120 meter.
Lumayan luas, bukan? Selain untuk upacara penaikan bendera, kadang kami
menggunakan lapangan tersebut untuk bermain basket atau sepak bola. Di
sebelah utara, tepatnya di dekat kelas kami, terdapat tiang bendera. Adapun
di sebelah timur dan barat terdapat ring basket. Di bagian-bagian tertentu ada
lubang yang berguna sebagai pancang tiang untuk net voli atau net sepak
takraw. (Somad, 2007).
|
Paragraf 5
Kemudian mobil
meluncur kembali, Nyonya Marta tampak bersandar lesu. Tangannya dibalut dan
terikat ke leher. Mobil berhenti di depan rumah. Lalu bawahan suaminya
beserta istri-istri mereka keluar rumah menyongsong. Tuan Hasan memapah
istrinya yang sakit. Sementara bawahan Tuan Hasan saling berlomba menyambut
kedatangan Nyonya Marta.
|
Kunci Jawaban
a. Kunci
Jawaban Pilihan Ganda
3.
B
4.
D
5.
A
6.
C
7.
B
b. Kunci
Jawaban Esai
1. Jenis-jenis karangan:
a.
Karangan
narasi adalah tulisan yang berupa rangkaian peristiwa yang berlangsung pada
waktu tertentu. Narasi merupakan teks yang bertujuan untuk menceritakan suatu
peristiwa atau kejadian sehingga pembaca seolah-olah mengalami sendiri kejadian
itu.
b.
Karangan
Deskripsi ialah tulisan yang berisi gambaran suatu objek sebagai hasil
pengamatan penulisnya dan dijelaskan secara objektif agar pembaca dapat
merasakan objek sebagaimana yang dirasakan oleh penulisnya.
c.
Karangan
eksposisi ialah tulisan atau karangan yang memaparkan serta menjelaskan tentang
suatu hal. Tujuannya agar pembaca bertambah wawasan dan pengetahuan.
d.
Karangan
argumentasi merupakan jenis karangan berisi alasan-alasan yang kuat untuk
membuktikan kebenaran suatu pendapat dengan mengemukakan data dan fakta.
e.
Karangan
persuasi ialah tulisan atau karangan yang mengutarakan pendapat disertai
bukti-bukti yang kuat dengan tujuan mengajak, membujuk, menghimbau, atau
memengaruhi pembaca agar melakukan tindakan sesuai dengan yang diharapkan
penulis.
2.
Jenis
karangan yang ada pada paragraf 1-5 adalah
a.
Paragraf
1 merupakan karangan argumentasi
b.
Paragraf
2 merupakan karangan ekposisi
c.
Paragraf
3 merupakan karangan persuasi
d.
Paragraf
4 merupakan karangan deskripsi
e.
Paragraf
5 merupakan karangan narasi
Pedoman Penskoran
a. Pedoman
Penskoran Pilihan Ganda
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1.
|
a.
Siswa dapat menjawab 5 soal pilihan ganda
b.
Siswa dapat menjawab 4 soal pilihan ganda
c.
Siswa dapat menjawab 3 soal pilihan ganda
d.
Siswa dapat menjawab 2 soal pilihan ganda
e.
Siswa dapat menjawab 1 soal pilihan ganda
f.
Siswa Tidak dapat menjawab seluruh soal pilihan ganda
|
50
40
30
20
10
0
|
Jumlah
|
50
|
b. Pedoman
Penskoran Esai
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1.
|
a.
Siswa mampu mendefinisikan 5 jenis karangan
b.
Siswa mampu mendefinisikan 4 jenis karangan
c.
Siswa mampu mendefinisikan 3 jenis karangan
d.
Siswa mampu mendefinisikan 2 jenis karangan
e.
Siswa mampu mendefinisikan 1 jenis karangan
f.
Siswa tidak mampu mendefinisikan jenis karangan
|
25
20
15
10
5
0
|
2.
|
a.
Siswa dapat menentukan 5 jenis karangan
b.
Siswa dapat menentukan 4 jenis karangan
c.
Siswa dapat menentukan 3 jenis karangan
d.
Siswa dapat menentukan 2 jenis karangan
e.
Siswa dapat menentukan 1 jenis karangan
f.
Siswa tidak dapat menentukan jenis karangan
|
25
20
15
10
5
0
|
Jumlah
|
50
|
Rentang Skor : 1-100
Skor Maksimal : 100
Soal Pilihan Ganda : 50
Soal Esai : 50
Skor Perolehan
Nilai Akhir = x 100
Skor Maksimal
Palangkaraya, November
Praktikan,
Edi Susilo
Tidak ada komentar:
Posting Komentar