Kamis, 22 Januari 2015

RPP SMK, Kompetensi Dasar 1.4 Memahami informasi tertulis dalam berbagai bentuk teks



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

A.  Identitas Sekolah
Sekolah                            : SMK-YPSEI PALANGKARAYA
Mata Pelajaran                 : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                 : X/I
Pertemuan Ke                  : 9 (Sembilan)
Alokasi Waktu                 : 2 x 45 menit

B.  Standar Kompetensi
Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat semenjana

C.  Kompetensi Dasar
1.4 Memahami informasi tertulis dalam berbagai bentuk teks

D.  Indikator
No.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
1.       
Mendefinisikan kalimat induktif dan deduktif

Dapat dipercaya (Trustworthinos), rasa hormat dan perhatian (Respect), tekun (Diligence), tanggung jawab (Responsibility)
Kepemimpinan
2.       
Menemukan kalimat induktif dan deduktif dalam sebuah wacana

E.  Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
1.      Mendefinisikan kalimat induktif dan deduktif
2.      Menemukan kalimat induktif dan deduktif dalam sebuah wacana



F.   Materi Pembelajaran
Paragraf adalah susunan dari beberapa kalimat yang terjalin utuh, mengandung sebuah makna, dan di dalamnya terdapat gagasan utama. Paragaraf deduktif dan Induktif adalah salah satu contoh paragraf yang dilihat dari letak gagasan utamanya.

A.      Pengertian Deduktif dan Induktif
1.        Deduktif
Paragraf deduktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal paragaraf dan dilengkapi dengan kalimat penjelas sebagai pelengkapnya. Paragraf ini diawali dengan pernyataan umum dan disusul dengan penjelasan umum. Istilah deduktif berarti bersifat deduksi. Kata deduksi yang berasal dari bahasa Latin: deducere, deduxi, deductum berarti ‘menuntun ke bawah; menurunkan’; deductio berarti ‘penuntunan; pengantaran’.
Paragraf deduktif adalah paragraf yang dimulai dari pernyataan yang bersifat umum, kemudian diturunkan atau dikembangkan dengan menggunakan pernyataan-pernyataan yang bersifat khusus. Pernyataan yang bersifat khusus itu bisa berupa penjelasan, rincian, contoh-contoh, atau bukti-buktinya. Karena paragraf itu dikembangkan dari pernyataan umum dengan mengemukakan pernyataan-pernyataan khusus, dapatlah dikatakan bahwa penalaran paragraf deduktif itu berjalan dari umum ke khusus.
Kalimat deduktif merupakan pernyataan yang dimiliki dengan mengemukakan hal yang umum kemudian disusun dengan uraian yang khusus. Gagasan utama terdapat pada awal kalimat.
Ciri-ciri kalimat deduktif adalah sebagai berikut.
1.      Kalimat bisa berupa pendapat
2.      Pengadaan
3.      Definisi
4.       Letaknya diawal paragraf.
Contoh:
Ketika Perang Dunia II, banyak kapal laut logistik Jepang ditenggelamkan oleh armada perang Amerika. Keadaan itu membuat “negeri matahari terbit” ini melirik minyak jarak untuk menggerakkan mesin-mesin perangnya. Tidak hanya truk dan tank, bahkan pesawat terbang pun menggunakan bahan bakar minyak jarak.
2.        Induktif
Paragraf induktif adalah adalah paragraf yang dimulai dengan menyebutkan peristiwa-peristiwa yang khusus, untuk menuju kepada kesimpulan umum, yang mencakup semua peristiwa khusus di atas.
Istilah induktif berarti bersifat induksi. Kata induksi yang berasal dari bahasa Latin: ducere, duxi, ductum berarti ‘membawa ke; mengantarkan’; inducere, induxi, inductum berarti ‘membawa ke; memasukkan ke dalam’. Lebih lanjut istilah induksi dijelaskan sebagai metode pemikiran yang bertolak dari hal khusus untuk menentukan hukum atau simpulan. Karena pernyataan khusus dapat berupa contoh-contoh, dan pernyataan umum itu berupa hukum atau simpulan, maka dapat dikatakan bahwa paragraf induktif itu dikembangkan dari contoh ke hukum atau simpulan.
Kalimat induktif merupakan kalimat yang dimulai mengemukakan hal-hal yang khusus kemudian diakhiri dengan kesimpulan yang umum. Gagasan utama terletak pada akhir kalimat.
Ciri-ciri kalimat induktif adalah sebagai berikut.
1.      Bisa berupa pendapat pernyataan
2.      Definisi
3.       Kesimpulan letaknya diakhir paragraf.
Contoh:
Pada era persaingan dunia kerja yang semakin kompetitif seperti saat ini. Seseorang yang menguasai Bahasa Inggris otomatis akan memiliki peluang yang lebih besar di dunia kerja. Sebaliknya, orang yang tidak memiliki kemampuan Bahasa Inggris peluangnya akan semakin kecil untuk memasuki dunia kerja khususnya untuk dapat diterima sebagai karyawan. Itulah kenapa penguasaan Bahasa Inggris sangat diperlukan untuk menambah kompetensi di dunia kerja.

G.      Metode Pembelajaran   
Pendekatan     : Kontekstual
Metode            : Diskusi
Model               : Student Teams-Achievement Divisions (STAD)


H.  Langkah-langkah Pembelajaran
No.
Langkah-langkah Pembelajaran
Alokasi Waktu
Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
1.     
Kegiatan Awal
a.     Guru mengucapkan salam
b.     Guru mengecek daftar hadir
c.     Guru menyampaikan SK, KD, dan tujuan Pembelajaran.
d.    Guru menyampaikan Apersepsi (untuk memotivasi)
15 menit
Bersahabat/ komunikatif
2.     
Kegiatan Inti
I.  Ekplorasi
a.       Guru membagi siswa dalam kelompok yang anggotanya 4 orang secara heterogen.
b.      Guru menyajikan pelajaran
II. Elaborasi
a.       Guru memberikan tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota kelompok.
b.      Anggota yang sudah selesai dapat menjelaskan pada anggota lain sampai semua anggota dalam kelompok mengerti.
c.       Guru menberikan kuis kepada seluruh siswa. Saat menjawab kuis, siswa tidak boleh saling membantu.
III. Konfirmasi
a.    Guru dan siswa melakukan tanya jawab
b.   Guru menjelaskan hal-hal yang belum dimengerti


60 menit



Komunikatif

Tanggung  jawab


percaya diri

Bersahabat

jujur

3.     
Kegiatan Akhir
a.     Guru memberikan evaluasi
b.     Guru bersama siswa menyimpulkan meteri pembelajaran
c.     Guru mengakhiri kegiatan dengan menutup salam
15 menit
Mandiri

Tanggung Jawab

Religius


I.     Sumber Alat dan Bahan Belajar
Sumber Belajar    : Buku Sekolah Elektronik Bahasa Indonesia untuk SMK Kelas X
Alat dan Bahan    : Laptop, LCD

J.    Penilaian
Jenis Tagihan                    : Tugas individu
Bentuk Instrumen                        : Pilihan Ganda dan Uraian bebas
KKM                                : 70

K.      Evaluasi
      Jawablah pertanyaan di bawah ini!
a.      Soal Pilihan Ganda
1.      Penggunaan bahasa Indonesia di seluruh Indonesia dewasa ini belum dapat dikatakan seragam.perbedaan dalam struktur kalimat, lagu kalimat, dan ucapan terlihat dengan mudah. Pemakiaan bahasa Indonesia sebagai bahasa pergaulan sering dikalahkan oleh bahasa daerah.Di lingkungan persuratkabaran, radio, dan televisi sudah terjaga dengan baik. Para pemuka kitapun pada umumnya belum memperlihatkan penggunaan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Fakta-fakta di atas menunjukan bahwa pengajaran bahasa Indonesia perlu ditingkatkan.
Termasuk apakah paragraf diatas.....
a.    Paragraf Induktif                                        c. Paragraf Induktif dan Deduktif
b.    Paragraf Deduktif                                      d. Paragraf Campuran
2.    Paragraf yang gagasan utamanya berada di akhir adalah.....
a.         Paragraf Campuran                                     c. Paragraf Induktif
b.        Paragraf Deduktif                                      d. Paragraf Deduktif dan Induktif

3.    Paragraf yang gagasan utamanya berada di awal adalah.....
a.       Paragraf Induktif                                        c. Paragraf Campuran
b.      Paragraf Deduktif dan Induktif                 d. Paragraf Deduktif

4.    Ada berapakah ciri-ciri kalimat induktif.....
a.         2                                                      c. 4
b.        3                                                      d. 5

5.    Ada berapakah ciri-ciri kalimat deduktif....
a.         3                                                      c. 4
b.        5                                                      d. 6

b.Soal Esai
    1.          Jelaskan pengertian paragraf deduktif dan induktif!
    2.          Temukanlah kalimat induktif dan deduktif dibawah ini!

Pekerja adalah aset perusahaan yang perlu mendapat perlindungan mengenai keselamatan dan kesehatan kerjanya. Pada masa lalu program keselamatan kerja bersifat mengatasi kecelakaan yang sudah terjadi tetapi sekarang lebih bersifat preventif yakni memperkirakan apa yang akan terjadi. Bila akibat kerja dapat dihindarkan perlu dilakukan upaya kuratif dan rehabilitatif. Pekerja yang mengalami cacat kerja akan dievaluasi serta ditetapkan tingkat kecocokannya sebelum menerima Jamsostek.
Di era zaman globalisasi ini, banyak orang yang memiliki Handphone. Itu disebabkan, karena sekarang mereka bisa memiliki Handphone dengan harga murah dan banyak model nya.Bahkan anak sekolah dasar pun tidak mau kalah. Mereka membawa handphone ke sekolah. Begitu juga dengan ibu-ibu.Ibu-ibu zaman sekarang sudah menjadikan handphone sebagai barang wajib yang harus dimiliki.Hal ini menunjukkan bahwa sekarang Handphone dianggap sebagai barang yang sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari.




Kunci Jawaban
a.      Kunci Jawaban Pilihan Ganda
1.      B
2.      C
3.      D
4.      B
5.      C

b.      Kunci Jawaban Esai
1.    Paragraf deduktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal paragaraf dan dilengkapi dengan kalimat penjelas sebagai pelengkapnya.
Paragraf induktif adalah adalah paragraf yang dimulai dengan menyebutkan peristiwa-peristiwa yang khusus, untuk menuju kepada kesimpulan umum, yang mencakup semua peristiwa khusus di atas.
2.    Kalimat Deduktif pada paragraf di atas adalah Pekerja adalah aset perusahaan yang perlu mendapat perlindungan mengenai keselamatan dan kesehatan kerjanya.
Kalimat Induktif pada paragraf di atas adalah Hal ini menunjukkan bahwa sekarang Handphone dianggap sebagai barang yang sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari


Pedoman Penskoran
a.      Pedoman Penskoran Pilihan Ganda
No.
Aspek yang dinilai

Skor

1.

a.     Siswa dapat menjawab 5 soal pilihan ganda
b.     Siswa dapat menjawab 4 soal pilihan ganda
c.     Siswa dapat menjawab 3 soal pilihan ganda
d.    Siswa dapat menjawab 2 soal pilihan ganda
e.     Siswa dapat menjawab 1 soal pilihan ganda
f.      Siswa Tidak dapat menjawab seluruh soal pilihan ganda
50
40
30
20
10
0
Jumlah
50
b.      Pedoman Penskoran Esai
No.
Aspek yang dinilai

Skor

1.      
a.     Siswa dapat mendefinisikan paragraf induktif dan deduktif
b.     Siswa hanya mendefinisikan paragraf deduktif
c.     Siswa hanya mendefinisikan paragraf deduktif
d.    Siswa tidak dapat mendefinisikan paragraf induktif dan deduktif
25

13
13
0
2.      
a.     Siswa dapat menemukan kalimat induktif dan deduktif
b.     Siswa hanya menemukan kalimat induktif
c.     Siswa hanya menemukan kalimat induktif
d.    Siswa dapat menemukan kalimat induktif dan deduktif
25
13
13
0
Jumlah
50


Rentang Skor            : 1-100
Skor Maksimal            : 100
Soal Pilihan Ganda     : 50
Soal Esai                     : 50












                        Skor Perolehan
Nilai Akhir =                                     x 100
                        Skor Maksimal

                                                                                        Palangkaraya,    November 2013
                                                                                        Praktikan,



                                                                                                    Edi Susilo
                                                                                                  AAB 110021

Dosen Pembimbing,                                                          Guru Pamong



Alifiah Nurachmana, S.S., M.Pd.                                       Yusia Da. Cunha, S.Pd.
NIP 19660731 199903 2 001                                              
Mengetahui:
Kepala Sekolah,



Dra. Rantian
NIP 19660323 199501 2 001





Tidak ada komentar:

Posting Komentar