Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
A. Identitas
Sekolah
Sekolah :
SMK-YPSEI PALANGKARAYA
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
X/I
Pertemuan Ke :
9 (Sembilan)
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit
B. Standar
Kompetensi
Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat
semenjana
C. Kompetensi
Dasar
1.4 Memahami
informasi tertulis dalam berbagai bentuk teks
D. Indikator
No.
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
|
1.
|
Mendefinisikan kalimat induktif
dan deduktif
|
Dapat dipercaya (Trustworthinos),
rasa hormat dan perhatian (Respect),
tekun (Diligence), tanggung jawab (Responsibility)
|
Kepemimpinan
|
2.
|
Menemukan kalimat induktif
dan deduktif dalam sebuah wacana
|
E. Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat:
1.
Mendefinisikan
kalimat induktif dan deduktif
2.
Menemukan
kalimat induktif dan deduktif dalam sebuah wacana
F. Materi
Pembelajaran
Paragraf adalah
susunan dari beberapa kalimat yang terjalin utuh, mengandung sebuah makna, dan
di dalamnya terdapat gagasan utama. Paragaraf deduktif dan Induktif adalah
salah satu contoh paragraf yang dilihat dari letak gagasan utamanya.
A. Pengertian
Deduktif dan Induktif
1.
Deduktif
Paragraf
deduktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal paragaraf dan
dilengkapi dengan kalimat penjelas sebagai pelengkapnya. Paragraf ini diawali
dengan pernyataan umum dan disusul dengan penjelasan umum. Istilah deduktif
berarti bersifat deduksi. Kata deduksi yang berasal dari bahasa Latin:
deducere, deduxi, deductum berarti ‘menuntun ke bawah; menurunkan’; deductio
berarti ‘penuntunan; pengantaran’.
Paragraf
deduktif adalah paragraf yang dimulai dari pernyataan yang bersifat umum,
kemudian diturunkan atau dikembangkan dengan menggunakan pernyataan-pernyataan
yang bersifat khusus. Pernyataan yang bersifat khusus itu bisa berupa
penjelasan, rincian, contoh-contoh, atau bukti-buktinya. Karena paragraf itu
dikembangkan dari pernyataan umum dengan mengemukakan pernyataan-pernyataan
khusus, dapatlah dikatakan bahwa penalaran paragraf deduktif itu berjalan dari
umum ke khusus.
Kalimat deduktif merupakan
pernyataan yang dimiliki dengan mengemukakan hal yang umum kemudian disusun
dengan uraian yang khusus. Gagasan utama terdapat pada awal kalimat.
Ciri-ciri kalimat deduktif adalah sebagai berikut.
1.
Kalimat
bisa berupa pendapat
2.
Pengadaan
3.
Definisi
4.
Letaknya diawal paragraf.
Contoh:
Ketika Perang Dunia II, banyak kapal laut logistik
Jepang ditenggelamkan oleh armada perang Amerika. Keadaan itu membuat “negeri
matahari terbit” ini melirik minyak jarak untuk menggerakkan mesin-mesin
perangnya. Tidak hanya truk dan tank, bahkan pesawat terbang pun menggunakan
bahan bakar minyak jarak.
2.
Induktif
Paragraf induktif adalah adalah paragraf yang
dimulai dengan menyebutkan peristiwa-peristiwa yang khusus, untuk menuju kepada
kesimpulan umum, yang mencakup semua peristiwa khusus di atas.
Istilah induktif berarti bersifat induksi. Kata
induksi yang berasal dari bahasa Latin: ducere, duxi, ductum berarti ‘membawa
ke; mengantarkan’; inducere, induxi, inductum berarti ‘membawa ke; memasukkan
ke dalam’. Lebih lanjut istilah induksi dijelaskan sebagai metode pemikiran
yang bertolak dari hal khusus untuk menentukan hukum atau simpulan. Karena
pernyataan khusus dapat berupa contoh-contoh, dan pernyataan umum itu berupa
hukum atau simpulan, maka dapat dikatakan bahwa paragraf induktif itu
dikembangkan dari contoh ke hukum atau simpulan.
Kalimat induktif merupakan kalimat yang dimulai
mengemukakan hal-hal yang khusus kemudian diakhiri dengan kesimpulan yang umum.
Gagasan utama terletak pada akhir kalimat.
Ciri-ciri kalimat induktif adalah sebagai berikut.
1.
Bisa
berupa pendapat pernyataan
2.
Definisi
3.
Kesimpulan letaknya diakhir paragraf.
Contoh:
Pada era persaingan dunia kerja
yang semakin kompetitif seperti saat ini. Seseorang yang menguasai Bahasa
Inggris otomatis akan memiliki peluang yang lebih besar di dunia kerja.
Sebaliknya, orang yang tidak memiliki kemampuan Bahasa Inggris peluangnya akan
semakin kecil untuk memasuki dunia kerja khususnya untuk dapat diterima sebagai
karyawan. Itulah kenapa penguasaan
Bahasa Inggris sangat diperlukan untuk menambah kompetensi di dunia kerja.
G. Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Kontekstual
Metode : Diskusi
Model : Student
Teams-Achievement Divisions (STAD)
H. Langkah-langkah
Pembelajaran
No.
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Nilai Budaya dan Karakter
Bangsa
|
1.
|
Kegiatan Awal
a.
Guru mengucapkan salam
b.
Guru mengecek daftar hadir
c.
Guru menyampaikan SK, KD, dan tujuan Pembelajaran.
d.
Guru menyampaikan Apersepsi (untuk memotivasi)
|
15 menit
|
Bersahabat/ komunikatif
|
2.
|
Kegiatan Inti
I. Ekplorasi
a.
Guru membagi siswa dalam kelompok yang anggotanya 4 orang secara
heterogen.
b.
Guru menyajikan pelajaran
II. Elaborasi
a.
Guru memberikan tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota
kelompok.
b.
Anggota yang sudah selesai dapat menjelaskan pada anggota lain sampai
semua anggota dalam kelompok mengerti.
c.
Guru menberikan kuis kepada seluruh siswa. Saat menjawab kuis, siswa
tidak boleh saling membantu.
III. Konfirmasi
a.
Guru dan siswa melakukan tanya jawab
b.
Guru menjelaskan hal-hal yang belum dimengerti
|
60 menit
|
Komunikatif
Tanggung jawab
percaya diri
Bersahabat
jujur
|
3.
|
Kegiatan Akhir
a.
Guru memberikan evaluasi
b.
Guru bersama siswa menyimpulkan meteri pembelajaran
c.
Guru mengakhiri kegiatan dengan menutup salam
|
15 menit
|
Mandiri
Tanggung Jawab
Religius
|
I. Sumber
Alat dan Bahan Belajar
Sumber Belajar : Buku
Sekolah Elektronik Bahasa Indonesia
untuk SMK Kelas X
Alat dan Bahan : Laptop, LCD
J. Penilaian
Jenis Tagihan :
Tugas individu
Bentuk Instrumen :
Pilihan Ganda dan Uraian bebas
KKM :
70
K. Evaluasi
Jawablah pertanyaan di bawah ini!
a. Soal
Pilihan Ganda
1.
Penggunaan bahasa Indonesia
di seluruh Indonesia dewasa ini belum dapat dikatakan seragam.perbedaan dalam struktur
kalimat, lagu kalimat, dan ucapan terlihat dengan mudah. Pemakiaan bahasa
Indonesia sebagai bahasa pergaulan sering dikalahkan oleh bahasa daerah.Di
lingkungan persuratkabaran, radio, dan televisi sudah terjaga dengan baik. Para
pemuka kitapun pada umumnya belum memperlihatkan penggunaan bahasa Indonesia
dengan baik dan benar. Fakta-fakta di atas menunjukan bahwa pengajaran bahasa
Indonesia perlu ditingkatkan.
Termasuk apakah paragraf
diatas.....
a.
Paragraf
Induktif c.
Paragraf Induktif dan Deduktif
b.
Paragraf
Deduktif d.
Paragraf Campuran
2.
Paragraf
yang gagasan utamanya berada di akhir adalah.....
a.
Paragraf
Campuran c.
Paragraf Induktif
b.
Paragraf
Deduktif d.
Paragraf Deduktif dan Induktif
3.
Paragraf
yang gagasan utamanya berada di awal adalah.....
a.
Paragraf
Induktif c.
Paragraf Campuran
b.
Paragraf
Deduktif dan Induktif d.
Paragraf Deduktif
4.
Ada
berapakah ciri-ciri kalimat induktif.....
a.
2 c.
4
b.
3 d.
5
5.
Ada
berapakah ciri-ciri kalimat deduktif....
a.
3 c.
4
b.
5 d.
6
b.Soal
Esai
1.
Jelaskan
pengertian paragraf deduktif dan induktif!
2.
Temukanlah
kalimat induktif dan deduktif dibawah ini!
Pekerja adalah aset
perusahaan yang perlu mendapat perlindungan mengenai keselamatan dan kesehatan
kerjanya. Pada masa lalu program keselamatan kerja bersifat mengatasi kecelakaan
yang sudah terjadi tetapi sekarang lebih bersifat preventif yakni memperkirakan
apa yang akan terjadi. Bila akibat kerja dapat dihindarkan perlu dilakukan
upaya kuratif dan rehabilitatif. Pekerja yang mengalami cacat kerja akan
dievaluasi serta ditetapkan tingkat kecocokannya sebelum menerima Jamsostek.
Di era zaman globalisasi ini,
banyak orang yang memiliki Handphone. Itu disebabkan, karena sekarang mereka
bisa memiliki Handphone dengan harga murah dan banyak model nya.Bahkan anak
sekolah dasar pun tidak mau kalah. Mereka membawa handphone ke sekolah. Begitu
juga dengan ibu-ibu.Ibu-ibu zaman sekarang sudah menjadikan handphone sebagai
barang wajib yang harus dimiliki.Hal
ini menunjukkan bahwa sekarang Handphone dianggap sebagai barang yang sangatlah
penting dalam kehidupan sehari-hari.
Kunci Jawaban
a. Kunci
Jawaban Pilihan Ganda
1.
B
2.
C
3.
D
4.
B
5.
C
b. Kunci
Jawaban Esai
1.
Paragraf
deduktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal paragaraf dan dilengkapi
dengan kalimat penjelas sebagai pelengkapnya.
Paragraf induktif adalah adalah paragraf yang
dimulai dengan menyebutkan peristiwa-peristiwa yang khusus, untuk menuju kepada
kesimpulan umum, yang mencakup semua peristiwa khusus di atas.
2. Kalimat Deduktif pada paragraf di atas adalah Pekerja
adalah aset perusahaan yang perlu mendapat perlindungan mengenai keselamatan
dan kesehatan kerjanya.
Kalimat Induktif pada paragraf di
atas adalah Hal ini menunjukkan bahwa
sekarang Handphone dianggap sebagai barang yang sangatlah penting dalam
kehidupan sehari-hari
Pedoman Penskoran
a. Pedoman
Penskoran Pilihan Ganda
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1.
|
a.
Siswa dapat menjawab 5 soal pilihan ganda
b.
Siswa dapat menjawab 4 soal pilihan ganda
c.
Siswa dapat menjawab 3 soal pilihan ganda
d.
Siswa dapat menjawab 2 soal pilihan ganda
e.
Siswa dapat menjawab 1 soal pilihan ganda
f.
Siswa Tidak dapat menjawab seluruh soal pilihan ganda
|
50
40
30
20
10
0
|
Jumlah
|
50
|
b. Pedoman
Penskoran Esai
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1.
|
a.
Siswa dapat mendefinisikan paragraf induktif dan deduktif
b.
Siswa hanya mendefinisikan paragraf deduktif
c.
Siswa hanya mendefinisikan paragraf deduktif
d.
Siswa tidak dapat mendefinisikan paragraf induktif dan deduktif
|
25
13
13
0
|
2.
|
a.
Siswa dapat menemukan kalimat induktif dan deduktif
b.
Siswa hanya menemukan kalimat induktif
c.
Siswa hanya menemukan kalimat induktif
d.
Siswa dapat menemukan kalimat induktif dan deduktif
|
25
13
13
0
|
Jumlah
|
50
|
Rentang Skor : 1-100
Skor Maksimal : 100
Soal Pilihan Ganda : 50
Soal Esai : 50
Skor Perolehan
Nilai Akhir = x 100
Skor Maksimal
Palangkaraya, November 2013
Praktikan,
Edi Susilo
AAB 110021
Dosen Pembimbing, Guru Pamong
Alifiah Nurachmana, S.S., M.Pd.
Yusia Da. Cunha, S.Pd.
NIP 19660731 199903 2 001
Mengetahui:
Kepala Sekolah,
Dra. Rantian
NIP 19660323 199501 2 001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar