Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
A. Identitas
Sekolah
Sekolah :
SMK-YPSEI PALANGKARAYA
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
X/I
Pertemuan Ke :
4 (Empat)
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit
B. Standar
Kompetensi
Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat
semenjana
C. Kompetensi
Dasar
1.2 Menyimak untuk memahami informasi lisan dalam konteks
masyarakat
D. Indikator
No.
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
|
1.
|
Menentukan kata yang
menyatakan proses dalam wacana
|
Dapat dipercaya (Trustworthinos),
rasa hormat dan perhatian (Respect),
tekun (Diligence), tanggung jawab (Responsibility).
|
Kepemimpinan
|
2.
|
Menentukan kata yang menyatakan hasil dalam wacana
|
E. Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat:
1.
Menentukan
kata yang menyatakan proses dalam wacana
2.
Menentukan
kata yang menyatakan hasil dalam wacana
F. Materi
Pembelajaran
A.
Memahami
Penanda Uraian Proses dan Hasil
Dalam karangan berbentuk eksposisi, sering ditemui uraian cara atau proses
yang diakhiri dengan hasil yang didapatkan. Uraian proses biasanya menggunakan
kata-kata hubung lalu, kemudian, berikutnya, selanjutnya, dan sebagainya
yang menunjukkan adanya urutan waktu atau berlangsungnya suatu pekerjaan.
Secara gramatikal, uraian proses ditandai oleh penggunaan bentukan kata dasar
(nomina, verba, atau adjektiva) dengan imbuhan pe–an. Untuk uraian hasil
ditandai oleh akhiran –an yang dilekatkan pada kata dasar verba.
Contoh penanda proses:
a. Pengevakuasian korban gempa di
Kepulauan Nias berlangsung dua hari.
Pegevakuasian = pe–an + evakuasi (verba) proses mengevakuasi
b.
Pemutihan kepemilikan KTP di Kelurahan Manggarai merupakan kebijakan Lurah yang baru.
Pemutihan = pe–an +
putih (adjektiva) proses memutihkan membuat secara kolektif
c.
Bunga akan
muncul setelah pemupukan yang intensif.
Pemupukan = pe–an + pupuk (nomina) proses memupuk/memberi pupuk.
Contoh penanda hasil:
a.
Mereka
digrebek oleh polisi saat menghitung hasil rampokan di sebuah pematang
sawah.
Rampokan = rampok (verba) + -an hasil merampok
b.
Ia menjual lukisannya
hingga mencapai kisaran lima juta rupiah.
Lukisan = lukis (verba) + -an hasil melukis
c.
Pantauan penghitungan sementara pemilihan kepala daerah di Bekasi dimenangkan oleh
pasangan Saadudin dan Ramli.
Pantauan = pantau
(verba) + -an hasil memantau
Informasi yang
menggambarkan proses pada kalimat biasanya ditandai dengan imbuhan pe-an, sedangkan untuk hasil biasanya
ditandai akhiran –an.
Beberapa contoh kata yang menyatakan proses, antara lain,
sebagai berikut.
a.
Imbuhan
me- seperti pada menata, menulis, dan menabung.
b.
Imbuhan
me(N)-kan seperti pada menayangkan, menebarkan, dan menuliskan.
c.
Imbuhan
ber- seperti pada bergembira, berdoa, dan bernyanyi.
d.
Imbuhan
pe(N)-an seperti pada penayangan, penebangan, dan pendaftaran.
e.
Imbuhan
–isasi seperti pada standarisasi, industrialisasi, dan sentralisasi.
Beberapa contoh kata berimbuhan yang menyatakan hasil,
antara lain, sebagai berikut.
a. Imbuhan –an seperti pada tendangan, pukulan,
dan hukuman.
b. Imbuhan pe(N)-an seperti pada pendanaan,
pendulangan, dan penataan.
c. Imbuhan per-an seperti pada pertobatan,
perdamaian, dan persatuan.
B. Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Kontekstual
Metode : Tanya Jawab
Model : Tongkat Berbicara (Talking Stick)
C. Langkah-langkah
Pembelajaran
No.
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Nilai Budaya dan Karakter
Bangsa
|
1.
|
Kegiatan Awal
a.
Guru mengucapkan salam
b.
Guru mengecek daftar hadir
c.
Guru menyampaikan SK, KD, dan tujuan Pembelajaran.
d.
Guru menyampaikan Apersepsi (untuk memotivasi)
|
15 menit
|
Bersahabat/ komunikatif
|
2.
|
Kegiatan Inti
I. Eksplorasi
a. Guru menyiapkan
tongkat
II. Elaborasi
a.
Guru menyampakan materi yang akan di pelajari, kemudian memberikan
kesempatan kepada siswa untuk membaca
dan mempelajari materi.
b.
Setelah selesai membaca materi/buku pelajaran dan mempelajari, siswa
menutup bukunya.
c.
Guru mengambil tongkat dan memberikan pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat
tersebut harus menjawabnya, demikian seterusnya sampai sebagian siswa dapat
bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru.
III. Konfirmasi
a.
Guru dan murid melakukan tanya jawab
b.
Guru dan siswa memberikan kesimpulan
|
60 menit
|
Komunikatif
Tanggung jawab
percaya diri
Bersahabat
jujur
|
3.
|
Kegiatan Akhir
a.
Guru memberikan evaluasi
b.
Guru mengakhiri kegiatan dengan menutup salam
|
15 menit
|
Mandiri
Tanggung Jawab
Religius
|
D. Sumber
Alat dan Bahan Belajar
Sumber Belajar : Buku
Sekolah Elektronik Bahasa Indonesia
untuk SMK Kelas X
Alat dan Bahan : Laptop, LCD, Tongkat, Kertas materi yang
dibagikan.
E. Penilaian
Jenis Tagihan :
Tugas individu
Bentuk Instrumen :
Uraian bebas
KKM :
70
F. Evaluasi
a. Soal
Pilihan Ganda
1.
Kata
berimbuhan yang menyatakan hasil, antara lain....
a. Tendangan c. Lukisan
b.
Rampok d. Pendaftaran
2.
Kata
imbuhan yang menyatakan proses, antara lain....
a.
Penataan c. Menabung
b.
Pendulangan d. Persatuan
3.
“Perlawanan
dalam skala besar pertama berlangsung pata pertemuan WTO di Seattle, As”.
Kata yang menyatakan
hasil dalam kalimat di atas adalah....
a.
Berlangsung c. Perlawanan
b.
Pertemuan d. Pertama
4.
“Mereka
melakkan demo besar-besaran untuk menghentikan pertemuan tersebut. Mereka
berasal dari berbagai kalangan, seperti kelompok lingkungan, kelompok
perempuan, kelompok buruh, kelompok petani, dan berbagai kelompok sosialis”.
Kata yang
menyatakan proses dalam wacana di atas, kecuali....
a.
Lingkungan c. Perempuan
b.
Kalangan
d. Menghentikan
5.
Kata
berimbuhan yang menyatakan proses, kecuali....
a.
Bergembira c. Berdoa
b.
Perdamaian d. Bernyanyi
b.Soal
Esai
Jawablah pertanyaan di bawah
ini!
1.
Bacalah
kutipan wacana di bawah ini, tulislah tiga kata-kata berimbuhan yang menyatakan
proses!
2.
Bacalah
kutipan wacana di bawah ini, tulislah tiga kata-kata berimbuhan yang menyatakan
hasil!
Antiglobalisasi
Perlawanana di
seluruh duni asdah mulai berlangsung. Ketiga instiutusi keuangan dunia yang
dianggap sebagai kaum neoliberal terus-menerus ditekan. Ketiganya, yaitu WTO, IMF dan Bank Dunia selalu
mendapatkan reaksi keras dan demonstrasi besar-besaran di setiap perte,uan yang
diadakan.
Perlawanan dalam
skala besar pertama berlangsaung pata pertemuan WTO di Seattle, As. Berbagai
gerakan sosial dari penjuru dunia berbondong-bongdong datang memadati kota
Settle. Mereka melakukan demo besar-besaran untuk menghentikan pertemuan
tersebut. Mereka berasal dari berbagai kalangan, seperti kelompok lingkungan,
kelompok perempuan, kelompok buruh, kelompok petani, dan berbagai kelompok
sosialis. Maraknya aksi yang mereka lakukan membuat pertemuan tersebut gagal
menyelesaikan agenda yang seharusnya dibahas.
Kunci Jawaban
a.
Pilihan Ganda
1.
A
2.
C
3.
C
4.
D
5.
B
b.
Esai
1.
Kata
yang menyatakan proses dalam wacana di atas adalah: menghentikan, menyelesaikan, membuat.
2.
Kata
yang menyatakan hasil dalam wacana di atas adalah: perlawanan, pertemuan, tekanan.
Pedoman Penskoran
a. Pedoman
Penskoran Pilihan Ganda
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1.
|
a.
Siswa dapat menjawab 5 soal pilihan ganda
b.
Siswa dapat menjawab 4 soal pilihan ganda
c.
Siswa dapat menjawab 3 soal pilihan ganda
d.
Siswa dapat menjawab 2 soal pilihan ganda
e.
Siswa dapat menjawab 1 soal pilihan ganda
f.
Siswa Tidak dapat menjawab seluruh soal pilihan ganda
|
50
40
30
20
10
0
|
Jumlah
|
50
|
b. Pedoman
Penskoran Esai
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1.
|
a.
Siswa dapat menyebutkan 3 kata yang menyatakan proses dalam wacana
b.
Siswa dapat menyebutkan 2 kata yang menyatakan proses dalam wacana
c.
Siswa dapat menyebutkan 1 kata yang menyatakan proses dalam wacana
d.
Siswa tidak dapat menyebutkan kata yang menyatakan proses dalam wacana
|
25
15
5
0
|
2.
|
a.
Siswa dapat menyebutkan 3 kata berimbuhan yang menyatakan hasil
b.
Siswa dapat menyebutkan 2 kata berimbuhan yang menyatakan hasil
c.
Siswa dapat menyebutkan 1 kata berimbuhan yang menyatakan hasil
d.
Siswa tidak dapat menyebutkan kata berimbuhan yang menyatakan hasil
|
25
15
5
0
|
Jumlah
|
50
|
Rentang Skor : 1-100
Skor Maksimal : 100
Soal Pilihan Ganda : 50
Soal Esai : 50
Skor Perolehan
Nilai Akhir = x 100
Skor Maksima
Praktikan,
Edi Susilo, S.Pd.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar