Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
A. Identitas
Sekolah
Sekolah :
SMK-YPSEI PALANGKARAYA
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
X/I
Pertemuan Ke :
8 (Delapan)
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit
B. Standar
Kompetensi
Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat
semenjana
C. Kompetensi
Dasar
1.4 Memahami
informasi tertulis dalam berbagai bentuk teks
D. Indikator
No.
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
|
1.
|
Membedakan informasi verbal dan nonverbal.
|
Dapat dipercaya (Trustworthinos),
rasa hormat dan perhatian (Respect),
tekun (Diligence), tanggung jawab (Responsibility)
|
Kepemimpinan
|
2.
|
Mengubah informasi nonverbal ke dalam informasi verbal.
|
E. Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat:
1.
Membedakan
informasi verbal dan nonverbal.
2.
Mengubah
informasi nonverbal ke dalam informasi verbal.
F. Materi
Pembelajaran
1.
Informasi Verbal dan Non Verbal
Informasi
ialah penerangan, keterangan, atau pemberitahuan tentang suatu hal. Secara
garis besar, informasi dibedakan menjadi dua macam, yaitu: informasi verbal dan
informasi non verbal. Informasi verbal merupakan informasi yang disampaikan
dengan kata-kata, sedangkan informasi nonverbal disajikan dengan bentuk visual,
seperti gambar, bagan, grafik, diagram, matriks, dan tabel.
Pengalihan
Informasi nonverbal ke dalam verbal, yaitu suatu kegiatan mengubah
lambang-lambang visual ke dalam bahasa verbal. Contoh: lambang visual yang
berupa grafik diubah menjadi bahasa verbal. Langkah-langkah yang dapat dilakukan
untuk mengalihkan informasi nonverbal ke verbal menurut Kasmadi, dkk (2004:
48), yaitu:
1.
Memperhatikan
secara keseluruhan (gobal);
2.
Membaca
judul dan subjudul;
3.
Mencermati
lambang-lambang nonverbal yang ada;
4.
Mencermati
kata-kata, frasa, atau angka-angka dalam informasi nonverbal;
5.
Menafsirkan
hubungan makna antarbagian serta hubungan makna secara menyeluruh;
6.
Merumuskan
hubungan makna antarbagian dalam bentuk verbal; dan
7.
Merumuskan
kesimpulan.
Pengalihan
informasi verbal ke dalam nonverbal, kadangkala penyajian informasi verbal saja
dalam komunikasi dirasa kurang efektif. Untuk memudahkan penyampaian informasi
atau pesan, diperlukan penjelasan tambahan berupa informasi nonverbal
(misalnya: grafik, bagan, dan gambar). Adapun langkah-langkah pengalihan informasi
verbal ke non verbal menurut Kasmadi, dkk (2004: 53), yaitu:
1.
Mencermati
isi dan sifat informasi/konsep dengan seksama;
2.
Menentukan
efektif tidaknya informasi/konsep tersebut divisualisasi;
3.
Memilih
bentuk visual yang tepat, apakah grafik,
bagan, atau tabel;
4.
Memilih
lambang/bentuk/warna yang tepat untuk menvisualisasikan item-item datanya; dan
5.
Membuat visualisasi yang tepat untuk
informasi/konsep tersebut.
Setelah
memperoleh informasi (dari tabel maupun wacana), kita harus dapat mengolahnya
dan membuat sebuah kesimpulan. Guna dari kesimpulan adalah untuk memahami
secara mendalam maksud dan tujuan informasi yang sudah diterima. Ada dua jenis
kesimpulan, yaitu:
1.
Kesimpulan
induktif adalah kesimpulan yang dimulai dari penjabaran segala hal secara mendetail
dan diakhiri dengan kesimpulan/data/fakta yang umum (inti permasalahan).
2.
Kesimpulan
deduktif adalah kesimpulan yang dimulai dari fakta umum(inti permasalahan),
lalu dilanjutkan dengan kalimat-kalimat penjelas.
G. Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Kontekstual
Metode : Ceramah dan Diskusi
Model : Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ)
H. Langkah-langkah
Pembelajaran
No.
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Nilai Budaya dan Karakter
Bangsa
|
1.
|
Kegiatan Awal
a.
Guru mengucapkan salam
b.
Guru mengecek daftar hadir
c.
Guru menyampaikan SK, KD, dan tujuan Pembelajaran.
d.
Guru menyampaikan Apersepsi (untuk memotivasi)
|
15 menit
|
Bersahabat/ komunikatif
|
2.
|
Kegiatan Inti
I.
Eksplorasi
a.
Guru membentuk kelompok yang beranggotakan 4 orang secara heterogen
b.
Guru membagikan grafik sesuai dengan topik pembelajaran
c.
Guru menjelaskan materi yang menjadi acuan untuk
pembelajaran
II. Elaborasi
a.
Siswa saling bekerja sama saling membacakan dan menemukan fakta dan opini
dan memberikan tanggapan terhadap wacana yang ditulis di lembar kertas
b.
Setiap perwakilan kelompok mempresentasikan atau membacakan hasil
diskusinya.
c.
Guru menyimpulkan hasil presentasi dari setiap kelompok
III. Konfirmasi
a.
Guru dan siswa melakukan tanya jawab
b.
Guru menjelaskan hal-hal yang belum dimengerti
|
60 menit
|
Komunikatif
Tanggung jawab
percaya diri
Bersahabat
jujur
|
3.
|
Kegiatan Akhir
a.
Guru memberikan evaluasi
b.
Guru bersama siswa menyimpulkan meteri pembelajaran
c.
Guru mengakhiri kegiatan dengan menutup salam
|
15 menit
|
Mandiri
Tanggung Jawab
Religius
|
J. Sumber
Alat dan Bahan Belajar
Sumber Belajar : Buku
Sekolah Elektronik Bahasa Indonesia
untuk SMK Kelas X
Irman, Mokhamad
dkk. 2008. Bahasa Indonesia 1 untuk
SMK/MAK semua program kejuruan kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen
Pendidikan
Alat dan Bahan : Laptop, LCD
K. Penilaian
Jenis Tagihan :
Tugas individu
Bentuk Instrumen :
Pilihan Ganda dan Uraian bebas
KKM :
70
L. Evaluasi
a. Soal
Pilihan Ganda
1.
Informasi
yang disampaikan dengan menggunakan kata-kata disebut....
a.
Informasi
verbal c.
Informasi verbal dan nonverbal
b.
Invormasi
nonverbal d.
Informasi dalam grafik
2.
Yang
merupakan bentuk informasi non verbal, kecuali....
a.
Grafik c.
Bagan
b.
Menggunakan
kata-kata d. Tabel
3.
Ada
berapakah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengalihkan informasi
nonverbal ke verbal menurut Kasmadi, dkk (2004: 48)?
a.
5 c.
7
b.
6 d.
8
4.
Yang
merupakan langkah-langkah untuk mengalihkan informasi nonverbal ke informasi
verbal menurut Kasmadi, dkk (2004: 48), kecuali....
a.
Memperhatikan
secara keseluruhan (gobal);
b.
Membaca
judul dan subjudul;
c.
Mencermati
lambang-lambang nonverbal yang ada;
d.
Membuat
visualisasi yang tepat untuk informasi/konsep tersebut.
5.
Yang
merupakan langkah-langkah pengalihan informasi verbal ke non verbal menurut Kasmadi,
dkk (2004: 53), adalah.....
a.
Memilih
lambang/bentuk/warna yang tepat untuk menvisualisasikan item-item datanya
b.
Mencermati
kata-kata, frasa, atau angka-angka dalam informasi nonverbal;
c.
Menafsirkan
hubungan makna antarbagian serta hubungan makna secara menyeluruh;
d.
Merumuskan
hubungan makna antarbagian dalam bentuk verbal; dan
b.Soal
Esai
1.
Apa perbedaan informasi verbal dan
informasi nonverbal?
2.
Ubahlah informasi nonverbal di
bawah ini menjadi informasi verbal!
Alur Registrasi Web Hosting Universitas Brawijaya
Jawablah pertanyaan di bawah
ini!
Kunci Jawaban
a. Kunci
Jawaban Pilihan Ganda
1.
A
2.
B
3.
C
4.
D
5.
A
b. Kunci
Jawaban Esai
1.
Informasi
verbal merupakan informasi yang disampaikan dengan kata-kata, sedangkan
informasi nonverbal disajikan dengan bentuk visual, seperti gambar, bagan,
grafik, diagram, matriks, dan tabel.
2.
Alur Registrasi Web Hosting Universitas Brawijaya
Jika ingin melakukan registrasi webhosting Universitas
Brawijaya, perdaftar harus mengambil
formulir pendaftaran dari helpdesk UPPTI. Pendaftar juga bisa
mendapatkan formulir dengan mendownload
atau mengunduh dari situs hosting brawijaya.ac.id . Setelah pendaftar
mendapatkan formuir, pendaftar harus
mengisi dan melengkapi persyaratan yang diperlukan. Jika semua berkas telah
lengkap, pendaftar harus menyerahkan ke helpdesk UPPTI dan helpdesk akan memeriksa kelengkapan
persyaratan. Kemudian helpdesk akan menyerahkan formulir pendaftaran ke SA-WSS
yang akan diperiksa secara teknis oleh WSS. Bila formulir registrasi disetujui.
Dan registrasi webhosting selesai.
Pedoman Penskoran
a. Pedoman
Penskoran Pilihan Ganda
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1.
|
a.
Siswa dapat menjawab 5 soal pilihan ganda
b.
Siswa dapat menjawab 4 soal pilihan ganda
c.
Siswa dapat menjawab 3 soal pilihan ganda
d.
Siswa dapat menjawab 2 soal pilihan ganda
e.
Siswa dapat menjawab 1 soal pilihan ganda
f.
Siswa Tidak dapat menjawab seluruh soal pilihan ganda
|
50
40
30
20
10
0
|
Jumlah
|
50
|
b. Pedoman
Penskoran Esai
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1.
|
a.
Siswa dapat membedakan informasi verbal dan nonverbal dengan tepat
b.
Siswa dapat membedakan informasi verbal dan nonverbal kurang tepat
c.
Siswa tidak dapat membedakan informasi verbal dan nonverbal
|
25
12,5
0
|
2.
|
a.
Siswa dapat menuliskan 5 langkah alur web hosting
b.
Siswa dapat menuliskan 4 langkah alur web hosting
c.
Siswa dapat menuliskan 3 langkah alur web hosting
d.
Siswa dapat menuliskan 2 langkah alur web hosting
e.
Siswa dapat menuliskan 1 langkah alur web hosting
f.
Siswa tidak dapat menuliskan langkah-langkah alur web hosting
|
25
20
15
10
5
0
|
Jumlah
|
50
|
Rentang Skor : 1-100
Skor Maksimal : 100
Soal Pilihan Ganda : 50
Soal Esai : 50
Skor Perolehan
Nilai Akhir = x 100
Skor Maksimal
Palangkaraya, Oktober 2013
Praktikan,
Edi Susilo, S.Pd.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar